Sejarahnya Kue Putu

Sejarah. Kue Putu dapat ditemukan di “China Silk Museum”.

Kue ini sudah dikenal sejak masa Dinasti Ming dengan sebutan XianRoe Xiao Long yang berarti kue dari tepung beras berisi kacang hijau yang amat lembut dan dikukus dalam cetakan bambu.

Kejadian puthu diambil sekitar 1630 di Desa Wanamarta, Jawa Timur.

Putu Ayu diklaim merupakan kue khas asli Indonesia dari Pulau Jawa, tepatnya di Jawa Tengah. Sesuai namanya, Ayu yang dalam bahasa Jawa berarti “cantik”, memang dari sisi visual kue ini terlihat sangat cantik dan menarik.

APA PERBEDAAN KUE PUTU DAN [UTU AYU ?

Putu bambu lebih “kepyar” (mudah tercerai-berai), sedangkan putu ayu lebih padu dengan tekstur mirip kue bolu. Kebanyakan putu ayu dibuat dari campuran tepung beras dan tepung ketan.

Dari segi tekstur, putu cangkir lebih mirip putu bambu karena sama-sama dibuat dari tepung beras.

Kue putu ayu yang pembuatannya disubstitusikan dengan tepung labu kuning ini banyak memiliki nilai fungsional yaitu sebuah nilai tambahan dimana makanan tidak hanya sebagai pelengkap gizi, melainkan juga memiliki efek positif terhadap kesehatan salah satunya kandungan beta karoten dari labu kuning itu sendirI.


Terbit

dalam

Tags:

Comments

Tinggalkan Balasan