Salam #MasBro dan #MbakBro
Jaman sekarang, siapa sih yang gak punya smartphone? Hampir tiap orang yang kita temuin sehari-hari pasti ngantongin smartphone. Makin kesini juga fitur-fiturnya makin canggih, harganya pun makin terjangkau. Ngomongin soal smartphone dengan harga terjangkau, siapa sih yang gak kenal produsen smartphone asal Tiongkok satu ini, Xiaomi? Apalagi buat #MasBro dan #MbakBro yang jadi Mi-Fans, pasti tau lah ya. Baru-baru ini, Xiaomi ngeluarin produk terbarunya Poco X3 NFC yang justru terkesan nantang sodaranya sendiri yang belum lama juga rilis, Redmi Note 9 Pro. Apalagi spek sama harganya bener-bener setara buat diadu. Jadi #MasBro #MbakBro yang Mi-Fans, buat Redmi Note 9 Pro vs Poco X3 NFC, harus pilih mana nih?
9++ Perbandingan Smartphone Xiaomi Redmi Note 9 Pro VS Poco X3 NFC
Kedua smartphone ini Xiaomi keluarin dalam rentang waktu yang gak begitu jauh. Redmi Note 9 Pro rilis pada tanggal 12 Maret 2020, sementara Poco X3 NFC baru saja rilis pada tanggal 15 Oktober 2020. Tapi yang bikin heboh itu karna keduanya ini punya fitur yang gak jauh beda, sama-sama terbaik buat smartphone 3 jutaan. Malah sebenernya kedua smartphone ini hampir seimbang. Biasanya produsen smartphone itu kan nyoba bikin produk unggulan buat ngelawan produk dari produsen lain. Tapi munculnya Poco X3 NFC ini malah jadi kayak pingin ngelawan kakaknya sendiri. Nah, sekarang kita mau nyoba bahas satu-persatu dari beberapa aspek buat liat apa aja bedanya, keunggulannya, dan kelemahannya dari masing-masing smartphone ini. Simak terus!
1. Design
Dari segi tampilan ato design, Redmi Note 9 Pro keliatan lebih simpel dan cenderung mengotak, ngehasilin kesan tampilan yang lebih tegas dan elegan. Sementara Poco X3 NFC cenderung lebih membulat, ngehasilin kesan muda dan fun.
Susunan kamera Redmi Note 9 Pro membentuk persegi, dengan tambahan flash kamera pada bagian bawah. Bagian belakangnya berbahan dasar kaca dengan frame samping plastik. Panel belakangnya terbagi jadi 2 warna terang dan gelap dengan gradasi pemisah horizontal yang terlihat tegas. Ada juga tulisan Redmi kecil di tengah bagian bawah bagian belakang nambahin kesan simpel dan elegan. Redmi Note 9 Pro punya 4 pilihan warna, Glacier White (Putih), Interstellar Grey (Abu-abu), Tropical Green (Hijau), dan Aurora Blue (Biru).
Susunan kamera dan flash kamera Poco X3 NFC membentuk pola seperti titik pada dadu angka 5, dibalut sama kaca berbentuk seperti oval. Bentuk Oval tersebut, menjadi terlihat bulat sempurna berkat tambahan design lengkungan pada bagian atas dan bawahnya. Bagian belakang Poco X3 NFC berbahan dasar plastik dengan frame alluminium. Berbeda dengan siluet gradasi Redmi Note 9 Pro yang lurus horizontal, Poco X3 NFC melintang vertikal di tengah dengan tekstur garis-garis diagonal. Ada juga siluet tulisan POCO yang besar di bagian bawah. Poco X3 NFC punya 2 varian warna Cobalt Blue (Biru) sama Shadow Grey (Abu-abu gelap).
Sementara bagian depan 2 smartphone ini agak mirip, sama-sama pake kamera depan model punch-hole pada bagian tengah atas. Tapi Redmi Note 9 Pro punya list bagian bawah ato dagu yang lebih lebar sedikit daripada Poco X3 NFC. Soal design sih relatif sesuai sama #MasBro dan #MbakBro sukanya yang mana, cuma kalo kita ngeliat bahan dasarnya, Redmi Note 9 Pro lebih unggul karna pake kaca yang emang jadi keliatan lebih premium.
2. Dimensi
Redmi Note 9 Pro ato Poco X3 NFC sama-sama memiliki layar 6,67″. Nah, buat Redmi Note 9 Pro, layar itu terbalut dalam ukuran body 165.8mm x 76.7mm x 8.8 mm dengan bobot 209g. Sementara Poco X3 NFC memiliki ukuran body 165.3mm x 76.8mm x 9.4 mm dengan bobot 215g. Artinya Redmi Note 9 Pro lebih panjang 0,5mm tapi lebih tipis sekitar 4mm, juga lebih ringan sekitar 6g daripada Poco X3 NFC. Spesifikasi layar kedua smartphone ini juga sama persis. Soal dimensi, Redmi Note 9 Pro lebih unggul daripada Poco X3 NFC.
