27 Kegiatan Bermanfaat Setelah Bangun Tidur Pagi Hari - Sumber Gambar yogajournal.com

27 Kegiatan Bermanfaat Setelah Bangun Tidur Pagi Hari

27 Kegiatan Bermanfaat Setelah Bangun Tidur Pagi Hari - Sumber Gambar samaggi-phala.or.id
Sumber Gambar samaggi-phala.or.id

Apa Aja yang Perlu Dilakukan Saat Bangun Tidur Pagi Hari?
Kegiatan Menyehatkan  Setelah Bangun Tidur Pagi Hari

Salam Mas Bro dan Mbak Bro

Kalo bangun pagi suka malas-malasan dulu ga?

Bagi sebagian orang pasti memiliki kebiasaan yang dilakukan setelah bangun tidur. Tapi Sebenernya kegiatan bermanfaat apa aja sih yang perlu dilakuin setelah bangun tidur? Berikut kegiatan di pagi hari yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh.

27 Kegiatan Bermanfaat Setelah Bangun Tidur Pagi Hari - Sumber Gambar aoel.info.com
Sumber Gambar aoel.info.com

 

 

 

 

 

 

1.Jangan Langsung Mandi

Ternyata ga baik loh Mas Bro dan Mbak Bro kalo langsung mandi begitu bangun tidur. Lebih baik untuk melakukan pemanasan ato peregangan ringan sebelum mandi. Selain itu, setelah kalian membuka mata lebih baik jangan langsung bergerak. Ini bertujuan agar kalian ga pusing serta merasa ga fit.

Lebih baik untuk ngelakuin peregangan ringan kayak mengibaskan tangan. Ato melakukan peregangan pada leher. Kemudian dilanjut dengan peregangan ringan pada pinggul serta kaki. Gerakan sederhana ini bisa bikin badan kalian segar sepanjang hari loh. Bisa langsung dicoba nih kalo pas bangun tidur Mas Bro dan Mbak Bro.

27 Kegiatan Bermanfaat Setelah Bangun Tidur Pagi Hari - Sumber Gambar pramborsfm.com
Sumber Gambar pramborsfm.com

2.Bangun 2 Jam Lebih Awal Sebelum Berangkat Melakukan Aktivitas Di Luar Rumah

Ternyata perlu nih kita bangun lebih awal 2 jam sebelum melakukan aktivitas di luar rumah. Selain kalian ga perlu terburu-buru sebelum berangkat ke kantor ato ke kampus. Kalian akan merasakan tubuh lebih segar loh. Kok bisa sih? Karna semakin pagi kalian bangun akan semakin segar udara yang kalian hirup.

Kebiasaan bangun pagi bisa membuat mood kalian lebih baik. Dan membuat kalian lebih siap dalam menghadapi hari. Selain itu akan memunculkan semangat untuk menyelesaikan semua tugas pada hari itu.

27 Kegiatan Bermanfaat Setelah Bangun Tidur Pagi Hari - Sumber Gambar viva.co.id
Sumber Gambar viva.co.id

3.Mendengarkan Lagu Kesukaan Ato Lagu Ceria

Hampir mirip perumpamaan, dari telinga turun ke hati. Dengan mendengarkan lagu kesukaan kalian ato lagu ceria. Ini bisa meningkatkan mood kalian di pagi hari loh. Kalian juga akan merasa lebih bahagia di hari itu, sehingga kalian akan lebih bersemangat dalam melakukan aktivitas.

Selain itu, lagu ceria akan ngebangkitin aura positifmu loh. Jadi jangan lupa siapin playlist lagu untuk mengawali harimu. Selamat mencoba di rumah Mas Bro dan Mbak Bro.

