Tempat Wisata Alam Apa Aja yang Wajib Dikunjungin di Pulau Jawa?
Tempat Rekreasi Murah di Pulau Jawa yang Harus Kita Kunjungi
Pilkada banyak sosok diperebutkan
Kita butuh pemimpin yang berwibawa
Cari tempat wisata yang dianjurkan?
Silahkan berkunjung ke Pulau Jawa
Salam #MasBro #MbakBro
Tinggal diluar jawa?
Pulau jawa merupakan salah satu pulau yang sering dijadikan tujuan wisata. Bukan hanya oleh wisatawan lokal aja, tapi juga wisatawan mancanegara. Ga cuma meyajikan pemandangan yang indah, tempat wisata ini pun ga bakalan menguras kantong kita. Selain itu pemandangan yang ditawarkan pun sangat mempesona dan langka.
Bahkan beberapa tempat menyajikan fenomena alam yang langka. Bahkan hanya bisa kita temui di islandia dan Indonesia aja. Penasaran kan Mas Bro dan Mbak Bro? Berikut tempat wisata alam yang wajib di kunjungi di Pulau Jawa.
1.Air Terjun Montel
Air Terjun Sekar Montel merupakan tempat wisata yang direkomendasikan di Pulau Jawa. Air Terjun ini berada di Pegunungan Muria, Desa Colo, Kecamatan Dawe, Kudus. Air terjun ini punya ketinggian kurang lebih 50 meter. Air Terjun tepat berada di sebelah utara lokasi Makam Sunan Muria.
Bagi Mas Bro dan Mbak Bro yang pengen berziarah ke Makam Sunan Muria bakal bisa menikmati keindahan air terjun ini. Seru banget kan Mas Bro dan Mbak Bro. Disana udah tersedia fasilitas cukup memadai kok. Kayak mushola, toilet, parkir luas, warung makan, bahkan kios cinderamata. Untuk masuk kesana terbilang murah kok, cukup merogoh kocek sebesar Rp. 5.000.
Kalo udah kesana rasanya ga lengkap kalo belum makan Pentol ato kojek Muria. Rasa pentol ini sangat khas serta pas di lidah. Karna cuaca yang dingin khas pegunungan sehingga jajanan jadi ciri khas Air Terjun Montel. Harganya pun sangat murah, cuma Rp. 2.000,- kita bisa dapet 8 pentol.
2.Air Tiga Rasa Muria
Kalo pengen merasakan wisata alam yang masih berbau misteri bisa nih berkunjung ke Air Tiga Rasa Muria. Wisata alam ini menyimpan banyak misteri yang masih belum terungkap. Jadi kalo kita abis dari wisata religi ke makam Syeh Sadzali. Kita bisa menyempatkan diri berkunjung ke air tiga rasa muria. Dimana dalam satu lokasi ada tiga air dengan ketajaman rasa yang berbeda-beda. Unik dan bikin penasaran kan Mas Bro dan Mbak Bro.
Konon katanya air tiga rasa ini punya khasiatnya masing-masing loh. Kayak buat menambah rasa percaya diri, ketenangan jiwa bahkan bisa nyembuhin berbagai macam penyakit. Selain itu, banyak juga yang melakukan tirakat demi dapetin mata air keempat. Konon katanya ditutup oleh Syeh Sadzali karna air itu bisa mengabulkan segala permintaan bagi yang meminum.
3.Bumi Perkemahan Wana Wisata Kajar
Kalo kita seneng nginep di tempat-tempat alam dan asri. Kita bisa nih berkunjung ke bumi perkemahan wana wisata kajar. bumi perkemahan ini berlokasi di Desa Kajar, Kecamatan Dawe, Kabupaten Kudus. Bumi Perkemahan ini merupakan salah satu tempat wisata di Kudus yang lumayan terkenal. Bumi perkemahan ini juga merupakan hutan pinus dengan memiliki ketinggian area 600 MDPL.
Sehingga ga heran ya kalo hawa di tempat ini begitu sejuk. Suasana yang seperti ini sangat mendukung untuk kegiatan outdoor. Serta yang menjadikan tempat ini sebagai tempat untuk hiking serta bumi perkemahan. Disana kita harus nyicipin nasi pecel pakis, ayam bakar serta buah parijoto yang menjadi makanan khas disana. Disana kita juga bisa membeli Tongkat Colo dan Kayu pengusir tikus untuk oleh-oleh.
4.Museum Kretek
Mas Bro dan Mbak Bro yang pengen mengunjungi museum yang terkenal di Kudus. Datanglah ke Museum Kretek yang merupakan satu-satunya Museum Rokok di Indonesia. Museum ini merupakan salah satu simbol pesatnya perkembangan kretek di daerah Jawa khususnya Kota Kudus. Di sini kita bisa mengetahui sejarah, proses produksi kretek secara manual sampe modern.
