SEBUAH PROSES DAN SEBUAH PENCAPAIAN
Dalam hidup ini ada banyak hal yang menjadi tujuan hidup orang. Kesuksesan dan keberhasilan selalu menjadi tujuan yang utama. Namun dalam sebuah pencapaian, yang terpenting adalah prosesnya. Bahkan ada banyak orang yang tidak terlalu memikirkan hasil, namun berkutik kepada proses. Mereka mengganggap bahwa hasil akhir adalah relative yang terpenting adalah proses yang terjadi dari awal hingga mencapai akhir.
Bagi saya sendiri hasil akhir memang sangat penting, namun proses tetap sama pentingnya dengan hasil akhir. Karena proses yang baik dan terarah akan menghasilkan hasil akhir yang baik pula. Walaupun banyak orang yang tidak memikirkan proses, bagi saya orang-orang yang demikian adalah orang-orang yang hidupnya serba instan. Tapi itu tetap pilihan dan kita harus menghargainya.
Seperti yang saya katakan di awal bahwa bagi saya hasil akhir dan proses sama pentingnya, hal ini yang memberikan kepuasan bagi saya ketika mendapatkan sebuah hasil. Proses pencapaian yang biasanya pasti sangat susah dan melelahkan akan terbayar seketika kita mendapatkan hasil akhir sesuai yang kita inginkan. Inilah yang memberikan kebanggaan tersendiri bagi pribadi seperti saya.
Ini sejumput pengalaman saya dalam mencapai sebuah hasil akhir yang indah. Beberapa minggu kemarin mungkin suatu hal yang dapat aku banggakan. Dalam Moot Court Competition Piala Dekan FH UNNES, tim yang saya motori berhasil meraih juara pertama serta berhasil menggondol empat dari Sembilan nominasi diantaranya Hakim Ketua Terbaik, Panitera Terbaik, Juru Sumpah Terbaik dan Saksi Terbaik. Ini lah sebuah hasil akhir yang tak terduga sekaligus membanggakan.
Dalam proses pencapaian prestasi tersebut, dua minggu lebih waktu dan tenaga tercurah untuk mempersiapkan segala sesuatunya. Mulai dari berkas-berkas persidangan dan latihan untuk penampilan. Semuanya dilakukan dalam kertebatasan dan pengetahuan yang minim. Naik turun dari semangat sangat mempengaruhi dalam proses pencapaian tersebut. Harus diakui bahwa diakhir menjelang pertandingan sempat terjadi sebuah krisis kepercayaan diri mengingat berkas-berkas yang asal jadi dan persiapan yang kurang matang. Namun keiklasan dan totalitas dalam melakukan segala sesuatunya ternyata memberikan pengaruh yang sangat luar biasa besar. Dan diakhir dari proses ini, pencapaian yang indah kami dapatkan.
Semuanya bangga dan semuanya puas. Bisa dijamin bahwa kepuasan dan kebanggaan yang luar biasa seperti ini tak akan bisa kami dapatkan jika bukan karena kami bangga akan diri kami sendiri. Dan kebanggaan itu datang dari sebuah kerja keras yang nyata, bukan kerja keras yang semua. Di sini lah proses menjadi hal terpenting dalam mencapai hasil akhir yang indah. Dan aku yakin semua orang akan merasakan hal yang sama.
Sekian tentang SEBUAH PROSES DAN SEBUAH PENCAPAIAN.
Terima kasih.
Tinggalkan Balasan
Anda harus masuk untuk berkomentar.