27 Kegiatan Bermanfaat Setelah Bangun Tidur Pagi Hari - Sumber Gambar tstatic.net
Sumber Gambar tstatic.net

4.Menulis Jadwal Kegiatan Harimu

Bagi yang suka nulis, bisa nih ngelakuin ini setelah bangun tidur di pagi hari. Yaitu menulis jadwal kegiatan yang bakal kamu lakuin di hari itu. Bagi yang ga suka nulis, kalian bisa cukup mengingatnya aja. Hal ini akan membuat hidup kalian lebih teratur loh.

Serta membuatmu lebih siap dalam menghadapi padatnya aktivitasmu hari itu. Karna kalian jadi lebih tau target dan prioritas hari itu. Selain itu ini akan membuat terhindar dari kata lupa. Sebuah kata yang bisa mengacaukan hari baikmu. Ga pengen kan hari baikmu rusak gara-gara kata itu.

27 Kegiatan Bermanfaat Setelah Bangun Tidur Pagi Hari - Sumber Gambar ummi-online.com
Sumber Gambar ummi-online.com

5.Awali Harimu Dengan Senyuman

Walaupun terdengar seperti motto hidup, tapi tersenyum di pagi hari itu sangat di anjurkan. Apa hubungannya sih? Karna mengawali harimu dengan senyuman akan ngebangkitin aura positifmu. Serta membuat mood kalian menjadi lebih baik sepanjang hari.

Selain itu, tersenyum juga akan membuat mood orang-orang disekitar kalian jadi lebih baik. Ibarat sedayung dua pulau terlampaui, selain baik buat kalian tersenyum juga baik buat orang-orang di sekitar kalian. Jangan lupa awali hari dengan tersenyum ya Mas Bro dan Mbak Bro.

27 Kegiatan Bermanfaat Setelah Bangun Tidur Pagi Hari - Sumber Gambar isigood.com
Sumber Gambar isigood.com

6.Mandi Dengan Air Hangat

Mungkin Mas Bro dan Mbak Bro sudah terbiasa mandi dengan air dindin di pagi hari. Tapi tau ga sih, kalo ternyata mandi air hangat di pagi hari jauh lebih baik? Karena ternyata air hangat baik untuk merilekasasi otot-otot kalian. Sehingga akan membuat kalian fresh sepanjang hari. Selain itu mandi juga bagus banget buat membersihkan badan dari kotoran yeng menempel. Serta menghilangkan rasa kantuk kalian di pagi hari.

Sementara mandi air hangat adalah sebuah pengalaman yang dapat membuat kalian merasa tenang di pagi hari. Serta membuat badan kalian jadi lebih enteng loh.

Jangan lupa mandi ya Mas Bro dan Mbak Bro.

27 Kegiatan Bermanfaat Setelah Bangun Tidur Pagi Hari - Sumber Gambar gstatic.com
Sumber Gambar gstatic.com

7.Memikirkan Yang Paling Kalian Harapkan

Setiap orang pasti punya harapan ketika mereka bangun pagi. Entah mengharapkan dapat kiriman bunga, ato rekening terisi dengan uang gajian, ato pengen makan masakan kesukaan buatan mama. Harapan kalian ini sangat bagus kalian pikirkan ketika bangun tidur. Hal ini bertujuan untuk membuat mood kalian menjadi baik. Cara ini juga ampuh untuk membuat kalian berpikir positif dan ceria sepanjang hari. Patut dicoba nih Mas Bro dan Mbak Bro.

27 Kegiatan Bermanfaat Setelah Bangun Tidur Pagi Hari - Sumber Gambar esquire.co.id
Sumber Gambar esquire.co.id

8.Membaca

Ayo siapa yang paling males kalo disuruh membaca? Jangan males membaca lagi ya Mas Bro dan Mbak Bro. Kalo bisa sediakan waktu untuk membaca saat bangun pagi. Kalian bisa kok baca koran pagi, majalah atau novel. Selain menambah wawasan, membaca juga bisa meningkatkan kinerja otak. Sehingga kalian bisa berpikir jernih saat beraktivitas nanti. Selain itu membaca juga bisa membuat pikiran menjadi rileks dan tenang loh.