Museum ini dibangun pada tanggal 3 Oktober 1986 dan punya 1.195 koleksi sejarah. Kita bisa ngeliat bahan serta peralatan kretek, benda promosi pada zaman dulu. Serta dokumentasi pendiri Pabrik rokok Bal Tiga, dan lainnya. Museum ini berada di Jalan Getas Pejaten No. 155, Kecamatan Jati, Kabupaten Kudus. Museum ini beroperasi Setiap hari mulai dari jam 07.30 – 16.00. Tiketnya sangat ramah di kantong, kita cukup merogoh kocek RP. 1.500 pada hari senin-sabtu. Sedangkan pada hari minggu dan hari libur nasional harga tiket jadi Rp. 2.000.
Kalo kita ke kudus kita wajib nyicipin Nasi Opor Sunggingan. Tempat makan ini berlokasi di Jl Niti Semito 9. Terkenal dengan Nasi Opor Ayamnya yang seharga Rp 7.000. Nasi opor ini dihidangkan beserta suwiran ayam serta potongan tahu kecil. Selain itu jangan lupa juga nyicipin soto kudus ya. Semangkuk soto ayam yang dilengkapi nasi putih, taoge, irisan seledri. Serta irisan daging ayam dan kuah bening dengan taburan bawang putih goreng di atasnya. Soto kudus punya cita rasa yang lebih ringan dibanding soto khas kota lain.
5.Kawah Putih Bandung
Kalo Mas Bro dan Mbak Bro ke Bandung wajib nih berkunjung ke Kawah Putih. Kawah ini berlokasi di Jalan Situ Patengan, Rancabali, Bandung. Kawah Putih merupakan salah satu tempat wisata paling populer di Bandung. Ga jauh dari situ juga kalian bisa berkunjung ke wisata Situ Patenggang Ciwidey.
Untuk sampe kesana kalian harus menempuh sekitar 50 km dari pusat kota. Sehingga ga heran banyak wisatawan dari Jakarta, Bogor, Bekasi, Tangerang yang sering berkunjung kesana. Bahkan wisatawan dari luar pulau Jawa juga sering berkunjung kesini. Kalo kalian kesana ga bakalan nyesel deh, bakal banyak banget spot menarik.
Kalo kalian kesana jangan lupa untuk nyicipin kalua jeruk. Makanan manis ini merupakan makanan khas buatan masyarakat ciwidey. Selain itu kalia juga bisa nyicipin bandrek. Bandrek adalah salah satu minuman tradisional khas tanah sunda. Di daerah pegunungan muniman bandrek sangat terkenal loh. Bandrek dibuat dari bahan-bahan alami. Seperti gula aren, lada, jahe, serta rempah-rempah lainnya.
6.Gunung Tangkuban Perahu
Mungkin kalian sering mendengar dongeng tentang tangkuban perahu. Gunung Tangkuban Perahu ternyata salah satu wisata populer di Jawa Barat. Wisata ini berlokasi di Jl. Raya Tangkuban Parahu No. 147 Lembang Bandung Utara. Untuk sampe ke lokasi sekitar 20 km dari pusat Kota Bandung.
Sepanjang jalan ke lokasi wisata kalian akan melewati rimbunan pohon pinus. Serta hamparan kebun teh yang sangat menyegarkan mata. Sehingga banyak wisatawan dari kota yang penuh polusi datang ke tempat ini. Karena tempat ini masih asri serta bernuansa hijau yang sangat menyegarkan. Gunung Tangkuban Perahu memiliki 3 Kawah utama yaitu Kawah Domas, Kawah Ratu, dan Kawah Upas.
7.Observatorium Bosscha Lembang
Kalo Mas Bro dan Mbak Bro pernah menonton Petualangan Sherina pasti kenal dengan tempat ini. Yaitu Observatorium Bosscha yang terkenal banget di Bandung. Dulunya observatorium ini bernama Bosscha Sterrenwacht. Tempat ini juga merupakan salah satu tempat wisata yang paling sering dikunjungi. Tempat ini berlokasi di Jl. Peneropong Bintang, Lembang, Bandung.
Apa sih yang bikin tempat ini terkenal? Selain karna pernah muncul di film Petualangan Sherina. Bosscha merupakan tempat peneropongan bintang tertua di Indonesia. Sekarang tempat ini merupakan salah satu Objek Vital Nasional. Serta dilindungi dengan UU Nomor 2/1992 tentang Benda Cagar Budaya. Untuk masuk kesana pada pukul 09.00-15.00 kalian perlu merogoh kocek sebesar Rp.15.000. Sedangkan untuk kunjungan malam pada pukul 17.00-20.00 kalian perlu merogoh kocek sebesar Rp 20.000.
