Menulis Artikel Dapat Uang
Cari arti kata KBBI?
1-9 A B C D E F G H I J K L M N O P Q R S T U V W X Y Z
Suka menulis?
Mau menulis menghasilkan uang?
Silahkan menulis di tulisIN klik disini.
Salam #MasBro #MbakBro
Ada 2 alasan utama yang menyebabkan seseorang “pensiun” blogging:
- Kehabisan topik.
-
Blognya selalu sepi.
Ketika baru memulai blogging, kita semua masih rajin menerbitkan artikel. Ada yang rutin menerbitkan setiap hari, ada juga yang beberapa kali seminggu, ada yang seminggu sekali, dan lainnya.
Tapi ketika sudah menerbitkan banyak artikel, tetap tidak ada pengunjung.
Hal bisa jadi bukan salah isi artikel atau caramu mempromosikan artikel. Melainkan kesalahan dalam pemilihan topik.
Memang tidak semua topic ditakdirkan untuk menjadi populer. Meskipun kamu sudah mengincar keyword dengan volume pencarian tinggi dan persaingan rendah. Jadi, sebelum kamu pensiun dengan alasan tadi, kamu perlu mempelajari cara mendapat topik konten yang dijamin akan populer.
Strategi yang akan kita gunakan
Seperti yang sudah dijelaskan tadi, meskipun memiliki volume pencarian yang tinggi di Google Keyword Planner, suatu topik tidak menjamin kepopulerannya.
Justru mencari topik dari GKP itu strategi terburuk utuk blog baru. Begitu juga dengan search di Google. Kenapa?
Pertama, untuk keyword dengan volume tinggi pasti akan adan persaingan yang berat. Blog baru akan sulit ditemua di tengah persaingan yang berat.
Kedua, keyword bervolume rendah mungkin tidak akan populer ketika dipromosikan.
Padahal, seperti yang dijelaskan dalam panduan meningkatkan pengunjung blog, agar bisa kuat secara SEO maka konten harus populer terlebih dulu.
Inilah yang akan menjadi strategi kita, temukan topic yang sudah terjamin populer. Kemudian buat konten yang 10 kali lipat lebih baik daripada sainganmu dan promosikan dengan benar.
Inilah cara mencari topik.
Menulis Artikel Dapat Uang dengan 7++ Cara Menemukan Topik Populer
Topik memegang peranan yang penting. Sebagus apapun artikelmu, kalau topiknya yang dibahas tidak menarik tetap akan percuma.
Kita tidak boleh main asumsi atau tebak-tebakan saja. Kita akan mencari topic yang terbukti akan atau pernah populer.
Sebelum itu, saya akan memberi tahu bahwa topic yang ditemukan mungkin akan terinspirasi dari blog lain. Meskipun topiknya sama, namun isinya tidak boleh sama.
1. Forum, Grup FB, Komunitas G+
Salah satu ciri utama bahwa sebuah topik akan populer adalah topic tersebut sering ditanyakan orang-orang di situs komunitas.
Ketiga, jenis situs komunitas ini adalah juaranya. Sebenatnya artikel ini juga terinspirasi dari situs komunitas.
Pertama, jika kamu sebagai blogger belum bergabung ke situs komunitas, segera cari yang berhubungan dengan topic blogmu kemudian ikut gabung di dalamnya.
Punya blog otomotif? Gabunglah ke grup otomotif.
Punya blog teknologi? Gabunglah ke grup teknologi.
Untuk mencari grup yang tepat di Facebook, ketika di kolom pencarian: “Groups about [topik]“. Masukkan [topik] sesuai topik utama blogmu, dalam Bahasa Indonesia juga tidak masalah.
Sedangkan untuk mencari forum, gunakanlah Google dengan kata kunci “forum [topik]“.
Kemudian di dalam komunitas, kamu akan menemuan banyak pertanyaan dari anggotanya. Semakin banyak like atau komentar, maka semakin populer topik tersebut.
Pertanyaan ini sering ditanyakan dalam salah satu grup mengenai SEO:
Karena itu saya membuat artikel tentang SEO toko online ini…dan sampai sekarang menjadi salah satu artikel terpopuler yang saya terbitkan.
Padahal di Google Keyword Planner, tidak ada apa-apanya:
Itu sebabnya situs komunitas lebih baik daripada GKP.
Mau cara dapat uang dari menulis?
Menulis disini aja.
tulisIN karya yang kita sukai dan bermanfaat buat orang lain.
Buat karyamu sendiri dengan menulis.
Yuk mulai #hidupdariKARYA.
2. Quora dan Reddit
Quora adalah situs tanya-jawab sedangkan Reddit adalah situs komunitas.
Keduanya menggunakan Bahasa Inggris sebagai bahasa utama, keduanya juga merupakan situs terbesar dalam kategorinya masing-masing.
Ada yang unik dari kedua situs ini jika dibandungkan dengan situs forum biasa, yaitu adanya sistem voting.