27 Kegiatan Bermanfaat Setelah Bangun Tidur Pagi Hari - Sumber Gambar bp.blogspot.com
Sumber Gambar bp.blogspot.com

9.Berimajinasilah

Siapa yang seneng berimajinasi di pagi hari? kalo iya, jangan dihilangin ya kebiasaan ini. Karna ternyata berimajinasi ketika bangun tidur. Bisa meningkatkan kinerja otak dan meningkatkan mood. Untuk orang sepintar Einstein aja menganjurkan hal ini kok. Menurut beliau imajinasi merupakan suatu hal yang penting dilakukan. Kita juga akan semakin bersemangat menghadapi kalo ngelakuin ini. Selamat berimajinasi Mas Bro dan Mbak Bro

27 Kegiatan Bermanfaat Setelah Bangun Tidur Pagi Hari - Sumber Gambar tstatic.net
Sumber Gambar tstatic.net

10.Awali Pagimu Dengan Berdoa

Ini dia yang penting kalian lakukan begitu terbangun dari tidur saat pagi hari. Berdoa, mungkin ini seringkali diabaikan oleh kita. Ga ada salahnya loh kalo kita mulai menerapkan kegiatan ini. Selain membuat kita lebih tenang. Berdoa juga membuat kalian lebih mendekatkan diri dengan yang di Atas. Dan membuat kalian lebih siap dalam menghadapi segala macam masalah pada hari itu. Kalian bisa berdoa dengan kepercayaan kalian masing-masing.

27 Kegiatan Bermanfaat Setelah Bangun Tidur Pagi Hari - Sumber Gambar andriwongso.com
Sumber Gambar andriwongso.com

11.Menyiapkan Barang Bawaan

Ini dia yang penting di lakukan di pagi hari. Jangan lupa untuk menyiapkan barang bawaan kalian terlebih dahulu. Selain untuk mengurangi resiko ada barang yang tertinggal. Menyiapkan barang bawaan juga akan membuat kalian lebih PeDe saat keluar rumah. Kalian ga perlu merasa cemas atau khawatir sepanjang jalan menuju tempat tujuan. Sehingga kalian bisa menikmati matahari dan pemandangan di pagi hari.

27 Kegiatan Bermanfaat Setelah Bangun Tidur Pagi Hari - Sumber Gambar idntimes.com
Sumber Gambar idntimes.com

12.Jangan Memeriksa Gadget

Ini salah satu kebiasaan buruk yang sering dilakukan muda-mudi zaman sekarang. Yaitu megecek gadget saat bangun tidur. Entah untuk selfie, update status atau bahkan untuk ngecek notifikasi. Kalo bisa kebiasaan ini dibuang jauh-jauh deh. Selain untuk menghindari mata menjadi rusak akibat keseringan ngeliat gadget. Usahakan untuk memeriksa gadget minimal sejam setelah bangun dari tidur ya.

27 Kegiatan Bermanfaat Setelah Bangun Tidur Pagi Hari - Sumber Gambar wordpress.com
Sumber Gambar wordpress.com

13.Berpikir dan Berbicara Positif Pada Diri Sendiri

Sebagian dari kita mungkin uda sering ngelakuin hal ini. Buat yang belum, ga ada salahnya kok ngelakuin hal ini. Karna berpikir dan berbicara positif pada diri kalian akan membuat mood lebih baik. Selain itu kalian akan dipenuhi dengan aura positif sepanjang hari. Kalian bisa berpikir dan berbicara sambil menatap cermin. Suatu hal sepele yang ternyata bermanfaat banget kan?

