Semangat Belajar di Bulan Puasa

Senin, 19 April 2021.

Apa kalian masih semangat puasanya?
Harus tetap semangat ya!

Kali ini, aku ingin berbagi cerita tentang kegiatan hari ini.

Sekitar pukul 06.45 pagi. Aku sedikit mengantuk. Namun, sudah ada undangan pengajian dari sekolah melalui zoom. Minggu lalu aku tidak bisa ikut pengajian karena terkendala.

Aku membuka link yang diberikan guru. Sepertinya aku datang tepat waktu saat pengajian sudah dimulai. Semua murid diperintahkan untuk memegang al-Qur’an.

Kami membaca al-Qur’an bersama-sama. Diantara kami ada yang ditunjuk untuk membaca beberapa potongan ayat. Sekitar pukul 07.35 pengajian selesai.

Sepertinya kantukku sudah menghilang. Aku kembali melanjutkan aktivitas seperti biasa. Sholat duha dan bersiap-siap untuk sekolah daring.

Kita kembali belajar IPA. Hari ini tugasnya pun kembali mengerjakan soal. Ya, guru memberikan soal yang merupakan sebagai pendalaman. Menurutku, mengulang soal atau materi yang sama itu bagus. Karena lama-kelamaan kita bisa terbiasa dan menguasai materi tersebut.

Saat ujian di sekolah dasar pun guruku menggunakan cara itu. Dan berhasil. Banyak diantara kita yang mendapatkan nilai bagus.

Baik, lanjut pada cerita. Jam selanjutnya pelajaran Bahasa Indonesia. Menceritakan kembali teks biografi dengan bahasa sendiri. Itu adalah tugas hari ini.

Aku sedikit bingung, terlalu lama memikirkan kata-kata. Kata yang kususun serba salah. Kadang tidak nyambung atau bahkan tidak tepat. Namun, pada akhirnya tugas tersebut selesai juga.

Setelah itu sekolah selesai. Kemudian aku melengkapi beberapa tugas. Juga melakukan beberapa aktivitas Sambil menunggu waktu berbuka tiba.


Terbit

dalam

Tags:

Comments

Tinggalkan Balasan