8.Danau Situ Patenggang
Danau Situ Patenggang merupakan tempat wisata yang direkomendasikan di Pulau Jawa. Danau ini adalah sebuah tempat objek wisata pulau jawa di daerah Selatan Bandung. Tepatnya di Jalan Raya Ciwidey-Rancabali, Desa Patengan, Kecamatan Rancabali, Bandung. Danau ini berada 1600 m di atas permukaan laut. Danau Situ Patenggang terkenal dengan panorama yang indah serta eksotik.
Danau ini punya pemandangan alam yang asri diserta hamparan kebun tehnya. Kebun teh ini sangat luas serta punya luas sekitar 45.000 hektar. Tempat wisata ini berada tidak jauh dari Wisata Kawah Putih, sekitar 7 km. Hanya dengan menempuh waktu sekitar 10 menit untuk sampe di Kawah Putih.
Untuk masuk kesana kalian perlu merogoh kocek Rp.18.000/orang untuk wisatawan lokal.
Sedangkan untuk wisatawan mancanegara Rp.135.000/orang untuk hari biasa. Untuk sabtu dan minggu perlu menyiapkan sebesar Rp 20.500 untuk wisatawan lokal. Lalu untuk wisatawan mancanegara sebesar Rp.185.000/orang. Sedangkan tarif parkir untuk r0da 2 Rp.3.500, roda 4 Rp.11.500, dan untuk bus/truk Rp.22.000.
9.Tempat Wisata Curug Tilu Leuwi Opat
Curug Tilu Leuwi Opat merupakan sebuah objek wisata serta terdapat curug, leuwi (sungai), goa didalamnya. Tempat wisata ini punya luas kurang lebih 5 hektar, dengan nuansa yang masih asri. Tempat wisata ini berada Jalan Ciwangun Indah Camp, Cihanjuang Rahayu, Parongpong, Kabupaten Bandung. Tempat ini dekat dengan perkebunan pinus yang menambah pemandangan ditempat ini.
Tempat wisata ini punya 2 buah Goa, 4 curug dan 4 leuwi ato sungai. Curug disini punya nama Curug Tilu, Curug Citulang, Curug Aseupan, serta Curug Cilaki. Lalu 2 Sungai disini bernama Leuwi Gentong, Leuwi Bagong, Leuwi Baeud dan Leuwi Kacapi. Kemudian 2 Goa lainnya bernama Goa Tokek serta Goa Lalay.
10.The Lodge Earthbound Adventure Park Cibodas
The Lodge Earth Bound Adventure Park tempat wisata yang dianjurkan di Pulau Jawa. Tempat ini punya pemandangan alam yang sangat indah. Suasana disana pun sangat sejuk sekali loh. Tempat rekreasi ini sebenarnya tempat outbound yang berlokasi di kawasan kafe bertemakan Adat Sunda. Tempat liburan ini berada di JL. Maribaya Timur, Kampung Kosambi, Desa Cibodas, Lembang, Jawa Barat.
Kalo Mas Bro dan Mbak Bro berencana berlibur di tempat wisata alam. Tempat wisata ini direkomendasikan buat dikunjungi. Kalian akan menyaksikan pesona alam gunung batu serta hamparan hutan pinus yang luas.
11.Pantai Marina
Salah satu tempat wisata yang dianjurkan di Semarang adalah Pantai Marina. Pantai ini punya panoramanya yang sangat asri dan teduh. Tempat rekreasi ini awalnya cuma hutan bakau serta tambak. Sampe pemerintah mengubah tempat ini menjadi tempat wisata. Kalo pengen kesana kalian perlu waktu 20 sampe 30 menit dari pusat kota.
Pantai ini dibuka selama 24 loh, jadi kalian bisa kesana kapan aja. Pantai di Semarang ini menawarkan berbagai macam kegiatan. Kayak memancing ato berkeliling menggunakan perahu di pantai ini. Kalian juga bisa menyewa mobil balap disana loh. Selama disana kalian ga akan kepanas karna kawasan ini ditumbuhi pepohonan rindang. Sehingga kalian bisa bersantai dengan menikmati debur ombak serta berfoto ria.
Kalo kalian ke pantai marina jangan lupa nyicipin olahan seafoodnya ya. Olahan seafood ini bakalan dimasak sesuai selera kalian loh. Bisa di bakar,goreng kering, ato di masak asam manis. Kalian bisa memilih ikan yang tersedia kayak Ikan Ngangas, Badong, Kakap Merah, Krapu dan Dorang. Untuk olahan seafood ini kalian perlu merogoh kocek sebesar hanya Rp. 60.000/ kg untuk semua jenis ikan, Cumi Rp. 70.000/ kg serta udang Rp. 150.000/kg. Harga ini udah termasuk nasi, lalap serta sambal kecap sebagai pelengkap ya.
