Ekonomi Indonesia Di Tengah Pandemi

Perekonomian Indonesia selama masa pandemi

Wabah Covid-19 berpotensi mengubah tatanan ekonomi dunia yang ditandai dengan berubahnya peta perdagangan dunia, selain mengakibatkan mandegnya berbagai bidang usaha. Dan penyebaran virus corona telah mengubah banyak rencana dan situasi perekonomian dunia, termasuk Indonesia. Dampak dari minusnya pertumbuhan ekonomi ini, salah satunya adalah peningkatan angka pengangguran dan penduduk miskin.

Angkanya sempat membaik, meski masih dalam kategori minus yaitu 3,Pada awal Desember 2020, Presiden Joko Widodo juga mengingatkan bahwa salah satu pekerjaan rumah yang harus segera diselesaikan adalah besarnya angka pengangguran akibat PHK selama masa pandemi Covid-19. Dalam situasi seperti ini, kebijakan pemerintah yang dinilai tak fokus pada penanganan pandemi. Pemerintah Indonesia pun sebenarnya sudah mengetahui, namun yang dilakukan justru kontradiktif di mana sebagian besar negara-negara global berfokus pada penyelesaian pandemi. Akan tetapi, Pemerintah Indonesia justru mengajak orang untuk rekreasi yang menyebabkan potensi penyebaran sangat besar akibat kebijakan tersebut. Tetapi dengan ini kita harus tetap berusaha dan bersemangat, jangan mudah untuk putus asa.


Terbit

dalam

Tags:

Comments

Tinggalkan Balasan