27 Kegiatan Bermanfaat Setelah Bangun Tidur Pagi Hari - Sumber Gambar ideaonline.co.id
Sumber Gambar ideaonline.co.id

14.Melihat Warna Cerah

Melihat warna cerah saat kalian baru membuka mata akan membuat energi melonjak tinggi. Para ahli juga ternyata sangat menyarankan hal ini loh. Selain itu akan membuat kalian jadi aktif sepanjang hari. Jadi ada baiknya kalo kalian menyisipkan warna cerah pada bantal, sprei, atau hiasan di kamar. Sehingga kalian bisa ngeliat warna cerah begitu membuka mata. Kalo ga, kalian juga bisa menyajikan makanan dengan warna-warna yang cerah. Seperti jus jeruk, tomat ato makanan dan minuman lain yang punya warna cerah.

27 Kegiatan Bermanfaat Setelah Bangun Tidur Pagi Hari - Sumber Gambar klimg.com
Sumber Gambar klimg.com

15.Jangan Minum Kopi

Kalo kalian merasa bahwa minum kopi akan membuat kalian segar di pagi hari. Tanggapan ini justru salah, karna ternyata kopi ga baik diminum di pagi hari. Karna secangkir kopi saat perut kosong bisa ningkatin jumlah asam klorida pada saluran pencernaan.

Asam klorida berefek buruk buat makanan yang akan masuk ke perut. Hal ini bisa menyebabkan beberapa masalah pencernaan. Selain itu kita juga akan susah mencerna protein. Ketika protein ga terurai dan diserap, akan menimbulkan masalah lainnya. Kayak kembung, radang usus, iritasi bahkan kanker usus besar.

27 Kegiatan Bermanfaat Setelah Bangun Tidur Pagi Hari - Sumber Gambar zonabugar.com
Sumber Gambar zonabugar.com

16.Menghirup Udara Pagi Di Luar Rumah

Menghirup udara pagi di luar rumah bagus buat kesehatan loh. Baik buat kesehatan paru-paru serta sistem pernapasan, jantung bahkan otak. Kok bisa sih? Ini dikarnakan udara pagi masih bersih, belum tercemar apapun. Kegiatan ini bermanfaat buat gantiin udara lama dengan udara baru. Selain itu, kegiatan ini cocok dilakuin buat Mas Bro dan Mbak Bro yang punya masalah pernapasan   asma.

27 Kegiatan Bermanfaat Setelah Bangun Tidur Pagi Hari - Sumber Gambar static6.com
Sumber Gambar static6.com

Kegiatan Menyehatkan  Setelah Bangun Tidur Pagi Hari

Selain itu ternyata ada kegiatan yang bisa menyehatkan tubuh kalo dilakukan setelah bangun tidur di pagi hari. Apa aja sih? Penasaran? Berikut kegiatan menyehatkan tubuh yang bagus dilakukan di pagi hari.

27 Kegiatan Bermanfaat Setelah Bangun Tidur Pagi Hari - Sumber Gambar onsugar.com
Sumber Gambar onsugar.com

17.Minum Air Hangat

Mungkin sebagian orang punya kebiasaan mengawali pagi dengan secangkir teh ato kopi. Yang bertujuan untuk menghangatkan tubuh di pagi hari. Tapi ternyata  kebiasaan ini justru ga baik buat tubuh loh. Ternyata lebih baik mengubah kebiasaan dengan minum air hangat setelah bangun tidur.

Loh, kok bisa sih? Apa hubungannya? Ini dikarenakan minum air hangat ketika bangun tidur bisa ngebantu melancarkan pencernaan. Bahkan bermanfaat membantu tubuh mengeluarkan racun berbahaya. Serta mengeluarkan sisa metabolisme dari tubuh yang bisa memicu penyakit. Sangat bermanfaat bukan Mas Bro dan Mbak Bro?