12.Karimun Jawa
Pantai di Karimun Jawa sangat terkenal hingga ke mancanegara loh. Pantai ini merupakan salah satu tempat wisata yang direkomendasikan di Pulau Jawa. Pantai ini 90 jenis karang laut serta 240 jenis ikan yang tinggal didalamnya. Kalo kalian kesana wajib nih berenang serta bermain dengan ikan hiu. Kalian juga wajib mengunjungi Pulau Menjangan Besar. Karna kalian akan nemuin banyak spot untuk snorkeling.
Kalo pengen cari spot untuk foto-fot wajib mengunjungu bangkai-bangkai kapal karam. Pantai ini berlokasi cukup jauh dari pusat kota Jepara. Sehingga ga heran kalo membutuhkan waktu yang cukup lama untuk kesana. Pantai karimunjawa punya pasir putih yang lembut serta bersih dan pas dipake berjemur.
Biaya perjalanan dari Surabaya ke Jepara kalian perlu menyiapkan mulai dari Rp. 90.000. Lalu buat harga tiket kapal kalian perlu menyiapkan uang mulai dari Rp. 44.000. Serta membutuhkan waktu 4-5 jam untuk tiba kesana. Disana banyak warung yang menawarkann makanan mulai dari Rp. 10.000 plus minum. Kalo pengen seewa motor kalian perlu menyiapkan uang mulai dari Rp. 75.000.
13.Wisata Dieng, Wonosobo
Wisata Dieng ini menawarkan pemandangan landscape yang sangat menakjubkan. Wisata ini punya udara yang masih bersih dan segar karna berada di dataran tinggi. Dari sini kalian juga bisa melihat beberapa candi hindu. Kalian juga wajib berkunjung Bukit Sikunir Dieng serta Telaga Warna Dieng. Tempat ini berjarak 30 km dari Wonosobo, jadi ga perlu waktu lama untuk tiba disana.
Kalo pengen berkunjung kesana kalian perlu nyiapin biaya mulai dari Rp. 10.000 buat wisata lokal. Serta Rp. 250.000 buat wisatawan asing. Serta menyiapkan biaya Rp. 7500 – Rp. 250.000 buat tiket masuk ke berbagai tempat wisata di Dieng.
Selama disana kaliaan wajib nyicipin mie ongklok khas wonosobo. Makanan ini berisi mie, kubis, kol, daun kucai serta disiram kuah kacang kental berkanji. Kuah ini biasa yang biasa disebut dengan loh. Mie ongklok ini biasa dimakan dengan sate kambing serta tempe kemul khas Wonosobo.
Selain itu kalian bisa beli manisan carica buat oeh-oleh. Carica merupakan buah yang mirip pepaya. Cuma aja rasa buah mentahnya asam dan manis keasaman pada bijinya. Kalian bisa nemuin manisan carica dalam bentuk cup sampe botol.
Baca Juga : 27 Wisata di Sumatera Utara
14.Baturaden, Banyumas
Baturaden berada di Jawa Tengah tepatnya Banyumas dan menjadi destinasi wisata keluarga yang populer. Wisata baturaden merupakan sebuah hutan alam yang cocok buat berkemah. Kalian bisa berkemah bersama temen-temen ato keluarga. Kita juga bisa main ke kebun binatang Taman Kaloka Widya Mandala. Taman inikalian punya museum yang nyimpen banyak kerangka satwa khas Indonesia.
Kalo kalian kesana wajib berkunjung ke Teater Alam. Kita bakalan nyaksiin pesawat terbangnya Garuda Indonesia tipe Foxer 28. Kita juga bisa masuk ke dalam pesawat, serta ngeliat film tentang potensi wisata Banyumas. Film itu durasinya 10 menit sampe 15 menit. Kita hanya perlu merogoh kocek buat tiket masuk mulai dari harga dari Rp.14.000.
15.Lawang Sewu
Tempat liburan ini adalah sebuah bangunan kuno peninggalan Belanda. Bangunan ini berdiri pada 1904 ini serta menjadi tempat wisata yang populer. Pada awalnya, tempat ini merupakan kantor pusat perusahaan kereta api Belanda. Karna dihiasi pintu yang banyak serta jumlah lubang pintu sebanyak 429 buah.
Sedangkan jumlah daun pintu berjumlah lebih dari Rp. 1.200. Ga heran masyarakat Semarang menamainya Lawang Sewu. Lawang Sewu memiliki arti seribu pintu. Bangunan ini sering dijadikan tempat pemotretan pre-wedding bagi pasangan yang pengen menikah.
