suku madura

Suku Semaka | Lampung

Suku Semaka Lampung, adalah salah satu suku lampung yang terdapat di Kota Agung kabupaten Tanggamus provinsi Lampung.

Asal usul suku ini diceritakan berasal dari Keratuan Semaka, yang berasal dari Skalabrak, yang pada perjalanan migrasinya melalui sungai Way Semaka dan menetap di wilayah ini, dan keturunannya tersebar di kabupaten Tanggamus ini, dan terutama terpusat di Kota Agung.

Masyarakat suku lampung Semaka yang sejak beberapa abad yang lalu telah mendiami wilayah kabupaten Tanggamus ini. Saat ini wilayah mereka tidak lagi seperti pada masa di awal kedatangan mereka. Sekarang mereka justru hidup di antara para pendatang yang memenuhi wilayah suku lampung Semaka ini. Bahkan jumlah para pendatang telah melebihi jumlah masyarakat Semaka di wilayahnya sendiri. Sehingga saat ini suku lampung Semaka sendiri seperti kehilangan identitas, bahkan bahasa lampung Semaka yang dahulunya sebagai bahasa asli di wilayah ini, sekarang berganti dengan bahasa para pendatang. Terlihat di daerah-daerah keramaian seperti di pasar, bahasa yang dominan adalah bahasa para pendatang. Masyarakat suku lampung Semaka ini seperti kehilangan kepercayaan diri terhadap bahasa mereka sendiri. Kalangan muda sudah tidak berbahasa lampung Semaka lagi, praktis tinggal hanya golongan manula saja yang masih memahami bahasa Lampung dialek Semaka ini.

Suku ini berada di bawah adat Lampung Saibatin. Adat Saibatin adalah salah satu dari 2 adat yang terdapat di provinsi Lampung. Pemakai adat Saibatin biasanya disebut sebagai masyarakat Peminggir.

Pada masyarakat suku lampung Semaka terdapat beberapa marga, yaitu:

   Marga Padang, Ratu terdiri dari:
       pekon Padang Ratu
   Marga Suoh, terdiri dari:
       pekon Padang Manis
       pekon Suka Bandung
       pekon Bandar Suka Bumi
    Marga Way Kerap terdiri dari:
       Mulang Maya (Pekon 
       Sukajaya, Sukarame
       Dan way seluang )
       Tanjung Jati (Banding 
       Agung dan Bandar agung) 
       Pekon Pardawaras
   Marga Smong, terdiri dari:
       pekon Raja Basa
       pekon Sanggi
       pekon Penanggungan
       pekon Raja Basa Lupak
       pekon Gunung Doh
       pekon Gunung Aji
       pekon Raja Basa Lama

catatan: pekon=kampung

Masyarakat suku ini hidup pada bidang pertanian, seperti menanam padi di sawah dan ladang, selain itu mereka juga menanam sayur-sayuran serta buah-buahan. Tanaman utama mereka adalah lada dan kopi. Profesi lain adalah sebagai nelayan, karena pemukiman mereka tidak jauh dari pesisir pantai.

(menambahkan Marga Way Kerap, direvisi oleh Drs. Azhar, MM. Tanggal 11 Mei 2018 pukul 20.47 WIB)

Masih ada pertanyaan?
Masih butuh informasi lainnya?
Silahkan chat sama mimin kita, buat minta dibuatin tulisannya ya kekitaan.com/ButuhTulisan

Seneng bisa berbagi.
Pasti bermanfaat.

Suka menulis?
Silahkan daftar untuk menulis tentang fakta Indonesia lainnya.
Sama seperti di youtube #MasBro #MbakBro akan mendapatkan penghasilan dari views.
Mari #HIDUPdariKARYA
Mau tanya? klik
 kekitaan.com/mauNULIS

Terimakasih
id.wikipedia.org dibuka pukul 12:27 WIB pada Hari Senin tanggal 16 November 2020

Kata kunci lain yang sering dicari …Suku Semaka, suku di lampung, suku di provinsi lampung, suku di sumatera, suku di pulau sumatera, suku indonesia, suku di indonesia

Comments

Tinggalkan Balasan