5 cara menghafal Al-Qur’an

5 Cara menghafal Al-Quran untuk pemula

  1. Meluruskan Niat
    Sebelum memulai menghafal Al Qur’an, niat menjadi hal yang paling utama. Niat yang benar itu merupakan salah satu syarat cara menghafal Alquran. Niatkan menghafal Al Qur’an untuk beribadah dan ingin mendapatkan pahala terbaik di sisi Allah.

Jangan sampai niat untuk menghafal salah dan menghindari terjerumus pada riya’. Dengan niat yang lurus dan hati yang ikhlas karena Allah maka rasa lelah, malas, dan perasaan sulit tidak akan jadi penghalang dalam menghafal Al Qur’an.

  1. Melaksanakan Sholat Hajat
    Setelah niat, cara menghafal Al Qur’an dengan mudah adalah melaksanakan sholat hajat. Mohon kepada Allah agar dimudahkan saat proses menghafal Al Qur’an. Karena pemilik Al Qur’an adalah Allah, maka kita memohon kepada pemiliknya agar diberi kemudahan.
  2. Meneguhkan keyakinan
    Tanamkanlah pada diri Anda bahwa menghafal Al Qur’an itu sangat mudah, maka akan terasa mudah. Namun jika kita menanamkan pikiran bahwa menghafal Al Qur’an itu sulit, maka ia akan terasa sulit. Jadi, selalu motivasi diri agar tumbuh keyakinan bahwa cara menghafal Al Qur’an yang kita lakukan itu mudah.
  3. Minta doa kepada orang tua dan guru
    mohon doa dan mohon restu orang tua dan guru menjadi hal penting lainnya sebelum menghafal Al Qur’an. Ridho dari orang tua dan guru yang kita percaya akan memberikan kemudahan dalam proses menghafal. Dukungan orang tua dan guru juga akan menambah rasa optimis dan semangat dalam menghafalkan Al Qur’an.
  4. Memperbaiki Bacaan

Sebelum memulai menghafal Al Qur’an, sangat penting untuk mengecek kembali kualitas bacaan yang kita miliki. Berikan waktu untuk memperbaiki bacaan Al Qur’an agar hafalan menjadi lebih sempurna dan pahala yang didapatkan semakin berlipat.

Hal ini juga perlu dilakukan agar kita terhindar dari salah dalam membaca dan membuat kekeliruan. Menghafal Alquran memang mempunyai keutamaan yang banyak, tetapi harus dilakukan dengan cara yang baik dan benar.


Terbit

dalam

Comments

Leave a Reply