3. Chipset
Redmi Note 9 Pro pake prosesor Qualcomm Snapdragon 720G, Poco X3 NFC pake prosesor Qualcomm Snapdragon 732G. Huruf G ini punya maksud performa buat main game. Dua-duanya udah Octa-core dengan performa grafis yang tinggi. Kalo ngebandingin langsung, Snapdragon 732G keluar 7 bulan setelah Snapdragon 720G, juga punya poin pengolah grafis yang lebih tinggi daripada Snapdragon 720G.
Kalo secara data Snapdragon 732G punya frekuensi pengolah grafis yang lebih tinggi 27% aja daripada Snapdragon 720G. Tapi sebenernya performanya itu ga jauh-jauh amat, cuma beda tipis, dan ga bakal kerasa banget bedanya. Buat jalanin aplikasi ato mainin game-game hits terbaru kayak Mobile Legend, PUBGm, CoDM, ato Genshin Impact juga masih sama-sama mampu dengan lancar. Tapi dengan chipset ato prosesor Snapdragon 732G, Poco X3 NFC memang lebih unggul.
4. Layar
Buat resolusi layar 6,67″ dua smartphone ini sebenernya sama persis, 1080 x 2400 pixel dengan kepadatan sampe 395 pixel per-inch (ppi). Dua-duanya juga pake layar IPS LCD dengan balutan Corning Gorilla Glass 5. Nah, yang bikin Poco X3 NFC jauh lebih unggul itu ada di refresh rate ato rasio penyegaran layarnya. Poco X3 NFC punya refresh rate sampe 120Hz, beda sama Redmi Note 9 Pro yang mentok cuma sampe 60Hz. Hasilnya ya Poco X3 NFC punya gerakan layar yang lebih halus. Beda refresh rate nya ini bakal kerasa banget kalo lagi geser-geser menu, liat-liat sosmed, apalagi pas lagi main game. Jadi, dari segi layar, Poco X3 NFC jauh lebih unggul.
5. Kamera
Buat kamera belakang, lensa utama sama lensa depth–sensor dua smartphone ini sih sama aja, ga ada beda. Dua-duanya punya resolusi lensa utama 64MP wide, lensa depth-sensor 2MP. Resolusi lensa makro sama lensa ultrawide nya yang beda. Buat lensa makro, Redmi Note 9 Pro punya resolusi 5MP lebih unggul daripada punya Poco X3 NFC yang cuma 2MP. Tapi buat resolusi lensa ultrawide Redmi Note 9 Pro cuma 8MP kalah dari Poco X3 NFC yang sampe 13MP.
Fitur-fitur utama kamera dua-duanya juga hampir sama persis. Sama-sama ada mode HDR, Panorama, sama bisa ngerekam sampe resolusi 4K @30fps. Semua itu pake bantuan software yang hasilnya kurang lebih sama. Fitur fisiknya yang agak beda, Poco X3 NFC punya dual-LED flash sementara Redmi Note 9 Pro cuma ada 1 LED Flash.
Buat kamera depan, Poco X3 NFC lebih unggul karna punya resolusi 20MP, sementara Redmi Note 9 Pro cuma 16MP. Dua-duanya jenis lensa wide, punya fitur HDR, Panorama yang sama, juga sama-sama bisa ngerekam sampe 1080p @30fps. Jadi secara keseluruhan, kita ngeliat Poco X3 NFC sebenernya lebih unggul dari segi kamera.
6. Battery
Lanjut ngomongin soal daya, Poco X3 NFC juga lebih unggul daripada Redmi Note 9 Pro. Poco X3 NFC punya kapasitas batere 5160mAh, sedikit lebih gede daripada Redmi Note 9 Pro yang cuma 5020mAh. Dari pengetesan juga Poco X3 NFC juga diklaim bisa sampe 125jam, lebih lama dari Redmi Note 9 Pro yang sampe 123jam aja. Tenaga pengisian Poco X3 NFC juga lebih cepet, karna punya fitur fast charging sampe 33W, sementara fast charging Redmi Note 9 Pro cuma sampe 30W. Kita kasi gambaran buat #MasBro #MbakBro bayangin seberapa cepet pengisian dayanya, Poco X3 NFC bisa ngisi sampe 62% dari 0 cuma dalam waktu 30 menit.
7. Fitur Lainnya
Buat fitur lainnya sebenernya dua smartphone ini juga mirip-mirip. Kapasitas memori varian tertingginya 128GB dengan RAM 8GB, punya sensor IR Blaster yang bisa buat remote, sensor fingerprint model samping sekaligus jadi tombol power, fitur keamanan deteksi wajah (AI Face Unlock), sensor accelerometer, gyroscope, proximity, dan compass, penangkap sinyal radio, USB model type-C, headphone jack, dan yang agak penting buat jaman sekarang, sama-sama punya NFC. Tapi, kita coba jelasin juga, apa aja fitur lainnya dari Redmi Note 9 Pro sama Poco X3 NFC yang jadi keunggulan masing-masing smartphone ini.
