3 Hal Penting Saat Akan Membeli Laptop

1. Tentukan Ukuran Layar Laptop

Laptop untuk pendidikan memiliki ukuran layar yang berbeda-beda, umumnya ada di angka 11 hingga 14 inci. Untuk portabilitas yang tinggi (mudah dibawa bepergian), laptop 11 inci lebih disarankan. Namun, untuk kenyamanan proses pembelajaran dan mengetik, maka lebih disarankan memilih laptop 14 inci atau lebih.

+ Keunggulan laptop 11 inci:

  • Memiliki dimensi yang lebih kecil dan bobot yang lebih ringan (1,2 kg atau kurang), sehingga mudah dibawa bepergian dan muat di banyak jenis tas sekolah.
  • Harga lebih terjangkau.
  • Daya tahan baterai biasanya lebih lama.

–  Kekurangan laptop 11 inci:

  • Ukuran layarnya tergolong kecil, kurang nyaman untuk menunjang produktivitas.
  • Tidak dapat diandalkan untuk membuka dua jendela sekaligus, karena tampilannya kurang nyaman untuk dibaca.
  • Tombol papan ketik yang terbatas dan sempit, sehingga kurang nyaman dipakai mengetik cepat.

+ Kelebihan laptop 14 inci atau lebih:

  • Ukuran layarnya cukup luas, sehingga pekerjaan seperti mengolah dokumen jadi terasa lebih leluasa. Begitu juga saat menonton video pembelajaran, terasa lebih lega dan dapat disaksikan oleh beberapa orang.
  • Nyaman digunakan untuk pembelajaran daring dan membaca buku elektronik (e-book).
  • Tombol papan ketik yang lebih renggang dan luas, sehingga nyaman digunakan untuk mengetik cepat.

– Kekurangan laptop 14 inci atau lebih:

  • Dimensi yang cukup besar dan bobot yang lebih berat (umumnya di kisaran 1,2 kg – 1,9 kg), sehingga bisa merepotkan ketika harus dibawa bepergian oleh anak-anak.
  • Daya tahan baterai mungkin lebih boros dari laptop 11 inci, namun beberapa produk menawarkan masa pakai baterai yang bagus.
  • Biasanya memerlukan kompartemen khusus dalam tas untuk menyimpannya.

2. Tentukan Kapasitas RAM

Umumnya laptop level entri saat ini dibekali dengan RAM 4 GB. Ini adalah kapasitas standar untuk sebuah laptop agar bisa menjalankan sistemnya dengan baik. Kita menyarankan laptop dengan kapasitas RAM minimal 4 GB. Untuk keperluan belajar, laptop seperti ini sudah cukup menunjang dan dapat diandalkan. Laptop dengan RAM yang lebih besar lebih baik lagi performanya.

3. Pilih yang Sepaket dengan OS dan OHS

Supaya kamu tidak perlu mengeluarkan uang lagi untuk membeli sistem operasi (OS) asli, sebaiknya kamu memilih laptop yang sudah dilengkapi (preloaded atau sudah dimuat) dengan OS Windows 10 asli serta Office Home & Student (OHS) asli.

OS adalah perangkat lunak yang diperlukan agar laptop dapat dijalankan. Sedangkan OHS adalah perangkat lunak kumpulan aplikasi Office (Word, Excel, dll) yang dibutuhkan untuk belajar atau bekerja, contohnya seperti mengolah dokumen.

Catatan:

  • Windows 10 ini tidak berbentuk CD, melainkan sudah terpasang (pre-installed) dari pabrik & lisensi digital akan teraktivasi otomatis saat terhubung dengan internet yang stabil.
  • Lisensi Microsoft Office Home & Student (OHS) juga sudah terpasang dari pabrik dan berupa digital (tidak ada product key). Proses aktivasi mungkin membutuhkan email. Silahkan untuk mengunjungi situs resmi masing-masing pabrikan untuk informasi lebih lanjut.
  • Jika OS membutuhkan pembaruan, prosesnya mungkin memakan waktu cukup lama dan laptop mungkin akan muat ulang (restart) beberapa kali. Ini normal, jangan khawatir. Pastikan jaringan internet di rumah dalam keadaan stabil saat aktivasi dan pembaruan sistem.
  • Jika ada pertanyaan lebih lanjut, silahkan tanya penjual ya.

Terbit

dalam

Tags:

Comments

Leave a Reply