#kuliner#jajanan#MasBro#MbakBro
By: Gina Nuraeni
Tasikmalaya salah satu kota yang ada di Jawa Barat dengan julukan Sang Mutiara dari Pariangan Timur. Selain sebagai kota wisata Tasikmalaya juga menyimpan kekayaan wisata kuliner yang nikmat, menggugah selera dengan citarasa khas.
Jika kalian berkunjung ke kota Tasikmalaya hukumnya wajib untuk mencicipi aneka kuliner khasnya. Kuliner yang masih mempertahankan cita rasa sejak zaman dahulu ini memadukan bumbu-bumbu khas masakan sunda yang diolah sedemikian rupa menjadi masakan khas.Penasaran seperti apa rasa dari makanan khas Tasikmalaya berikut salah satu makananya.
1. Bubur Haji Zaenal
Pedagang bubur ayam di Tasikmalaya jumlahnya ada banyak tak hanya di Tasikmalaya saja tetapi di seluruh Indonesia. Tetapi yang paling terkenal dan jadi rekomendasi ada Bubur Haji Zaenal. Tempat makan Bubur Haji Zaenal sudah berdiri dari tahun 1969. Cita ras bubur encer dengan banyak toping pelengkap di atasnya.Toping pelengkap diatas bubur ada suwiran daging ayam, ati ampela, daun bawang, cakwe, dan berambang goreng. Semangkuk lengkap bubur ayam dibandrol dengan harga 15 sampai 20 ribu rupiah saja. Bubur Ayam Haji Zanal enak, lembut, gurih dan kaya toping.
2. Pecel Oranye
Berburu wisata kuliner selanjutnya di Tasikmalaya masih di tempat makan yang legendaris ada Pecel Oranye. Warung makan pecel ini sudah ada sejak zaman penjajahan Belanda dari tahun 1925. Pecel Oranye khas dengan citarasa bumbu pecel manis, asin dan asem yang disiram diatas sayuran.Harga seporsi pecel hanya 15 ribu rupiah saja. Selain pecel ada juga menu lain seperti lotek, karedok, dan gado-gado. Lokasi pecel oranye sangat mudah di cari karena ada di seberang Hotel Selamat.
3. Nasi Cikur Penyerutan
Makanan khas Tasikmalaya ada nasi cikur penyerutan. Kedai milik Ny Iyen ini adalah salah satu tempat makan yang sudah buka sejak puluhan tahun yang lalu. Buka setiap hari dari jam 6 pagi sampai jam 8 pagi saja.Seharinya warung Ny Iyen bisa menghabiskan beras 12 kg, belum lagi jika hari minggu bisa sampai 15 kg beras habis dalam sehari. Pelanggan nasi cikur penyerutan ini datang dari berbagai penjuru kota sampai ke Garut, Ciamis, Banjar dan Bandung.
Tinggalkan Balasan
Anda harus masuk untuk berkomentar.