27 Kegiatan Bermanfaat Setelah Bangun Tidur Pagi Hari - Sumber Gambar pulsatv.com
Sumber Gambar pulsatv.com

18.Awali Harimu Dengan Sarapan

Buat Mas Bro dan Mbak Bro yang sering banget ga sarapan. Mending belajar deh buat ngebiasain sarapan di pagi hari. Ketika tidur, tubuh ga memberikan asupan jadi saat bangun tidur kalian sangat membutuhkan asupan makanan. Kalo kalian ga sarapan, tubuh kalian kekurangan energi. Sehingga kalian akan sulit untuk produktif serta berpikir positif . Jadi jangan lupa buat sarapan ya berpikir positif Mas Bro dan Mbak Bro.

27 Kegiatan Bermanfaat Setelah Bangun Tidur Pagi Hari - Sumber Gambar magazine.job-like.com
Sumber Gambar magazine.job-like.com

19.Sempatkan Untuk Berolahraga

Ternyata pagi hari merupakan waktu yang tepat buat berolahraga loh. Kok Bisa sih? Karna saat tidur selama berjam-jam kalian mengistirahtakan badan kalian. Jadi olahraga sangat membantu melemaskan serta meregangkan otot tubuh kita. Kalian bisa berolahraga ringan kayak jogging, jalan sehat ato bersepeda. Olahraga juga bisa memperlancar darah serta oksigen yang ada dalam otak dan tubuh kalian.

27 Kegiatan Bermanfaat Setelah Bangun Tidur Pagi Hari - Sumber Gambar pinkorset.com
Sumber Gambar pinkorset.com

20.Berjemur Di bawah Matahari Pagi

Ternyata hangatnya sinar matahari juga menyehatkan loh. Karna sinar matahari akan ngebantu memproduksi vitamin D dalam tubuh. Serta sangat berguna memperkuat sel-sel tulang kalian. Jadi ga cuma balita ya yang perlu berjemur. Kita setelah dewasa pun masih dianjurkan untuk berjemur sebentar. Lalu kapan sih waktu yang pas buat berjemur? Waktu berjemur pas adalah sebelum jam 10.00 pagi. Ga usah lama-lama, kalian cukup berjemur 15 sampe 20 menit aja.

27 Kegiatan Bermanfaat Setelah Bangun Tidur Pagi Hari - Sumber Gambar bp.blogspot.com
Sumber Gambar bp.blogspot.com

21.Minum Jus

Lebih baik untuk mengawali hari kalian dengan minum jus loh. Ga dianjurkan untuk minum minuman berkafein kayak teh ato kopi. Walaupun minuman ini merangsang otak, tapi ga berdampak baik buat kesehatan tubuh kalian. Lebih baik mulai mengganti minuman kalian di pagi hari dengan jus buah ato jus sayuran.

27 Kegiatan Bermanfaat Setelah Bangun Tidur Pagi Hari - Sumber Gambar yogajournal.com
Sumber Gambar yogajournal.com

22.Yoga

Tahukan Mas Bro dan Mbak Bro kalo Yoga sangat baik dilakukan di pagi hari. a yang baik untuk tubuh dan pikiran. Hanya dengan melakukan gerakan sederhana ini, kita bisa semangat sehari penuh. Sebelum memulai gerakan yoga, awali dengan meditasi sebentar. Duduk dalam posisi bersila, tutup mata dan tarik nafas beberapa hitungan agar pikiran dan tubuh kita menyatu.

Cat-cow pose

Gerakan ini baik untuk punggung. dimulai dengan posisi dua tangan dan kedua lutut di lantai. Lalu kepala menunduk ke lantai, dan perlahan angkat kepala menatap keatas. Bersamaan dengan itu, lengkungkan punggung seperti huruf u. Turunkan kepala menatap lantai dan bersamaan dengan itu lengkungkan punggung seperti huruf n. Gerakan ini seperti kucing yang sedang melengkungkan badannya. Ngelakuin gerakan ini selama 30- 60 detik ya Mas Bro dan Mbak Bro.

