Perekonomian Indonesia di Masa Pandemi

Hai kawan kawan

Kalian pasti sudah tidak asing lagi mendengar kata pandemi atau covid-19 kan.

Ya, COVID-19 ini adalah virus yang sangat berbahaya. COVID-19 ini pertama kali diinformasikan di Indonesia pada 2 Mei 2020.Tidak hanya berbahaya COVID-19 ini mengganggu berbagai bidang kehidupan terutama pada bidang ekonomi.

Nah, Apa kabar dengan perekonomian Indonesia? Apakah mengalami pertumbuhan atau malah penurunan di Masa Pandemi ini?

Seperti yang sudah dibahas bahwa pandemi ini sangat berdampak pada perekonomian. Menurut beberapa riset perekonomian Indonesia mengalami penurunan. Penurunan perekonomian ini dialami karena diawal awal adanya pandemi segala aktivitas diluar rumah dibatasi. Dimana yang diperbolehkan keluar rumah hanya tim Medis dan keamanan saja.
Pembatasan atau PSBB ini membuat salah satu sektor mengalami penurunan seperti produksi, distributor,dan konsumsi. Dimana produksi mulai di kurangi dan bahkan banyak perusahaan yang tidak memproduksi barang (gulung tikar).Di bagian distributor terhambat karena PSBB ini. Konsumsi pun berkurang karena Kris perekonomian.

Dilihat dari beberapa kuartal perekonomian Indonesia Pada kuartal I 2020, pertumbuhan ekonomi masih tumbuh 2,97 persen,Akan tetapi memasuki kuartal II terkontraksi hingga 5,32 persen . Kuartal II merupakan puncak dari semua kelesuan ekonomi karena hampir seluruh sektor usaha ditutup untuk mencegah penyebaran virus SARS-CoV-2 penyebab Covid-19.

Memasuki kuartal III, saat PSBB mulai dilonggarkan, kegiatan ekonomi mulai menggeliat. Kontraksi ekonomi mulai berkurang menjadi 3,49 persen. Dengan catatan dua kuartal berturut-turut kontraksi, maka ekonomi Indonesia secara teknis masuk dalam resesi. Pada kuartal IV, Menteri Keuangan Sri Mulyani memperkirakan, ekonomi masih akan minus di kisaran minus 2,9 persen hingga minus 0,9 persen.

Dilihat dari persentase di atas perekonomian Indonesia sangat menurut.Dimana berdampak bagi perusahaan yang rugi bahkan gulung tikar, banyaknya pengangguran, kriminalitas tinggi,dan kurangnya permintaan. Penurunan perekonomian Indonesia ini harus segera diatasi agar tidak terjadi krisis ekonomi dan hal buruk lainnya.


Terbit

dalam

Comments

Leave a Reply