Bila ada topic atau suatu diskusi yang banyak disukai orang lain, mereka bisa me-vote topic tersebut. Semakin tinggi angka vote, maka semakin populer juga topiknya.
Misalnya kamu ingin membuat sebuah artikel mengenai produktivitas, namun tentu jika sekedar menulis “cara meningkatkan produktivitas” sudah terlalu basi untuk dibahas.
Kita bisa mendapatkan inspirasi dari kedua situs ini.
Jadi lebih menarik, kan?
Pertanyaan pertama memiliki 164 jawaban dan 1400 vote. Pertanyaan kedua memiliki 310 jawaban dan 15300 follower. Sudah terbukti bahwa ini populer.
Tidah jauh berbeda dengan Reddit. Hanya perlu search dengan kata kunci yang diinginkan:
Karena komunitasnya lebih besar, Reddit biasanya punya lebih banyak diskusi dalam berbagai topik.
Tapi sayangnya situs ini diblokir oleh pemerintah kita yang tercinta. Jadi kalau anda tidak punya akses menuju Reddit, cukup gunakan Quora.
3. Dapatkan inspirasi dari blog lain
Teknik ini sudah sering dilakukan para blogger.
Namin biasanya masih dengan cara yang salah. Ada yang langsung ikut-ikutan menulis semua topik dari blog yang mereka tiru, ada juga yang salah memilih topic.
Ikuti tahap ini agar kamu tidak salah memilh.
Pertama, temukan satu atau lebih blog yang memilki topik yang sama atau mirip dengan milikmu. Gunakan Google, masukkan kata kunci “blog [topik]”, kemudian pilih blog yang benar-benar populer.
Saya akan menggunakan StrategiManajemen sebagai contoh.
Kedua, kunjungi SocialCount atau QuickSprout dan masukkan alamat blog tadi.
Tunggulah beberapa menit, prosesnya akan lebih lama untuk website yang punya banyak halaman.
Itulah konten terpopuler dari websitenya.
Dari sini, kamu akan mendapat ide. Konten apa yang mendapat banyak share dari social media.
Masih sah saja jika kamu terinspirasi dari orang lain, namun tetap harus berhati-hati.
Ketika membuat konten dalam topic yang sama dengan blog sumber inspirasimu, sangan sampai isinya sama walaupun ditulis dengan kalimat berbeda.
Karena kalaupun kamu nemulis ulang, konten kamu akan jadi lebih jelek daripada milik mereka.
Kalau seperti itu, akan sangat sulit kontennya jadi populer.
4. Intip buku terpopuler di Amazon Kindle
Jika blog menjadi sebuah buku, makan konten itu seperti bab atau sub-bab.
Kalau kita memiliki blog dalam suatu topik, kita bisa mencari buku populer dalam topik tersebut dan melihat apa yang dibahas di dalamnya.
Kamu bisa mampir ke toko buku terdekat atau lihat buku online terbesar di dunia; Amazon.
Masuk ke kategori Kindle eBooks di Amazon.
Lalu masukkan topic utamamu di kolom pencarian.
Dalam contoh ini saya pakai “paleo diet” .
Selanjutnya pilih salah satu buku terpopuler.
Tidak perlu dibeli, klik saja pada gambar sampulnya.
Kemudian kamu akan diperlihatkan beberapa halaman awal dari buku yang kamu klik. Hampir semua buku untuk Kindle di Amazon akan memperlihatkan bagian ini:
Yap, bagian daftar isi.
Ini yang bisa kamu gunakan sebagai inspirasi untuk topik kontenmu. Karena berasal dari buku paling populer di dunia, maka topik dari daftar isinya sudah terjamin.
5. Intip isi kursus online terpopuler di Udemy
Udemy merupakan salah satu situs kursus online terbesar di dunia. Prinsipanya mirip dengan teknik nomor 4.
Bedanyam di Udemy kursus yang populer lebih ke ilmu “teknologi”. Misalnya programming, SEO, digital marketing, fotografi, desain grafis, dan lainnya.
Meskipun ada yang non-teknologi seperti kesehatan dan fitness, tapi untuk topic ini lebih lengkap di Amazon.
Pertama, cari kata kunci yang kamu pilih.
Dalam contoh ini saya gunakan “photography”.
Kemudian pilih salah satu kursus terpopuler dari hasil pencarian.
Selain judul dan rating, kamu juga perlu memperhatikan jumlah lectures. Klik salah satu yang menurutmu tepat.
Kemudian scroll ke bawah, kita akan diperlihatkan daftar isinya:
Teknik nomor 4 dan 5 ini sangat efektif apabila konten dari blog anda berupa panduan.
Dengan menggunakan daftar isi buku dan kursus online saja anda sudah bisa membuat artikel-artikel seri panduan yang berisi beberapa bab seperti di halaman ini.
6. Temukan konten terpopuler dalam suatu topik umum
Ada sebuah tool freemium yang bisa dimanfaatkan untuk yang ini.
Salah satu fungsinya adalah untuk mencari konten yang mendapat paling banyak share di social media untuk kata kunci yang kamu masukkan.