Kalo pengen kesana kalian harus membayar tiket masuk sebesar Rp. 10.000. Kalo pengen memasuki ruangan bawah tananhya, kalian perlu membayar Rp. 30.000. Buat biaya transportasi kalian perlu nyiapin mulai dari Rp. 40.000an tergantung tempat tinggal kalian.
16.Candi Borobudur
Siapa sih yang ga kenal dengan keindahan candi ini? Candi Borobudur adalah objek wisata yang dianjurkan di Pulau Jawa. Candi dengan struktur bangunan mengagumkan ini punya nilai seni yang tinggi. Sehingga tempat liburan ini sangat terkenal hingga mancanegara. Candi Borobudur juga dinyatakan sebagai World Heritage Sites oleh UNESCO. Candi ini mudah kok dijangkau dengan kendaraan kecil sampe besar.
Candi borobudur punya 1460 relief serta 504 stupa Budha di didalam kompleksnya. Kalian harus membayar tiket sebesar Rp. 30.000 buat dewasa. Serta membayar harga tiket masuk sebesar Rp. 12.500 buat anak-anak. Buat turis mancanegara perlu membayar sebesar USD 20 buat dewasa serta USD 10 buat anak-anak.
Objek Wisata ini juga punya spot yang banyak buat para fotografer. Tempat rekreasi ini buka dari jam 6 pagi sampe jam 5 sore. Kalo pengen ngeliat festival lampion kalian perlu ngunjungin saat peringatan hari raya waisak. Kalian juga bisa melepaskan lampion sendiri saat festival berlangsung loh.
17.Ketep Pass
Tempat wisata pulau jawa ini merupakan tempat rekreasi yang pas menikmati pemandangan gunung dan bukit. Kalian bisa melihat hamparan pertanian yang luas dan menarik. Ditempat rekreasi ini kalian bisa secara langsung ngeliat awan panas dari gunung Merapi. Ketep Pass punya museum vulkanologi, gardu pandang, bioskop mini, teropong, serta pelataran panca arga loh.
Ga cuma merapi, kalian juga bisa ngeliat lima gunung sekaligus. Yaitu Gunung Merapi, Merbabu, Sindoro, Slamet, dan Sumbing. Objek wisata di pulau jawa ini menjadi wisata favorit di Magelang. Buat masuk kesana kalian cukup membayar sebesar Rp. 7.500. Ga heran kalo ketep pass menjadi salah satu tempat wisata murah di pulau jawa. Buat kesana kalian bisa pake mobil. Masalah makanan disana kalian bisa nemuin banyak warung yang menyediakan mendoan. Serta indomie dengan harga mulai Rp. 10.000an.
18.Kota Lama
Tempat wisata yang dianjurkan di pulau jawa lainnya adalah kota lama Semarang. Tempat wisata ini menyajikan berbagai desain bangunan lama. Terutama bangunan-bangunan bekas peninggalan Belanda pada zaman dulu. Ga heran objek wisata ini menarik banyak wisatawan dari mana aja.
Kalo menyusuri Kota Lama kalian wajib berkunjung ke Gereja Blenduk yang berusia 2,5 abad. Blenduk berarti kubah dalam Bahasa Jawanya. Tempat wisata ini buka dari jam 9 pagi sampe 4 sore. Bangunan ini punya atap berbentuk lengkungan yang didesain dengan warna merah. Serta punya dinding berwrarna putih dengan bagian depannya yang berhiaskan menara kembar. Serta punya pilar kokoh yang berjumlah 4 buah.
Selain itu kalian wajib mengunjungi Polder Air Tawang serta Stasiun Tawang. Lalu kalian bisa ngeliat objek wisata lain seperti Prau Layar ato dengan nama lain Praoe Lajar. Tempat ini adalah sebuah pabrik rokok yang masih berjalan hingga sekarang.
19.Air Terjun Sekar Langit
Air Terjun Sekar langit merupakan tempat wisata yang direkomendasikan di Pulau Jawa. Tempat rekreasi ini berasa di Desa Telogorejo, Kecamatan Grabag, Magelang. Air terjun dengan ketinggian kurang lebih 30 meter dari permukaan bawah ini sangat memukau.
Kita ga dianjurin kesana kalo cuaca mendung serta menjelang turun hujan. Karna saat musim penghujan sering terjadi air bah dari hulu. Bahkan jalan menuju lokasi punya jalan yang berliku serta curam jurang. Kalo dari Kopeng kita perlu nempuh jarak sejauh 5 km pake mobil ato motor. Kalo dari kota Magelang, kita bisa lewat grabag serta memakan waktu 15 menit.
Jaraknya itu Mas Bro dan Mbak Bro dari pintu gerbang, kurang lebih 500 meter lah buat sampe lokasi. Selanjutnya kita harus lanjut jalan kali di jalan setapak dan lewatin jembatan yang dikelilingi pohon pinus.
