PEREKONOMIAN INDONSIA SELAMA MASA PANDEMI

👁️8x   💬0 🕗01:10 menit

karya penulis tulisIN
Yuk mulai #hidupdariKARYA

Pandemi Covid-19 sudah hampir 13 bulan lamanya mendera Indonesia sejak pemerintah mengonfirmasi infeksi korona pertama di Indonesia pada tanggal 2 Maret 2020. Tak hanya menciptakan krisis kesehatan masyarakat, pandemi Covid-19 secara nyata juga mengganggu aktivitas ekonomi nasional.

Sejalan dengan aktivitas perekonomian yang belum pulih, penyaluran kredit juga merosot. Bank Indonesia (BI) mencatat, penyaluran kredit industri perbankan hingga akhir Desember 2020 mencapai Rp 5.482,5 triliun, masih mengalami kontraksi 2,7 persen secara tahunan (yoy). Kontraksi tersebut terjadi karena penurunan kredit kepada debitur korporasi yang belum banyak melakukan investasi.

Penghasilan masyarakat yang menurun karena pandemi menyebabkan sebagian besar sektor usaha mengurangi aktivitasnya atau tutup total. Angka pengangguran pun meningkat. Jumlah pengangguran meningkat sejumlah 2,56 juta orang menjadi 9,77 juta orang. Jumlah pekerja formal turun 39,53 persen menjadi 50,77 juta orang dari total 128,45 juta penduduk yang bekerja. Sebaliknya, jumlah pekerja informal melonjak 60,47 persen menjadi 77,68 juta orang.

Untuk mendukung pemulihan ekonomi, sepanjang tahun 2020, pemerintah telah mengalokasikan anggaran sebesar Rp 695,23 triliun untuk belanja penanganan Covid-19 dan program pemulihan ekonomi nasional (PEN). Dan strategi PEN tahun 2021 akan difokuskan pada empat kegiatan. Pertama, belanja kesehatan akan menjadi prioritas pertama, termasuk pengadaan testing, obat-obatan, alat kesehatan, insentif tenaga kesehatan dan rumah sakit, serta memastikan ketersediaan vaksin.

Punya cerita tentang lagu di atas?

ceritaIN ceritamu di sini↗️
Dan mulai menghasilkan dari tulisanmu

Seneng bisa berbagi.
Pasti bermanfaat.

Terimakasih

Kata kunci lain yang sering dicari …
tulisIN,
Rabu, 21 April 2021, Rabu 21 April 2021, Karya Siswa SMK Wikrama Bogor & Garut,
Perekonomian Indonesia DiMasa Pandemi, Perekonomian Indonesia, Masa Pandemi, Perekonomian, Indonesia, Masa, Pandemi,


Terbit

dalam

karya

Tags:

Comments

Tinggalkan Balasan