Taman Nasional Way Kambas

Taman Nasional Way Kambas adalah taman nasional untuk perlindungan gajah yang terletak di daerah Lampung tepatnya di Kecamatan Labuhan Ratu, Lampung Timur, Indonesia. Taman Nasional Way Kambas yang berdiri pada tahun 1985 merupakan sekolah gajah pertama di Indonesia. Pada awal berdirinya, Taman Nasional Way Kambas ini bernama Pusat Latihan Gajah (PLG) namun beberapa tahun terakhir ini namanya berubah menjadi Pusat Konservasi Gajah (PKG) yang diharapkan mampu menjadi pusat konservasi gajah dalam penjinakan, pelatihan, perkembangbiakan dan konservasi gajah. Hingga Saat ini PKG ini telah melatih sekitar 300 ekor gajah yang sudah disebar ke seluruh penjuru Tanah Air.
Di Taman Nasional Way Kambas ini terdapat hewan yang hampir punah di antaranya Badak sumatera, Gajah Sumatera, Harimau sumatera, Mentok Rimba, dan Buaya sepit. Ada juga beberapa tanaman yang banyak diketemukan di sana seperti Api-api, Pidada, Nipah, dan Pandan. Di bagian pesisir Taman Nasional Way Kambas yang berawa juga sering ditemukan berbagai jenis burung antara lain Bangau Tongtong, Sempidan Biru, Kuau raja, Burung Pependang Timur, dan beberapa burung lainnya.


Terbit

dalam

Tags:

Comments

Tinggalkan Balasan