Downward dog

Buat yang ga pernah yoga sebelumnya,mungkin gerakan ini lumayan sulit. Pertama, letakan dua tangan serta lutut di lantai. Perlahan angkat lutut sampe kaki dan tangan lurus. Lalu posisikan kedua tangan sejajar dengan telinga. Sejajarkan kepala di antara kedua lengan serta pandangan lurus ke belakang. Tekan telapak serta jari tangan di lanta lalu templekan telapak kaki pada lantai. Lakukan posisi ini selama 30 – 60 detik ya Mas Bro dan Mbak Bro.

Cobra pose

Cobra pose sangat bagus buat punggung, perut, dada serta bahu. Berbaringlah dengan badan telungkup. Lalu taruh kedua telapak tangan di samping dan tempelkan lengan pada badan. Perlahan tekan kedua telapak tangan serta angkat dada bersamaan dengan kepala menengadah ke atas. Telapak kaki  serta badan bagian bawah tetap nempel di lantai.

Warrior one

Pertama berdiri tegak, kedua kaki dirapatkan serta tangan di samping badan. Lalu mundurkankaki ke belakang 45 derajat ato 90 derajat. Selanjutnya majukan kaki kanan ke depan sampe lurus dan seluruh telapak kakinya harus menempel di lantai. ya. Selanjutnya angkat kedua tangan lurus serta tepat sejajar dengan telinga. Jangan lupa, posisi badan harus tetap tetap lurus ke depan ya. Lakukan posisi ini selama 30-60 detik ya Mas Bro dan Mbak Bro.

27 Kegiatan Bermanfaat Setelah Bangun Tidur Pagi Hari - Sumber Gambar tejasurya.com
Sumber Gambar tejasurya.com

23.Meditasi

Melakukan aktivitas setiap harinya tentu sangat melelahkan badan serta pikiran. Walaupun sudah tidur, kelelahan belum tentu hilang sepenuhnya. Sehingga akan lebih kalo kalian cooba melakukan meditasi untuk mengawali hari. Meditasi juga sangat berguna buat mengurangin kecemasan, melatih fokus dan konsentrasi. Serta mengatur kondisi kesehatan dan membuat pikiran dan badan memancarkan aura positif.

27 Kegiatan Bermanfaat Setelah Bangun Tidur Pagi Hari - Sumber Gambar maduhutankalimantan.com
Sumber Gambar maduhutankalimantan.com

24.Minum Lemon Hangat

Kalo Mas dan Mbak Bro sering ngerasain ketidaknyamanan di bagian perut saat pagi hari. Kalian bisa mengatasinya dengan minum air lemon hangat dengan madu. Minuman ini juga bisa loh jadi obat sembelit serta menjaga kesehatan usus kalian.

27 Kegiatan Bermanfaat Setelah Bangun Tidur Pagi Hari - Sumber Gambar postimg.com
Sumber Gambar postimg.com

25.Jangan Lupa Mengonsumsi Sayur dan Buah

Selain ga boleh merupakan sarapan, akan lebih kalo kalian mengawali dengan sarapan yang sehat. Apa sih yang dimaksud sarapan sehat? Sarapan kalian harus dilengkapi dengan sayuran dan buah. Karna sayuran dan buah akan membuat kalian lebih sehat serta berenergi. Dengan menyisipkan sayur dan buah akan sangat membantu pentumbuhan dan perkembangan anak loh. Jadi jangan lupa mengkonsumsi sayur dan buah ya,

27 Kegiatan Bermanfaat Setelah Bangun Tidur Pagi Hari - Sumber Gambar blokbojonegoro.com
Sumber Gambar blokbojonegoro.com

26.Jangan Makan Pedas Di Pagi Hari

Selain itu sangat ga dianjurkan loh buat sarapan dengan makan-makanan yang pedas. Kenapa sih ga dianjurkan? karna perut kita masih dalam keadaan kosong. Sehingga ketika kita makan-makanan pedas di pagi hari. Justru bisa menimbulkan masalah pencernaan. Bahkan bisa menimbulkan peradangan pada sistem pencernaan bahkan penyakit maag. Lebih baik membuat sarapan sehat sederhana seperti sop atau bubur yang mudah dicerna oleh tubuh.

