Salam #MasBro #MbakBro
Suka main game?
Belum punya komputer yang mumpuni?
Anggaran minim?
Semakin kesini, komputer ato PC bukan lagi cuma dipake buat ngetik ato internetan aja, tapi juga bisa dipake jadi salah satu media hiburan pelepas penat, misalnya buat main game. Nah, masalahnya jaman makin canggih, game-game yang ada juga makin berat, otomatis PC kita sebagai alat penunjang buat main game juga mesti ngikutin makin update. Tapi kebayang ga buat rakit pc 5 jutaan udah bisa main game berat?
8++ Spare Part Buat Rakit PC 5 Jutaan Bisa Main Game Berat
Biasanya PC yang bisa mainin game berat, kebayang duluan itu harga komponen-komponennya mesti mahal. Tapi apa iya kalo pengen ngerasain main game berat mesti modal gede dulu? Nah, kita punya tips buat #MasBro dan #MbakBro yang pingin rakit PC baru buat mainin game berat cuma dengan budget 5 jutaan aja. chek it out!
1. Prosesor
Komponen pertama buat ngerakit PC buat main game yang utama ada prosesor. Prosesor ini gunanya buat ngolah segala aktivitas yang lagi jalan di PC #MasBro #MbakBro sekalian. Nah, buat rakit PC gaming 5 jutaan, kita saranin buat pilih antara prosesor AMD Ryzen 3 3200G ato Intel Pentium Gold G5400.
AMD Ryzen 3 3200G punya clockspeed 3.6Ghz sampe 4.0Ghz, cukup kenceng buat jalanin game berat. Prosesor ini termasuk APU ato prosesor yang punya kemampuan ganda, udah termasuk CPU sama GPU (pengolah grafis), jadi ga perlu beli GPU secara terpisah lagi. Harga terakhir yang kami pantau buat beli prosesor ini cuma Rp 1.376.000,00.
Buat pilihan yang lebih murah, ada Intel Pentium Gold G5400 yang punya clockspeed 3.7Ghz. Jangan salah sangka dulu #MasBro #MbakBro, prosesor ini juga banyak disaranin sama reviewer ato gamer buat dipake ngerakit PC gaming. Harganya terpantau cuma Rp 817.000,00.
2. Video Graphics Array Card (VGA Card)
Komponen yang satu ini jadi tempat ato pusat pengolahan grafis yang ada di PC #MasBro #MbakBro. Nah, VGA Card ini punya GPU sendiri di dalemnya, jadi bakal ngebantu kerja GPU bawaan. Otomatis, PC bakal lebih canggih apalagi buat jalanin game-game berat, bakal lebih mampu. Tapi ya nambah-nambahin biaya. Cuma, kalo ada budget lebih, kita saranin juga nih nambah VGA card dari AMD, PowerColor Radeon RX 570 Red Dragon dengan memori 4GB, jenisnya DDR5, dan harganya Rp 1.970.000,00 aja.
3. Motherboard
Komponen berikutnya ada motherboard, yang jadi tempat ngehubungin semua komponen penting buat jalanin PC rakitan #MasBro #MbakBro. Kalo gaada motherboard komponen lainnya cuma berdiri sendiri-sendiri, alias ga bisa jadi apa-apa, nah kalo udah disatuin pake motherboard, baru deh jadi PC yang kita kenal, bisa dinyalain, bisa dijalanin. Kita punya pilihan lagi nih buat rakit PC 5 jutaan yang bisa mainin game berat, ada MSI B450M Pro-M2 Max ato ASRock H310CM-DVS. Sebenernya dua-duanya mirip, cuma ada sedikit beda di jenis socketnya, sama beda harganya.
Kalo yang MSI B450M Pro-M2 Max ini isi socketnya ada AM4, AMD Promontory B450, DDR4, USB 3.2, sama SATA3. Harganya kami pantau di Rp 1.248.000,00.
Buat pilihan yang lebih murah bisa pake ASRock H310CM-DVS, isi socketnya ada LGA1151V2, H310, DDR4, USB 3.1, SATA3. Harganya cuma Rp 827.000,00.
4. Memori Penyimpanan
Kalo memori penyimpanan ini kayak otak manusia, buat nyimpen semua data-data yang dipake buat jalanin PCnya sendiri sampe data-data pribadi #MasBro #MbakBro. Kalo gaada ini, ya game #MasBro #MbakBro ga bisa dimainin. Ada 2 jenis juga nih buat dipilih, Colorful CN500 ato WDC 1TB.
Memori penyimpanan Colorful CN500 ini jenisnya SSD, lebih canggih dari WDC yang masih berbentuk Hardisk ato HDD. Jenis SSD udah ga pake piringan cakram sama pita magnetik kayak HDD yang otomatis jadi lebih tahan goncangan sama data-data yang kesimpen relatif lebih aman. Nah, Colorful SSD CN500 ini jenisnya M.2, kapasitasnya 240GB, tapi harganya cuma Rp 570.000,00.
Kalo memori yang WDC ini jenisnya Hardisk ato HDD, jadi masih konvensional. Tapi keunggulan HDD biasanya punya kapasitas memori yang lebih gede daripada SSD. Liat aja di HDD WDC ini punya kapasitas 1TB, jenisnya SATA3, harganya cuma Rp 664.000,00.
