Rekomendasi kuliner di Banten

Makanan khas Banten memang menjadi salah satu makanan yang paling diburu oleh pecinta kuliner karena nikmat rasanya. Oleh karena berikut ini beberapa makanan yang bisa dicicipi ketika berkunjung ke Banten.

1.Angeun Lada

Makanan khas Banten yang pertama adalah angeun lada yang memiliki arti sebagai sayuran kuah pedas. Memang makanan ini dibuat dengan rempah alami dengan rasa yang kuat ditambah dengan cabai rawit yang dihaluskan.

Sekali mencicipinya maka kalian akan ketagihan dengan rasa pedas dan gurihnya santan. Umumnya masyarakat Banten menggunakan babat sapi atau tulang iga sapi untuk isi dari angeun lada. Bahan tersebut lantas diukep dan dibiarkan matang bersama kuahnya untuk mendapatkan citarasa yang meresap sampai ke dalam.

Oleh karena itulah kenikmatan dari sayur ini berada pada saat isap-isap balungan iga dan juga babat sapi. Sayur ini juga selalu hadir dalam perayaan tasyakuran adat Banten. Oleh karena itulah masakan ini sering dimasak bersama-sama ketika ada perayaan.

2.Rabeg

Rabeg bisa dibilang sebagai menu Arabnya orang Banten. Rabeg memang mengadaptasid ari makanan dari Arab karena memiliki rasa yang pedas namun penuh akan rasa rempah khas Indonesia di dalamnya.

Rabeg menggunakan bahan olahan kambing mulai dari dagingnya hingga jeroannya dimasak dengan berbagai bumbu khususnya cabai dan jahe untuk mendapatkan sensasi pedasnya. Bahan olahan kambing tersebut dimasak dalam waktu yang lama hingga bisa menghilangkan bau kambing namun tetap memiliki tekstur yang empuk dan juga bumbu yang meresap sampai kedalamnya.

Rabeg mulai banyak ditemukan di pinggir jalan kota Banten sehingga tak sulit untuk menemukannya. Adapun tingkat kepedasannya bisa dipilih sesuai dengan seleranya. Pastinya rabeg akan membuat lidah anda bergoyang dan sensasi pedasnya membuat ketagihan.

Makanan ini cocok untuk dikonsumsi bersama dengan nasi khas Arab juga yakni nasi kebuli yang juga menggunakan olahan kambing untuk membuatnya.

3.Sate Bandeng

Sate ayam? Biasa. Sate kambing? Biasa. Sate bandeng? Memang ada? Datang saja ke Banten. Makanan khas Banten yang harus dan wajib dicoba saat berkunjung kesana adalah sate bandeng.

Sate bandeng mempunyai rasa yang jauh berbeda dengan sate ayam maupun sate kambing karena mulai dari proses pembakarannya sudah melewati proses yang panjang sehingga ketika disantap yang adalah rasa nagih dan nagih untuk bisa mencicipinya kembali.

Bandeng memang banyak ditemukan di wilayah Banten khususnya serang. Oleh karena itulah masyarakat memanfaatkannya untuk bisa di sate.

Meskipun banyak yang heran mengapa tidak digoreng atau dibakar saja akan tetapi nyatanya sate bandeng lebih bisa menarik pengunjung untuk mencicipinya.

Cara pembuatannya pertama dengan memilih bandeng sesuai dengan usia yang layak untuk dimakan. Kemudian daging ikan di sisik dan dipukul hingga remuk tulang-tulangnya.

Setelah hancur kemudian daging ikan diberi bumbu rempah khas Banten yang terkenal pedas dan manis. Barulah kemudian dibentuk kemudian ditusukkan ke bambu. Langkah selanjutnya tentu saja membakarnya layaknya sate lainnya.


Terbit

dalam

Tags:

Comments

Tinggalkan Balasan