27 Kegiatan Bermanfaat Setelah Bangun Tidur Pagi Hari - Sumber Gambar manfaatmadu.org
Sumber Gambar manfaatmadu.org

27.Minum Madu Asli

Bagi Mas Bro dan Mbak Bro yang rutin mengkonsumsi madu ternyata ada manfaatnya loh. Entah madu asli yang diminum langsung ato madu yang diminum dengan dicampur air. Ini karna kandungan dalam madu bagus banget loh buat kesehatan. Madu menyimpan antiseptic yang luar biasa yang dikenal dengan “hydrogen peroksida”.  Yang justru akan bereaksi kalo dilarutkan di dalam air putih loh.

Hydrogen peroksida sangat baik buat membersihkan virus serta pantogen dari mulut sampe usus. Selain itu madu asli sangat bermanfaat dalam meningkatkan metabolisme tubuh, Detoksidikasi racun dalam tubuh, Menurunkan berat badan, Kulit Cerah, Mencegah sakit jantung, Mengatasi sembelit, Mengobati batuk dan pilek. Walaupun baik tapi jangan mengkonsumsinya secara berlebihan ya.

Silahkan berbagi obrolan kita ini sama temen-temen dan keluarga ya Mas Bro dan Mbak Bro.

Ada pertanyaan?

Tinggalin aja komentar di kolom dibawah ya.

Semoga berguna.

Seneng bisa berbagi.

Tembalang, Semarang
Pukul 05:01 WIB, Senin 04 Mei 2016 
Tulisan Temen Kita – N

Sumber Tulisan
Yusrina Ima. 2016. refillmadu.com/articles/minum-madu-di-pagi-hari-bermanfaat-besar-untuk-kesehatan/ diakses pukul 18.25 WIB, pada hari Senin 27 Februari 2017

Sumber Gambar
blokbojonegoro.comdiakses pukul 17.15 WIB, pada hari Senin 27 Februari 2017
bp.blogspot.com diakses pukul 17.27 WIB, pada hari Senin 27 Februari 2017
dive-the-world.com diakses pukul 17.33 WIB, pada hari Senin 27 Februari 2017
onsugar.comdiakses pukul 17.52 WIB, pada hari Senin 27 Februari 2017
kreasitekno.com diakses pukul 18.19 WIB, pada hari Senin 27 Februari 2017
lihat.co.id diakses pukul 18.25 WIB, pada hari Senin 27 Februari 2017
magazine.job-like.com diakses pukul 19.13 WIB, pada hari Senin 27 Februari 2017
mahdi-news.com diakses pukul 18.37 WIB, pada hari Senin 27 Februari 2017
manfaatmadu.org diakses pukul 18.51 WIB, pada hari Senin 27 Februari 2017
onsugar.comdiakses pukul 17.52 WIB, pada hari Senin 27 Februari 2017
pinkorset.com pukul 18.25 WIB, pada hari Senin 27 Februari 2017
pulsatv.com pukul 18.25 WIB, pada hari Senin 27 Februari 2017
postimg.com diakses pukul 19.25 WIB, pada hari Senin 27 Februari 2017
samaggi-phala-or.id diakses pukul 19.13 WIB, pada hari Senin 27 Februari 2017
static6.net diakses pukul 19.13 WIB, pada hari Senin 27 Februari 2017
tejasurya.com diakses pukul 20.11 WIB, pada hari Senin 27 Februari 2017
yogajournal.com diakses pukul 20.26 WIB, pada hari Senin 27 Februari 2017
yudatama.com diakses pukul 21.18 WIB, pada hari Senin 27 Februari 2017

Comments

Tinggalkan Balasan