3 Jawaban Doa yang Belum Banyak Kita Ketahui : #BelajarHidup

Apa aja sih Jawaban atas Doa Kita?

Kalau kita itu udah berdoa
Belum tentu langsung jadi
Jangan tingkah kayak Anoa
Apalagi tingkah kayak kendi

Halo Mas Bro dan Mbak Bro.

Kalau berdoa, apa aja sih yang sering kita minta?

Harta, tahta, pria atau wanita?

Yah, apapun yang Mas Bro dan Mbak Bro minta. Pasti pengen doanya segera dikabulkan. Tapi bukan itu yang mau kita bahas disini. Kita mau membahas bahwa ada 3 Jawaban Doa yang Belum Banyak Kita Ketahui.

Apa aja itu?

Eits, santai dulu Mas Bro dan Mbak Bro. Jangan buru-buru.

Sering kali kita melogikakan doa. Misalnya dengan berbuat baik sama orang maka doa kita akan dikabulkan. Segampang itukah?

Abis kasih pengamen uang, kita langsung berdoa supaya dikasih rejeki. Apakah langsung dikabulkan?

Abis mengunjungi temen yang sakit, kita langsung berdoa agar sehat selalu. Apakah langsung dikabulkan?

Abis belajar semalam suntuk, kita langsung berdoa agar UTS besok bisa dapat nilai bagus. Apakah langsung dikabulin?

Baca Juga : 10 Bukti Kenapa Kita Ga Perlu Kuatir Dalam Hidup

karya matthew henry

Apa aja sih Jawaban atas Doa Kita?

Lalu apa aja 3 Jawaban Doa yang Belum Banyak Kita Ketahui?

1. Ya

Doa ga bisa dilogikain. Doa ga bisa dibeli dengan perbuatan baik. Jadi berpikir agar doa dikabulin trus kita mau lakuin sesuatu yang baik. Belum tentu dikabulin. Doa itu ga kayak usaha, ada barang ada duit. Maka transaksi terkabul.

Bukan …

Terkadang memang sehabis kita melakukan sesuatu yang baik. Jawaban doa kita muncul dengan tiba-tiba. Kita abis menolong orang bocor ban dijalan misalnya. Nyampe rumah tau-tau Bapak beliin laptop baru buat kita karena yang lama udah rusak.

Pernah ga kita minta sama orangtua lauk makan malam ayam. Eh yang dibeli malah kalajengking?

Ga dong?

Bapak kita aja tau kasih yang terbaik buat kita.

Meski terkadang begitu tapi jawaban “ya” atas doa tetap ga bisa ditebak. Itulah kenapa kita selalu diajarkan untuk berbuat baik. Memberi sama orang yang meminta sama kita. Meminjamkan kepada orang yang meminjam sama kita. Memberi maaf sama yang salah sama kita.

Semata-mata semua itu, kita memang berharap jadi tiket untuk mendapatkan jawaban “ya” atas doa kita. Tapi begitulah doa. Doa ga bisa dilogikakan.

Kalau doa bisa dilogikakan, cuma orang baik dan pintar yang akan terkabul doanya.

2. Ga

Doa yang ga terkabul apalagi doa yang ga sesuai sesuai permintaan kita. Belum tentu jawabannya ga.

Jawaban doa yang satu ini sering membuat kita pesimis. Apa kita kurang sedekah ya?

Ga ada hubungannya sama sekali. Belum tentu orang yang banyak sedekah akan selalu terkabul doanya.

Pernah kah kita minta sesuatu tapi malah dikasih hal lain yang “menurut” kita ga sesuai?

Bingung?

Sederhananya begini, masa SNMPTN sekarang misalnya. Banyak anak yang pengen masuk universitas besar di Jakarta, Bandung, Medan, dan Yogyakarta. Tapi nyatanya malah masuk Universitas Negeri di Semarang.

Ternyata setelah kuliah disana kita mendapatkan temen-temen baru yang baik sama kita. Kita juga malah menjadi mahasiswa berprestasi dan ikut lomba nasional mewakili fakultas dan universitas. Sedangkan kalau kita masuk di universitas lain. Belum tentu kita akan mendapatkan hal yang sama.

Betul?

Doa yang ga terkabul sesuai permintaan kita, belum tentu jawabannya ga. Bisa aja lebih baik.

Kalaupun doa kita ga terkabul. Nah kita yang harus koreksi diri. Apakah kita udah layak menerimanya?

Baca Juga : 7 Sikap Hati yang Benar Terhadap Kekayaan

karya nathan dumlao

3. Ya … tapi tunggu dulu

“Menunggu adalah jawaban doa yang paling sering terjadi.

Kita ga pernah tau kapan setiap doa kita akan terkabul. Misalnya pun kita meminta untuk menang dalam suatu lomba, lolos masuk universitas favorit, dapat beasiswa, dan punya pacar cantik atau ganteng.

Mungkin aja pada saat pengumuman lomba kita ga menang. Tapi malah dilomba tahun depan. Mungkin aja kita lolos jadi mahasiswa favorit tapi kita ga bisa berprestasi disana. Mungkin aja kita ga dapat beasiswa tahun ini tapi baru tahun depan. Dan mungkin aja kita diterima sama pacar yang paras cantik, ganteng, mantap dan bahenol. Tapi ternyata malah nyusahin kita. Kita ga pernah tau.

Tapi yang jelas setiap usaha kita dan doa kita untuk mendapatkan sesuatu akan selalu sama.

“Usaha dan doa ga akan khianatin hasil.

Satu hal yang selalu perlu untuk kita lakukan hanya melayakkan diri untuk menerima doa kita. Kalau kita memang berjuang dengan keras dan meminta dengan tulus. Maka pasti akan terkabul. Sayangnya yang tau itu bukan kita, orangtua kita, guru, dosen, atau bahkan pemuka agama. Tapi Dia …

Semoga berguna.

Senang bisa berbagi cerita dengan kalian.

Lupa akan kejadian masa lalu
Itulah yang namanya amnesia
Semua mimpi hanya akan berlalu
Doa tanpa usaha adalah sia-sia

Rumah Tembalang, Semarang
20160510 0642WIB
Tulisan Kita

Sumber Tulisan
Pengalaman Penulis

Sumber Gambar
unsplash.com dibuka pukul 14:2 WIB pada Hari Kamis tanggal 05 Juli 2018

Comments

Satu tanggapan untuk “3 Jawaban Doa yang Belum Banyak Kita Ketahui : #BelajarHidup”

Tinggalkan Balasan