5 Jenis Makanan Untuk Diet

Seandainya semua makanan memiliki kalori yang sama, pasti Moms tidak akan bingung mau makan apa dan tidak akan khawatir mengalami kenaikan berat badan.

Terlebih beberapa makanan yang sangat lezat dan menjadi favorit banyak orang biasanya memiliki kandungan gizi yang buruk.

Oleh karena itu Moms perlu berhati-hati dalam memilih makanan untuk diet. Ingat, makanan yang berbeda akan melewati jalur metabolisme yang berbeda di dalam tubuh.

Apa saja makanan yang baik untuk jaga dan menurunkan berat badan? Berikut jenisnya:

1. Telur Utuh 

Dulu telur tidak terlalu disarankan karena dikhawatirkan bisa mengganggu kesehatan karena tinggi kolesterol. Namun, kini telur utuh kembali populer.

Meskipun asupan telur yang tinggi meningkatkan kadar kolesterol LDL “jahat” pada beberapa orang, telur tetap merupakan salah satu makanan terbaik untuk dimakan jika Moms perlu menurunkan berat badan. Telur sangat tinggi protein dan lemak, dan sangat mengenyangkan. 

2. Sayuran Berdaun Hijau

Sayuran hijau termasuk kangkung, bayam, katuk, pakcoy dan beberapa jenis lainnya juga merupakan makanan untuk diet sehat.

Khasiat sayuran hijau untuk menurunkan berat badan karena ia rendah kalori dan karbohidrat serta mengandung banyak serat.

Sayur hijau juga bisa menjadi salah satu pilihan makanan untuk diet ketat, karena sayuran hijau adalah cara yang bagus untuk meningkatkan volume makanan, tanpa menambah kalori.

3. Sayuran Cruciferous 

Sayuran seperti brokoli, kembang kol, kubis dan kubis Brussel adalah jenis sayuran yang kaya serat dan cenderung sangat mengenyangkan. 

4. Buah 

Sebagian besar ahli kesehatan setuju bahwa buah itu sehat dan baik untuk diet.

Sejumlah studi populasi menunjukkan bahwa orang yang makan paling banyak buah (dan sayuran) cenderung lebih sehat daripada orang yang tidak.

Buah-buahan juga memiliki khasiat yang membuatnya ramah untuk menurunkan berat badan.

5. Kentang Rebus 

Kentang rebus atau yang sudah diolah seperti mashed potato ternyata juga memiliki beberapa khasiat yang menjadikannya makanan yang sempurna, baik untuk menurunkan berat badan dan kesehatan yang optimal.

Kentang sangat tinggi kalium, nutrisi yang kebanyakan orang tidak cukup dapatkan padahal memainkan peran penting dalam pengendalian tekanan darah.

Namun, efek ini tidak muncul pada mereka yang terbiasa makan makanan pedas.

Itulah beberapa jenis makanan untuk diet sehat yang bisa bantu Moms menurunkan berat badan, mempertahankan berat badan ideal, serta menyehatkan tubuh secara keseluruhan.

Comments

Leave a Reply