Bakal seru tuh Mas Bro dan Mbak Bro.
20.Punthuk Setumbu
Punthuk Setumbu merupakan objek wisata yang terletak di Desa Karangrejo, Borobudur, Magelang. Wisata alam di pulau jawa ini merupakan bukit. Ato tempat yang cocok buat ngeliat sunrise di borobudur.
Waktu subuh pun kalian akan disuguhkan pemandangan yang luar biasa. Lautan kabut putih yang disertai kerlip lampu. Pemandangan ini juga berlatar belakang pegunungan gunung merapi serta gunung merbabu. Tempat ini selalu diselimuti kabut tebal dimalam maupun dipagi hari. Ga bakalan nyesel deh kalo kalian berkunjung ke tempat wisata di pulau jawa ini.
Walaupun bukitnya ga tinggi-tinggi banget. Tapi buat sampe ke puncak bukit kita harus berjalan kaki cukup jauh loh. Untuk tiket masuk kalian harus merogoh kocek sebesar Rp. 15.000 dan Rp. 25.000 buat wisatawan asing. Selain itu kalian selama disana jangan lupa nyicipin Jet Kolet ato ceriping. Makanan ini terbuat dari getuk ketela. Bahkan cara pembuatannya sederhana serta ga pake alat modern, soal rasa dijamin enak deh.
21.Gunung Bromo
Gunung Bromo selalu menjadi wisata alam di provinsi Pulau Jawa yang rame tiap tahunnya. Yang menarik itu sensasi saat mendaki gunung serta suhu yang dingin. Sehingga akan membuat perjalanan kalian menjadi terasa berbeda. Saat menjelang pagi kalian bisa ngeliat sunrise yang sangat indah. Kalian juga bisa melihat kawah dari jarak dekat. Tapi ingat bawa perbekalan lengkap ya Mas Bro dan Mbak Bro.
Kalo kalian pengen ke Bromo kita bisa terbang langsung ke Malang. Lalu kalian bisa menuju ke Bromo dengan jalur darat. Paket perjalanan buat ke Bromo sudah semakin banyak pilihannya oh. Jadi kalian ga perlu ribet buat nyari penginapan serta jeep.
22.Kota Batu
Kalo kalian berkunjung ke kota malang, wajib nih mengunjungi Alun-Alun Kota Batu saat malam hari. Apalagi saat malam tahun baru, karna tempat itu akan dipadati orang. Setiap tahun selalu ada panggung konser musik guna menyambut tahun baru. Selain itu kalian bisa main ke objek wisata Bromo. Ato berkunjung ke Museum Angkut Malang yang lagi ngehits.
Selain itu kalian bisa berkunjung ke Jatim Park II, Batu Night Spectacular, serta Batu Secret Zoo. Kota Batu ini berjarak sekitar satu jam perjalanan dari pusat kota Malang. Karna terkenal sebagai kota Apel jangan lupa beli oleh-oleh apel khas malang ya.
Selama disana jangan lupa juga buat nyicipin sate landak. Sate berbahan utama daging landak ini terbilang sangat unik. Dagingnya yang empuk serta gurihn membuat sate ini layak dicoba. Selain itu jangan lupa buat mampir ke bakso bakar Cak Man yang legendaris banget.
Karna cuaca yang dingin jangan lupa buat nyicipin angsle ya. Angsle adalah minuman yang disajikan dengan kacang hijau, potongan roti tawar, kembang mayang, serta kacang tanah sangrai. Lalu disiram kuah santan yang hangat, cocok banget buat cuaca kota batu yang dingin
23.Green Canyon
Siapa yang ga tau kalo Green Canyon ada di Indonesia? Indonesia juga punya Green Canyon loh. Perpaduan alam antara sungai, hutan, lembah hijau, serta stalaktit-stalakmit merupakan daya tariknya. Untuk mencapai Green Canyon dari dermagsaiba Ciseureuh, kalian harus menempuh perjalanan 30 sampe 45 menit.
Dengan perahu kayu modern yang dikenal dengan “Ketinting” kalian bisa sampe kesana. Tarif ketinting mulai dari 75.000 perorangnya. Serta bisa menampung maksimal lima orang didalamnya. Perahu ini akan beroperasi pukul 7.30 sampe 16.00 WIB.
Salah satu yang jadi favorit para wisatawan disana adalah Body Rafting. Kalian perlu menyiapkan biaya mulai dari Rp. 150.000 sampe Rp. 250.000. Paket body rafting ga cuma ada rafting aja loh. Kalian juga bisa berenang sambil kejernihan air Green Canyon. Bahkan kalian juga bisa nyoba ngerasain melompat dari tebing ketinggian 9 meter serta trekking.
