15 Kata-Kata Bijak Moh. Hatta

karya penulis tulisIN
Yuk mulai #hidupdariKARYA

Apa kata-kata bijak Moh. Hatta yang paling kamu suka?

Salam #MasBro #MbakBro

Siapa sih yang ga kenal Moh. Hatta?

Dr. (H.C.) Drs. H. Mohammad Hatta adalah negarawan dan ekonom Indonesia yang menjabat sebagai Wakil Presiden Indonesia pertama. Ia bersama Soekarno memainkan peranan sentral dalam perjuangan kemerdekaan Indonesia dari penjajahan Belanda sekaligus memproklamirkannya pada 17 Agustus 1945. Ia pernah menjabat sebagai Perdana Menteri dalam Kabinet Hatta I, Hatta II, dan RIS. Pada 1956, ia mundur dari jabatan wakil presiden karena berselisih dengan Presiden Soekarno.

#MasBro #MbakBro Moh. Hatta punya banyak kata-kata bijak yang menginspirasi nih. Bahasanya kita sesuaiin sama bahasa kekitaan ya.

Baca Juga : Kata-kata Keren Tere Liye

15 Kata-Kata Bijak Moh. Hatta

1. Kurang cerdas dapat diperbaiki dengan belajar, kurang cakap dapat dihilangkan dengan pengalaman. Namun tidak jujur sulit diperbaiki.

2. Agar perut rakyat terisi, kedaulatan rakyat perlu ditegakkan. Rakyat hampir selalu lapar bukan karena panen buruk atau alam miskin, melainkan karena rakyat tidak berdaya.

3. Hari siang bukan karena ayam berkokok, akan tetapi ayam berkokok karena hari mulai siang. Begitu juga dengan pergerakan rakyat. Pergerakan rakyat timbul bukan karena pemimpin bersuara, tetapi pemimpin bersuara karena ada pergerakan.

4. Jatuh bangunnya negara ini, sangat tergantung dari bangsa ini sendiri. Makin pudar persatuan dan kepedulian, Indonesia hanyalah sekedar nama dan gambar seuntaian pulau di peta.

5. Pahlawan yang setia itu berkorban, bukan buat dikenal namanya, tetapi semata-mata membela cita-cita.

6. Aku rela di penjara asalkan bersama buku, karena dengan buku aku bebas.

7. Apa yang kita lakukan di dunia ini, kelak semuanya akan dipertanggungjawabkan melalui pengadilan Allah.

8. Untuk mencapai cita-cita yang tinggi, manusia (pahlawan) melepaskan nyawanya pada tiang gantungan, mati dalam pembuangan, tetapi senantiasa menyimpan dalam hatinya luka wajah tanah air yang duka.

9. Saya menyebut satu nama yang patut menjadi kenang-kenangan buat selama-lamanya: Tjipto Mangunkusumo, yang meninggal kemarin pagi dalam usia 58 tahun. Sejarah hidupnya mudah diterangkan dengan beberapa kata saja: jujur, setia, ksatria, berjuang, berkorban, pembuangan dan penyakitan.

10. Kematian adalah yang terakhir dalam waktu tetapi sekaligus yang awal dari kekalahan.

11. Apa yang dilakukan oleh orang setelah mendengar suatu khotbah jauh lebih penting dari apa yang dikatakannya tentang khotbah itu.

12. Tak ada harta pusaka yang sama berharganya dengan kejujuran.

13. Indonesia merdeka tidak ada gunanya bagi kita, apabila kita tidak sanggup untuk mempergunakannya memenuhi cita-cita rakyat kita: hidup bahagia dan makmur dalam pengertian jasmani maupun rohani.

14. Memang benar pepatah Jerman: ‘Der Mensch ist, war es iszt’, artinya: ‘sikap manusia sepadan dengan caranya ia mendapat makan’.

15. Membaca tanpa merenungkan adalah bagaikan makan tanpa dicerna.

Apa kata bijak yang kau sukai?

Udah pernah cari ulasannya ga?
Coba cari di website ini?
Kalo belum ada, silahkan daftar disini.
Mau tanya? klik kekitaan.com/mauNULIS

Baca Juga : Kata-kata Bijak Iwan Fals

Wuhuiii
Akhirnya Selesai Juga Ya.

Masih ada kata-kata bijak Moh. Hatta yang belum masuk ya? silahkan komen di atas

Seneng bisa berbagi.
Pasti bermanfaat.

Punya cerita tentang lagu di atas?

ceritaIN ceritamu di sini↗️
Dan mulai menghasilkan dari tulisanmu

Baca Juga : Kata-kata Bijak Fiersa Besari

Terimakasih
Diaz Hairul Ilyasa
Kata-kata Bijak: Mohammad Hatta, jagokata.com dibuka pukul 21.30 WIB pada hari Selasa tanggal 08 Juni 2021 https://jagokata.com/kata-bijak/kata-mohammad_hatta.html?page=2

Kata kunci lain yang sering dicari …
Mohammad Hatta, Tokoh, Pahlawan, Proklamator, Hatta, Bung Hatta

Comments

Leave a Reply