karya penulis tulisIN
Yuk mulai #hidupdariKARYA
10 Makanan Khas Jawa Barat yang Gabikin Kamu Menyesal
Jawa Barat dikenal dengan salah satu provinsi yang telah menjadi pusat kuliner Indonesia.Karena dengan banyaknya makanan khas Jawa Barat yang salah satunya berada di kota Bogor dan Bandung.Makanan khas Sunda ini banyak diminati oleh anak-anak ataupun orang dewasa karena rasanya yang enak dan harganya juga terjangkau.
Untuk kamu yang sedang berwisata di Jawa Barat ada banyak pilihan yang bisa kamu nikmati.Ini dia 10 diantaranya.
1. Seblak
Seblak adalah makanan Indonesia yang dikenal berasal dari Bandung, Jawa Barat yang bercita rasa gurih dan pedas. Terbuat dari kerupuk basah yang dimasak dengan sayuran dan sumber protein seperti telur, ayam, boga bahari, atau olahan daging sapi, dan dimasak dengan kencur.
2. Karedok
keredok adalah salah satu makanan khas Sunda,Jawa Barat. Karedok dibuat dengan bahan-bahan sayuran mentah antara lain; mentimun, taoge, kol, kacang panjang, ubi, daun kemangi, dan terong atau leunca.Karedok ini banyak diminati masyarakat Jawa Barat.
3. Batagor
Batagor ialah makanan khas Bandung. Batagor mirip dengan siomay yang digoreng. Batagor sendiri singkatan dari Bakso Tahu Goreng. Bahan utamanya mirip siomay, yakni adonan ikan tenggiri dan tepung tapioka. Lalu digoreng. Begitu juga dengan tahu-nya juga digoreng.Batagor sudah dikenal seluruh Indonesia.
4. Surabi
Serabi merupakan jajanan pasar tradisional yang berasal dari Bandung,Jawa Barat.Ada dua jenis serabi, yaitu serabi manis yang menggunakan kinca dan serabi asin dengan atau tanpa taburan oncom yang telah dibumbui di atasnya.Surabi paling enak dinikmati selagi hangat. Terbuat dari tepung beras yang dimasak dengan tungku, lalu disajikan dengan kuah kinca.
5. Cuanki
Cuanki adalah salah satu jajanan yang berasal dari kota bandun,Jawa Barat. yang berbahan dasar ikan, daging sapi, tepung tapioka, dan bumbu penyedap lainnya yang disajikan dengan kuah kaldu yang kuat berisi bakso, siomay kukus, siomay goreng, tahu goreng, dan tahu rebus dengan taburan bawang goreng dan daun seledri.
6. Baso Aci
Bakso aci merupakan salah satu jajanan terkenal yang berasal dari Garut,Jawa Barat. Teksturnya kenyal karena terbuat dari tepung sagu. Biasanya menggunakan topping ceker ayam, tahu, dan pilus rasa kencur. Untuk penggemar sajian kuah asam pedas, cocok utuk kalian yang suka pedas.
7. Ayam Bakakak
Bakakak hayam atau Ayam Bekakak merupakan kuliner tradisional yang berasal dari daerah Jawa Barat. Bakakak hayam adalah makanan pendamping atau lauk pauk untuk kelengkapan makan nasi. Bekakak berarti korban penyembelihan hewan atau manusia.
8. Nasi Tutug Oncom
Nasi Tutug Oncom atau Sangu Tutug Oncom dalam Bahasa Sunda sering disingkat Nasi T.O adalah makanan yang dibuat dari nasi yang diaduk dengan oncom goreng atau bakar. Penyajian makanan ini umumnya dalam keadaan hangat.
9. Siomay Bandung
Siomay Bandung merupakan salah satu kuliner Indonesia yang bisa mudah kita temukan di berbagai daerah. Berbeda dengan siomay dari Tiongkok, siomay bandung memiliki ciri khas sendiri, yaitu disiram dengan bumbu kacang.Siomay ini memiliki bahan dasar ikan.
10. Mie Kocok
Mie kocok adalah hidangan mi bercitarasa kaldu sapi khas kota Bandung, Jawa Barat. Hidangan ini terdiri atas mi kuning yang disajikan dalam kuah kaldu sapi kental, irisan kikil, taoge, bakso, jeruk nipis, dan ditaburi irisan seledri, daun bawang, dan bawang goreng. Beberapa resep mungkin menambahkan babat sapi.
Baca Juga
1. Kerja Keras Ga Selalu Hasilkan Beras
2. Tuhan Bisa Kendaliin Manusia Ga?
Simak video Makanan Khas Daerah Jawa Barat Dibawah ini :
Kesimpulan
Terimakasih sudah membaca artikel ini semoga bermanfaat
Gimana menurut #MasBro #MbakBro?
Masih ada pertanyaan?
Silahkan tanya di komentar ya.
Seneng bisa berbagi.
Pasti bermanfaat.
<< Sebelumnya
Kerja Keras Ga Selalu Hasilkan Beras
Selanjutnya >>
Angkat Tangan Menang Turun Tangan Kalah
Suka menulis?
Silahkan daftar untuk mulai menulis.
Mari #HIDUPdariKARYA
Mau tanya? klik kekitaan.com/mauNULIS
Terimakasih
canva.com dibuka pukul 12:27 WIB pada Hari Minggu tanggal 25 April 2021
id.wikipedia.org dibuka pukul 06:27 WIB pada Hari Senin tanggal 26 April 2021
Kata kunci lain yang sering dicari…
tulisIN,
judul, sub judul,
Tinggalkan Balasan
Anda harus masuk untuk berkomentar.