24.Goa Kalisuci
Saat kalian berkunjung kesini, kalian akan menjumpai sungai bawah tanah yang mengalir hingga laut selatan pulau Jawa. Goa Kalisuci merupakan salah satu pusat wisata petualangan cave tubing di dunia loh. Berada di urutan ketiga setelah negara Meksiko dan Selandia Baru.
Semua peserta Cave Tubing Kalisuci wajib menakhlukkan jalur sepanjang 500 meter. Memiliki kedalaman 1 sampe 3 meter. Serta memakan waktu kira-kira 2 jam buat nyelesaiin penyusuran gua. Rutenya bermula dari Gua Suci, Luweng Senglat, Luweng Geleng, berakhir di Gua Mburi Omah.
Buat harga retribusi masuk kesana kalian harus mengeluarkan uang sebesar 5.000. Buat paket wisata cave tubingnya, kalian harus mengeluarkan biaya mulai dari 70.000/orang.
25.Gunung Banyak
Buat Mas Bro dan Mbak Bro yang pengen merasakan nuansa pegunungan. Objek wisata di pulau jawa ini akan cocok buat kalian coba. Apalagi saat malam tahun baru, akan banyak wisatawan dan masyarakat yang datang kesini. Disini kalian bisa ngeliat langsung lautan. Serta pemandangan kerlap-kerlip lampu di Kota Batu pada saat malam hari.
Sensasi saat berada di puncak Gunung serta ditemani angin kencang. Bahkan suhu dingin juga akan menemani kita saat di puncak. Saat malam tahun baru kalian bisa menikmati kembang api ditiap sudut kota Batu. Tapi saat hujan turun, kabut akan turun dari puncak Gunung Banyak. Sehingga pemandangan dari puncak akan terhalang kabut.
Kalo kalian berlibur ke tempat ini jangan lupa buat nyicipin gatot gunung kidul serta belalang goreng. Gatot merupakan makanan ringan khas gunung kidul. Terbuat dari gaplek dan sejenis singkong yang dikeringkan. Gatot yang sudah kering direndam selama kurang lebih 12 jam. Lalu dicuci bersih, dipotong-potong kecil dan dikukus selama 2 jam. Lalu disajikan dengan parutan kelapa dan sedikit garam.
Sedangkan belalang goreng merupakan makanan khas disana juga. belalang yang digunakan merupakan belalang kayu. Yang punya protein yang tinggi dan baik buat tubuh. Kalian bisa membeli seharga Rp 30.000/ toples dengan berisikan sekita 30 belalang.
26.Kawah Ijen
Kawah Ijen berada di kawasan Cagar Alam Taman Wisata Ijen, Kecamatan Licin, Banyuwangi. Objek wisata di Jawa Timur ini adalah sebuah kawah asam terbesar di dunia loh. Dengan ketinggian dinding kaldera sampe 500 meter serta memiliki luas sampe 5,466 hektar. Jadi ga heran kalo kawah ini pernah dipake sebagai lokasi syuting film layar lebar Indonesia.
Keindahan objek wisata ini sudah tersohor sampe mancanegara. Saat pagi hari, kalian bisa ngeliat yang sangat menakjubkan. Sinar matahari berwarna orange serta warna kawah hijau toska akan menemani pagi kalian. Saat pagi hari, kalian bisa ngeliat fenomena alam blue fire. Apa sih itu fenomena alam blue fire? Merupakan fenomena munculnya api biru secara alami. Fenomena ini cuma bisa ditemukan di 2 tempat, yaitu islandia dan awah ijen
Buat ngeliat fenomena ini kalian harus berada di kawah ijen pada pukul 01.00-02.00. Tapi buat menikmati keindahan kawah ijen, kalian harus mendaki Gunung Ijen terlebih dulu. Sehingga kalian wajib buat menyiapkan stamina Anda.
27.Air Terjun Madakaripura
Air Terjun Madakaripura berada di kabupaten Probolinggo dan termasuk kawasan Taman Nasional Bromo. Jadi kalo kalian berkunjung ke Gunung Bromo. Sempetin mampir buat ngeliat keindahan air terjun ini ya. Objek wisata ini merupakan air terjun tertinggi di pulau Jawa. Serta air terjun tertinggi kedua setelah air terjun Sigura-gura loh.
Objek liburan ini dikelilingi dinding yang setinggi 200 meter. Dan Berhiaskan lumut-lumut hijau yang menambah keindahan air terjun ini. Selain itu kalian bisa nemuin sebuah gua yang berada di sekitar air terjun. Konon katanya, gua ini merupakan gua yang tempat meditasi Patih Gajahmada. Jadi penasaran kan ngeliat keindahan dan tempat bersejarah ini?
