Sejarah Musik POP di Indonesia

👁27x 💬0 🕗01:07

Cari arti kata KBBI?
1-9  A  B  C  D  E  F  G  H  I  J  K  L  M  N  O  P  Q  R  S  T  U  V  W  X  Y  Z

Ada yang udah tau sejarah musik POP dan cara berkembangnya di Indonesia?

Salam #MasBro #MbakBro

Berikut penjelasan dari sejarah musik POP di Indonesia.

Siapa yang tidak menyukai musik POP?
Hampir semua orang menyukai musik POP.
Musik pop atau yang dikenal sebagai musik popular atau popular music merupakan jenis musik yang memiliki orientasi komersial atau yang bersifat bisa dan sering diperdagangkan.

Musik POP ini memiliki prinsip yaitu bisa diterima serta dihargai oleh pendengar khalayak luas. Biasanya pendengar musik pop berasal dari daerah yang memiliki teknologi maju dan berada di perkotaan.

Punya cerita tentang lagu di atas?

ceritaIN ceritamu di sini↗️
Dan mulai menghasilkan dari tulisanmu

Musik Populer

Menurut Encyclopaedia Britannica, musik populer berasal dari jenis musik non-folk yang meraih ketenaran atau popularitas secara massal. Namun secara perlahan musik rakyat mulai menghilang. Tidak hanya itu, musik populer yang berasal dari era Victoria juga perlahan menghilang.

Dilansir dari situs Saylor Academy, musik populer dimulai dari penemuan Thomas Edison dan Emile Berliner. Pada 1877, Thomas Edison menemukan jika suara ternyata direproduksi dengan lembaran kertas timah yang dililitkan pada sekitar silinder logam yang sedang berputar.

Baca juga: Hidup Sesuai Tatanan: Mulut Ga Usah Mikir Mau Makan Apa, Itu Kerjaan Otak Manusia Bisa Bosan Tapi Tuhan Ga

Hal ini memberi Emile Berliner sebuah inspirasi pembuatan gramofon, dengan menggunakan cakram datar untuk merekam suara.

Bahan cakram datar lebih mudah dan murah untuk diproduksi dibandingkan silinder. Hal ini akan membuat gramofon lebih mudah untuk diproduksi massal sebagai alat perekaman suara.
Pada saat itu Emile mendirikan Berliner Gramophone Company untuk memproduksi gramofon miliknya. Ia juga meminta penyanyi opera terkenal untuk mencoba merekam suaranya.

Pada 1930, partitur musik telah digantikan oleh rekaman fonograf, sebagai sumber utama musik di rumah. Tidak hanya itu, penggunaan mikrofon juga membuat teknik vokal menjadi lebih mudah diadaptasi secara komersial.

Kesimpulan

Menurut Encyclopaedia Britannica, musik populer berasal dari jenis musik non-folk yang meraih ketenaran atau popularitas secara massal. Namun secara perlahan musik rakyat mulai menghilang. Tidak hanya itu, musik populer yang berasal dari era Victoria juga perlahan menghilang. Dilansir dari situs Saylor Academy, musik populer dimulai dari penemuan Thomas Edison dan Emile Berliner. Pada 1877, Thomas Edison menemukan jika suara ternyata direproduksi dengan lembaran kertas timah yang dililitkan pada sekitar silinder logam yang sedang berputar. Pada 1930, partitur musik telah digantikan oleh rekaman fonograf, sebagai sumber utama musik di rumah.

Apapun mesin pencarinya.
kekitaan sumbernya.

Semoga bermanfaat.
Seneng bisa berbagi.

Terimakasih
kompas.com dibaca 18:27 WIB pada hari Senin tanggal 08 Juni 2020

karya penulis tulisIN
Yuk mulai #hidupdariKARYA

Kata kunci yang sering dicari …
tulisIN, hukumIN, September 2021, September, 2021,
Sejarah Musik POP


Terbit

dalam

Tags:

Comments

Tinggalkan Balasan