Salam #MasBro #MbakBro
Apa alat musik khas NTT kesukaanmu?
Sasando, alat musik Khas NTT, mau tau lebih banyak tentang sasando? Saya akan memberi sedikit penjelasannya….
Alat musik sasando konon sudah digunakan masyarakat di Rote, Nusa Tenggara Timur, sejak abad ke-7. Sasando memiliki bagian utama berbentuk tabung panjang yang terbuat dari bambu. Pada bagian tengah alat musik berdawai ini berbentuk melingkar dari atas ke bawah. Dawai-dawai pada sasando direntangkan di tabung dari atas ke bawah yang sudah diberi ganjalan-ganjalan.
Berdasarkan struktur nada, sasando dibedakan menjadi dua jenis. Yang pertama, sasando gong dengan sistem nada pentatonik memiliki dua belas dawai, sasando jenis ini biasanya hanya bisa digunakan untuk memainkan lagu-lagu tradisional masyarakat di Pulau Rote. Dan yang Kedua adalah sasando biola. Sasando ini memiliki sistem nada diatonik dengan jumlah dawai mencapai 48 buah. Kelebihan dari sasando ini terletak pada jenis lagu yang bisa dimainkan lebih bervariasi. Sasando ini diperkirakan mulai berkembang di akhir abad ke-18 dan berkembang di Kupang.
Sasando biasanya dimainkan untuk mengiringi lagu pada tarian tradisional masyarakat NTT. Sejak tahun 1960-an, alat musik ini telah dimodifikasi menjadi sasando elektrik atas prakarsa seorang pakar permainan sasando di NTT bernama Edu Pah.
Punya cerita tentang lagu di atas?
ceritaIN ceritamu di sini↗️
Dan mulai menghasilkan dari tulisanmu
Suka menulis?
Mau menghasilkan dari tulisan mu?
Yuk mulai #hidupdariKARYA
Apa alat musik khas NTT yang kau sukai?
Udah pernah cari ulasannya ga?
Coba cari di website ini?
Kalo belum ada, silahkan daftar disini.
Mau tanya? klik kekitaan.com/mauNULIS
Wuhuiii.
Akhirnya selesai juga ya.
Seneng bisa berbagi.
Pasti bermanfaat.
Sumber Tulisan
indonesiakaya.com pukul 10.00 WIB pada hari Senin tanggal 7 Juni 2021
Kata kunci lain yang sering dicari … Oktober, Oktober 2021, Sasando, NTT, Sasando NTT
pasangIN iklanmu di sini!
GRATIS iklan pertama.
Bonus review produk untuk 27 pengiklan pertama.
Tinggalkan Balasan
Anda harus masuk untuk berkomentar.