Jadi jangan lupa yang berkunjung ke 27 Tempat Wisata yang dianjurkan Untuk Dikunjungi di Pulau Jawa. Karna ga bakalan nyesel deh kalo berkunjung kesana. Harganya juga ramah di kantong kok Mas Bro dan Mbak Bro. Jadi aman deh kalo berkunjung kesana. Ga bakalan bikin kantong bolong, apalagi kalo sama temen-temen dijamin seru deh.
Kalo ada pertanyaan tinggalin aja jejak di kolom komentar ya Mas Bro dan Mbak Bro.
Semoga berguna.
Seneng bisa berbagi.
Semua orang butuh jalan-jalan
Jangan sibuk kejar cita-cita
Pulau Jawa selalu jadi andalan
Kalo mau cari tempat wisata
Tembalang, Semarang
Pukul 04:01 WIB, Senin 10 Oktober 2015
Tulisan Temen Kita – E
Sumber Tulisan
Anekatempatwisata. 2015. Green Canyon Primadona Wisata Jawa Barat Yang Luar Biasa. anekatempatwisata.com/green-canyon-primadona-wisata-jawa-barat-yang-luar-biasa-indah/ diakses pukul 14.10 WIB, pada hari Senin 27 Februari 2017
anekatempatwisata.com/10-tempat-wisata-alam-di-jawa-timur-yang-wajib-dikunjungi/ diakses pukul 14.20 WIB, pada hari Senin 27 Februari 2017
Dolanmu. 2015. Wisata Gunung Bromo Di Jawa Timur.dolanmu.com/wisata-gunung-bromo-di-jawa-timur/ diakses pukul 14.35 WIB, pada hari Senin 27 Februari 2017
Ecotourtravel. 2014. Makanan Khas Karimun Jawa. ecotourtravel-karimunjawa.com/makanan-khas-karimunjawa/ diakses pukul 14.43 WIB, pada hari Senin 27 Februari 2017
tempatwisatadibandung.info/situ-patenggang-ciwidey-bandung/
Winnymarlina.2015. Rincian Biaya Perjalanan Ke Karimun Jawa.winnymarlina.com/2015/08/22/rincian-biaya-perjalanan-karimun-jawa/ diakses pukul 14.57 WIB, pada hari Senin 27 Februari 2017
WisataJawa. 2013. Wisata Cave Tubing Kalis Suci Yogyakarta.wisatajawa.wordpress.com/wisata-yogyakarta/wisata-a.cave-tubing-kali-suci-yogyakarta/ diakses pukul 15.08 WIB, pada hari Senin 27 Februari 2017
Sumber Gambar
anekatempatwisata.com diakses pukul 17.08 WIB, pada hari Senin 27 Februari 2017
bookandsunset.wordpress.com diakses pukul 17.15 WIB, pada hari Senin 27 Februari 2017
bp.blogspot.com diakses pukul 17.27 WIB, pada hari Senin 27 Februari 2017
dive-the-world.com diakses pukul 17.33 WIB, pada hari Senin 27 Februari 2017
initempatwisata.com diakses pukul 17.46 WIB, pada hari Senin 27 Februari 2017
klikhotel.com diakses pukul 17.52 WIB, pada hari Senin 27 Februari 2017
kreasitekno.com diakses pukul 18.19 WIB, pada hari Senin 27 Februari 2017
lihat.co.id diakses pukul 18.25 WIB, pada hari Senin 27 Februari 2017
mahdi-news.com diakses pukul 18.37 WIB, pada hari Senin 27 Februari 2017
panduanwisata.id diakses pukul 18.48 WIB, pada hari Senin 27 Februari 2017
pegi-pegi.com diakses pukul 18.51 WIB, pada hari Senin 27 Februari 2017
samaggi-phala-or.id diakses pukul 19.13 WIB, pada hari Senin 27 Februari 2017
superadventure.co.id diakses pukul 19.25 WIB, pada hari Senin 27 Februari 2017
tempatwisata.com diakses pukul 19.32 WIB, pada hari Senin 27 Februari 2017
tempatwisatabandung.com diakses pukul 19.47 WIB, pada hari Senin 27 Februari 2017
titikdunia.com diakses pukul 20.11 WIB, pada hari Senin 27 Februari 2017
triptus.com diakses pukul 20.26 WIB, pada hari Senin 27 Februari 2017
wisataterindah.net diakses pukul 20.38 WIB, pada hari Senin 27 Februari 2017
yogyabackpacker.com diakses pukul 20.49 WIB, pada hari Senin 27 Februari 2017
yudatama.com diakses pukul 21.18 WIB, pada hari Senin 27 Februari 2017
Tinggalkan Balasan
Anda harus masuk untuk berkomentar.