Apa yang sudah kalian ketahui tentang kalteng?
Salam #MasBro #MbakBro
Siapa sih yang ga apa itu kalteng?
Salah satu provinsi di Indonesia.
Apa Yang Kamu Ketahui Tentang Kalimantan Tengah?
Indonesia merupakan negara yang memiliki banyak banget pulau guys, ada lebih dari 17.504 pulau di Indonesia dari Sabang sampai Merauke. Selain memiliki banyak pulau Indonesia juga memiliki 34 provinsi. Salah satunya yaitu provinsi kalteng yang berada di pulau Kalimantan guys.
Kalimantan Tengah atau Kalteng memiliki julukan provinsi “Bumi Tambun Bungai” dan memiliki motto yaitu Isen Mulang (Bahasa Sangen: Pantang Mundur). Pada tanggal 23 Mei 1957 adalah hari jadi provinsi ini.
Ibu kota Kalteng adalah kota Palangkaraya. Palangka Raya memiliki arti tempat yang suci, mulia, dan besar. Namun, Presiden Sukarno baru meresmikan dan melakukan pemancangan tiang pertama pada 17 Juli 1957. Pada tanggal tersebut ditandai dengan peresmian tugu ibu kota Provinsi Kalimantan Tengah yang berdiri di Langkai, Jekan Raya, pinggir Sungai Kahayan.
Baca juga:
Apa Yang Kamu Ketahui Tentang Kalimantan Timur?
Apa Yang Kamu Ketahui Tentang Kalimantan Barat?
Luas wilayahnya adalah 153.564,60 km2 (5,929,160 sq mi). Berdasarkan sensus tahun 2010, provinsi ini memiliki populasi 2.202.599 jiwa, yang terdiri dari 1.147.878 laki-laki dan 1.054.721 perempuan. Kalimantan Tengah mempunyai 13 kabupaten dan 1 kota.
Provinsi Kalimantan Tengah berbatasan langsung dengan Kalimantan Utara dan Kalimantan Barat di sebelah Utara, Kalimantan Timur dan Kalimantan Selatan di sebelah Timur, Laut Jawa di sebelah Selatan, dan Kalimantan Barat, Kalimantan Barat di sebelah Barat.
Di Kalteng mayoritas beragama Islam. Bahasa resmi yang digunakan adalah bahasa Indonesia, bahasa yang dominannya adalah bahasa Dayak. Lagu daerah nya adalah Kalayar, Naluya. Rumah adatnya adalah rumah betang. Senjata tradisional nya adalah Mandau.
Apa kata bijak yang kau sukai?
Udah pernah cari ulasannya ga?
Coba cari di website ini?
Kalo belum ada, silahkan daftar disini.
Mau tanya? klik kekitaan.com/mauNULIS
pasangIN iklanmu di sini!
GRATIS iklan pertama.
Bonus review produk untuk 27 pengiklan pertama.
Kesimpulan
Alhamdulillah
Akhirnya selesai juga ya.
Masih ada Provinsi yang belum masuk ya?
Yok mau request provinsi tentang apa?
Silahkan komen diatas ya.
…
Seneng bisa berbagi.
Pasti bermanfaat.
Terimakasih
Wikipedia.com dibuka pukul 06.18 WIB pada hari Selasa tanggal 01 Juni 2021
canva.com dibuka pukul 06.43 WIB pada hari Selasa tanggal 01 Juni 2021
Kata kunci lain yang sering dicari …
Kalimantan Tengah, Kalsel, Indonesia, Nusantara, pulau Kalimantan, provinsi Kalimantan Tengah, pulau di Indonesia, provinsi di Indonesia, letak geografis, kota Palangkaraya, rumah betang, senjata Mandau,
Tinggalkan Balasan
Anda harus masuk untuk berkomentar.