Mulai dari Poco X3 NFC, kabarnya bakal dapet update software terbaru, MIUI 12 lebih duluan daripada Redmi Note 9 Pro. Walaupun Poco pake Poco-Launcher buat nama UInya, sebenernya basisnya sama-sama MIUI. Buat MIUI 12 nanti, Poco bakal pake nama Poco-Launcher 2.0. Poco X3 NFC juga punya speaker yang udah stereo ganda yang udah bersertifikasi Hi-Res Audio, punya sertifikasi IP53 yang anti cipratan air dan debu, sama punya fitur getaran 4D yang bikin impresi main game lebih asik. Nah, Redmi Note 9 Pro ga punya semua fitur lain unggulan Poco X3 NFC ini.
Sementara fitur lainnya yang jadi unggulan Redmi Note 9 Pro dan Poco X3 NFC ga punya, menurut kami cuma model sim-tray nya aja nih. Redmi Note 9 Pro pake model sim-tray yang dedicated slot ato triple-slot yang bisa nampung 2 kartu SIM tambah 1 kartu memori tambahan sampe 512GB. Sementara Poco X3 NFC cuma pake model sim-tray model hybrid, jadi ada 1 slot kartu SIM utama tambah 1 slot yang mesti #MasBro #MbakBro pilih, mau pasang SIM kedua ato kartu memori tambahan. Jadi kalo mau pasang kartu memori tambahan, mesti ngerelain cuma pasang 1 kartu SIM aja. Ato sebaliknya, mau pake 2 kartu SIM, tapi ga bisa pasang kartu memori.
8. Harga
Buat varian memori 64GB dan RAM 6GB semua warna, Redmi Note 9 Pro punya harga jual Rp 3.298.000,00, sementara Poco X3 NFC punya harga jual lebih murah, Rp 3.099.000,00 aja.
Ada juga varian memori 128GB dan RAM 8GB semua warna, Redmi Note 9 Pro punya harga jual Rp 3.699.000,00, sementara Poco X3 NFC punya harga jual yang juga lebih murah, Rp 3.499.000,00.
Buat harga segitu #MasBro sama #MbakBro bisa ngedapetin unit smartphonenya, adaptor charger, kabel USB type-C, casing pelindung anti bakteri, pelindung layar, alat sim ejektor, buku panduan, dan kartu garansi yang langsung tersimpan dalem kotaknya.
9. Spesifikasi Umum
Nah, kita kasi daftar spesifikasi umumnya juga nih buat #MasBro sama #MbakBro baca sendiri, bisa langsung geser-geser aja :
Oke, jadi gitu perbandingannya #MasBro #MbakBro antara Redmi Note 9 Pro VS Poco X3 NFC. Masing-masing punya kelebihan dan kekurangannya sendiri. Yang pasti dua-duanya masih bisa banget jalanin aplikasi ato game terbaru 2020, bahkan mungkin bakal lancar terus sampe beberapa taun kedepan. Sekarang tinggal #MasBro sama #MbakBro tentuin sendiri mana yang jadi pemenang, dari tampilan sampe fitur-fitur yang paling sesuai sama kebutuhan. Jangan lupa juga, cocokin harganya sama kemampuan kantong #MasBro dan #MbakBro sekalian.
Smartphone Xiaomi apa yang mau kamu bandingin?
Udah coba cari hasilnya?
Coba cari di website ini?
Kalo belum ada, silahkan daftar buat mulai perbandingan smartphone versimu sendiri.
Mau tanya? klik kekitaan.com/mauNULIS
Seneng bisa berbagi.
Pasti bermanfaat.
Suka menulis?
Silahkan daftar untuk menulis tentang laptop / komputer.
Sama seperti di youtube #MasBro #MbakBro akan mendapatkan penghasilan dari views.
Mari #HIDUPdariKARYA
Mau tanya? klik kekitaan.com/mauNULIS
Sumber Tulisan
Pengalaman penulis.
https://www.mi.co.id dibaca pukul 08:01 WIB pada hari Rabu tanggal 22 Oktober 2020.
https://nanoreview.net dibaca pukul 10:00 WIB pada hari Rabu tanggal 22 Oktober 2020. https://www.gsmarena.com dibaca pukul 10:21 WIB pada hari Rabu tanggal 22 Oktober 2020.
Kata Kunci yang sering dicari
Xiaomi Redmi Note 9 Pro vs Poco X3 NFC, Redmi Note 9 Pro vs Poco X3 NFC, Redmi Note 9 Pro, Poco X3 NFC, Redmi Note 9 vs Poco X3, Redmi 9 vs Poco X3, fitur Redmi Note 9 Pro, spesifikasi Redmi Note 9 Pro, harga Redmi Note 9 Pro, keunggulan Redmi Note 9 Pro, kekurangan Redmi Note 9 Pro, fitur Poco X3 NFC, spesifikasi Poco X3 NFC, harga Poco X3 NFC, keunggulan Poco X3 NFC, kekurangan Poco X3 NFC, Xiaomi Redmi Note 9 Pro, Xiaomi Poco X3 NFC, perbandingan smartphone, komparasi smartphone, perbandingan hape, komparasi hape, komparasi Redmi Note 9 Pro lawan Poco X3 NFC,
Tinggalkan Balasan
Anda harus masuk untuk berkomentar.