5. Memori RAM
Memori RAM ini dipake buat jalanin program-program aktif di PC. Gampangnya kalo kita nyalain game, nah si memori RAM ini yang jadi tempat game itu diproses. Kita kasi 2 pilihan juga nih, ada Team Elite Plus Red DDR4 PC21000 ato Patriot DDR4 Viper Elite Series PC21300.
Team Elite Plus Red DDR4 PC21000 ini udah dual-channel dengan kapasitas 16GB. Masing-masing channel punya kapasitas 8GB. Harganya cuma Rp 950.000,00.
Buat pilihan yang lebih murah bisa pilih Patriot DDR4 Viper Elite Series PC21300. Ini juga udah dual-channel dengan kapasitas 8GB, masing-masing channel 4GB. Harganya cuma Rp 648.000,00.
6. Power Supply Unit (PSU)
Sekarang masuk ke PSU. Komponen ini tugasnya ngatur dan nyalurin tegangan listrik ke komponen-komponen lain yang udah kita sebutin di atas. Ya kalo ga ada PSU, PC #MasBro #MbakBro ga bisa nyala, hehe. Kita kasi 2 pilihan nih buat jadi PSU di PC rakitan 5 jutaan. Ada Cooler Master MWE 450 White V2 80+ yang harganya Rp 560.000,00 ato be quiet! SYSTEM POWER U9 400W – 80+ Bronze Certified yang harganya Rp 680.000,00.
7. Casing
Terakhir yang ga kalah penting, ada casing. Komponen ini jadi rumah fisik buat nempatin semua komponen-komponen yang udah kita sebutin barusan. Kan gaenak diliat kalo #MasBro #MbakBro ngerakit PC tapi ga dikasih casing. Udah keliatan berantakan, komponennya jadi rentan rusak, tambah lagi malah bisa kesetrum kalo ga sengaja nyentuh komponennya. Casing PC juga nunjang penampilan sekaligus kayak yang kita bilang tadi, melindungi semua komponen PC. Sekarang sih, casing PC banyak banget pilihannya, harganya juga bervariasi banget, dari yang murah sampe yang mahalnya ngalahin beli PC jadi juga ada. Tapi kita kasih 3 pilihan casing yang lumayan cakep nih, dari tampilan sama harganya.
Ada GameMax G539 yang harganya Rp 290.000,00.
Ato Digital Alliance Gaming Case N10B yang harganya Rp 360.000,00.
Ato ada juga Powerlogic Armaggedon T5X Pro II yang harganya Rp 340.000,00.
8. Simulasi Perakitan PC 5 Jutaan Buat Main Game Berat
Nah, sekarang kita coba simulasiin ngerakit PC pake semua komponen-komponen yang tadi ya, biar #MasBro #MbakBro tau juga nih, kira-kira harganya tembus berapa nih.
Komponen | Produk | Harga |
Prosesor | AMD Ryzen 3 3200G 3.6Ghz – 4.0Ghz | Rp 1.376.000,00 |
Motherboard | MSI B450M Pro-M2 MAX | Rp 1.248.000,00 |
Memori Penyimpanan | Colorful SSD CN500 M.2 240GB | Rp 570.000,00 |
Memori RAM | Team Elite Plus Red DDR4 PC21000 | Rp 950.000,00 |
PSU | Cooler Master MWE 450 White V2 80+ | Rp 560.000,00 |
Casing | GameMax G539 | Rp 290.000,00 |
Total Harga | Rp 4.994.000 |
Nah, jadi #MasBro #MbakBro cukup ngeluarin uang Rp 4.994.000,00 buat ngerakit PC yang udah bisa mainin game-game berat. Tapi, kita juga kasi catetan nih, harga-harga itu bisa berubah, tergantung sama waktu, lokasi, juga penjual-penjualnya pribadi. Ato bisa juga, udah ada produk komponen yang lebih baru lagi dengan harga yang mungkin ga jauh beda.
Oke, jadi gitu cara #MasBro #MbakBro mainin game-game berat cuma pake PC rakit 5 jutaan. Kalo punya referensi sendiri buat lebih neken budget ato malah nambah biaya dikit buat bikin PC yang lebih canggih sih silahkan aja. selama masih sesuai sama kebutuhan buat mainin game yang dipinginin.
Gimana rakit PC versi kamu?
Udah pernah liat hasilnya ga?
Coba cari di website ini?
Kalo belum ada, silahkan daftar buat mulai nulis PC versi kamu sendiri.
Mau tanya? klik kekitaan.com/mauNULIS
Seneng bisa berbagi.
Pasti bermanfaat.
Suka menulis?
Silahkan daftar untuk menulis tentang laptop / komputer.
Sama seperti di youtube #MasBro #MbakBro akan mendapatkan penghasilan dari views.
Mari #HIDUPdariKARYA
Mau tanya? klik kekitaan.com/mauNULIS
Terimakasih
Pengalaman penulis.
Irfan, Abdurrahman. Rakit PC Gaming 5 Jutaan. https://dyp.im dibaca pukul 14:20 WIB pada hari Minggu tanggal 19 Oktober 2020.
Kata Kunci yang sering dicari
rakit pc gaming 5 jutaan 2020, merakit pc gaming 3 juta, rakit pc gaming 5 juta intel 2020, rakit pc gaming 4 jutaan 2020, rakit pc gaming murah 2019, rakit pc gaming 2020, rakit pc gaming 10 juta, pc gaming 5 jutaan intel,
Tinggalkan Balasan
Anda harus masuk untuk berkomentar.