Salam #MasBro #MbakBro
Apa alat musik khas Papua kesukaanmu?
Tifa, alat musik Khas Papua, mau tau lebih banyak tentang Tifa? Saya akan memberi sedikit penjelasannya….
Tifa merupakan salah satu alat musik tradisional khas daerah Papua. Alat musik tifa diwariskan secara turun temurun bersamaan dengan kisah kepercayaan menurut beberapa suku yang ada di Papua.
Alat musik tifa Papua ini sekilas mirip dengan alat musik tifa dari Maluku. Perbedaannya hanya pada model dan bentuknya. Tifa khas Papua memiliki pegangan di bagian samping, sedangkan Tifa khas Maluku tidak memilikinya.
Selain terbuat dari kayu, tifa juga pada bagian membrannya dibuat dari kulit binatang, yakni kulit biawak atau soasoa dan juga kulit rusa. Tifa ini memiliki ukuran mulai dari 60 sentimeter bahkan ada pula yang mencapai tinggi lebih dari satu meter.
Hal yang unik dari tifa ini yaitu ukuran tifa sangat memengaruhi jenis suara yang dihasilkan. Jika ukurannya semakin kecil, maka suara yang dihasilkan akan semakin tinggi. Jika ukurannya panjang dan besar, maka suara yang dihasilkan tifa semakin rendah atau besar.
Dan cara memainkan alat musik tifa yakni dengan memegang alat tifa ini menggunakan tangan kiri dan memukulnya menggunakan empat jari tangan kanan. Namun, ada juga yang memukulnya dengan menggunakan lima jari tangan. Hal ini bergantung pada kualitas suara tifa.
Punya cerita tentang lagu di atas?
ceritaIN ceritamu di sini↗️
Dan mulai menghasilkan dari tulisanmu
Suka menulis?
Mau menghasilkan dari tulisan mu?
Yuk mulai #hidupdariKARYA
Apa alat musik khas Papua yang kau sukai?
Udah pernah cari ulasannya ga?
Coba cari di website ini?
Kalo belum ada, silahkan daftar disini.
Mau tanya? klik kekitaan.com/mauNULIS
Wuhuiii.
Akhirnya selesai juga ya.
Seneng bisa berbagi.
Pasti bermanfaat.
Sumber Tulisan
kebudayaanindonesia.net pukul 08.00 WIB pada hari Sabtu tanggal 12 Juni 2021
Kata kunci lain yang sering dicari … Tifa, Papua
Tinggalkan Balasan
Anda harus masuk untuk berkomentar.