Untuk alternatif, kamu bisa menggunakan Ahrefs Content Explorer.
Kamu hanya perlu masuk ke salah satu dari kedua website. Kemudian masukkan data kunci yang kamu inginkan.
Meski mirip dengan mencari lewat Google, namun daru BuzzSumo biasanya kita diberikan konten yang berbeda satu sama lain.
7. Pinterest, gudangnya ide
Pinterest merupakan jaringan sosial yang unik.
Orang yang aktif di situs ini bukan untuk menulis status atau melihat foto orang terdekatnya, melainkan untuk mencari bacaaan menarik.
Maka, sangat mudah untuk menemukan artikel yang populer di Pinterest.
Terlebih karena Pinterest memang didesain sebagai sumber ide, fitur search di Pinterest sangat efektif untuk menemukan bacaan yang menarik hanya dari 1 keyword.
Dengan mencari lewat Pinterest, hasilnya akan jauh lebih beragam.
Ada juga statistik yang mendukung seperti jumlah Re-pin dan Like.
Memproses sebuah ide menjadi konten
Inti utama ini sebenarnya sudah selesai.
7 teknik di atas merupakan cara terbaik untuk menemukan ide topik konten yang benar-benar sudah populer. Jadi sebelum mulai membuat pun anda sudah yakin bahwa ini akan jadi populer.
Tapi…
Itu hanya kalau anda berhasil membuat konten yang kualitasnya lebih bagus daripada yang sudah ada.
Yang sering terjadi seperti ini:
- Simpan konten yang menarik dari 1 blog
- Buat artikel baru di blog sendiri
- Ubah urutan poin 1, 2, 3 dst. dari konten aslinya
- Tulis ulang setiap kalimatnya tanpa merubah arti
Dijamin tidak akan berhasil.
Memang benar bahwa artikel menjadi unik karena tidak sama dengan yang lain, namun intinya tetap sama.
Bayangkan, kamu berada di kelas, 2 orang temanmu presentasi secara bergiliran.
Setelah teman pertwama selesai, ternyata teman kedua melakukan presentasi dengan samap persis. Hanya urutan dan kalimat yang diubah.
Apakah teman sekelasmu akan tetap mendengarkan?
Tidak akan…semua orang di kelas tadi bakal protes.
Meskipun semua kalimat berbeda 100% tetapi tidak ada informasi baru yang berharga bagi pendengar/pembaca.
Jadi, beginilah cara membuat kontennya…
Setelah kamu menentukan salah satu topik, temukan minimal 5 artikel terbaik dalam topik yang sama, kemudian baca semuanya.
Perhatikan apa yang berbeda dan apa kekurangannya.
Buat konten baru yang informasinya:
- Baru & berbeda (bukan cuma urutan dan kalimatnya)
- Jauh lebih lengkap
- Lebih menarik dan mudah untuk dipahami
Panduan lebih lanjut mengenai ini dijelaskan dalam metode KTP.
Terakhir, konten sebaik apapun tidak akan pernah jadi populer apabila tidak dipromosikan. Maka dari itu pastikan anda mempromosikan konten setelah diterbitkan.
Punya cerita tentang pengalaman menulis?
Silahkan komen dibawah ya.
Apapun mesin pencarinya.
kekitaan sumbernya.
Semoga bermanfaat.
Seneng bisa berbagi.
pasangIN iklanmu di sini!
GRATIS iklan pertama.
Bonus review produk untuk 27 pengiklan pertama.
Terimakasih
. panduanim.com. 8 Cara Menemukan Topik Konten untuk Blog yang Terjamin Akan Menjadi Populer dibuka pukul 19.27 WIB pada hari Senin tanggal 17 Januari 2022
karya penulis tulisIN
Yuk mulai #hidupdariKARYA
Kata kunci lain yang sering dicari …
tulisIN, Januari 2022, Januari, 2022,
Menulis Artikel Dapat Uang,
mulai tulisIN
Bergabung
Daftar & konfirmasi untuk mulai menulis.
Berkarya
Tulis tema bebas ato pilih yang disediain.
Berbagi
Bagiin karyamu untuk semakin menghasilkan.
mulai tulisIN
Ratusan Ribu++ Pemirsa
tulisIN adalah media menulis asli Indonesia yang siap bersaing global dengan ribuan penulis yang udah berkarya.
Siapapun Bisa Gabung
Menulis lewat hape ato laptop bisa. Siapapun, kapanpun, dimanapun silahkan buat karya aja.
tulisIN Apapun Bisa Terbit
Menulis lewat hape ato laptop bisa. Siapapun, kapanpun, dimanapun silahkan buat karya aja.
Cairin Hasil Kapan Aja
maksimalin karyamu dengan sebarIN. Ga perlu nunggu lama bisa cairin uang buat keperluan #MasBro #MbakBro.
Media Belajar ajarIN
Asah kemampuan digital dengan ajarIN. Mulai dari belajar iklan, konten, media sosial, SEO, dan website.
sebarIN karyamu!!!
Pertama, baca ulang karyamu.
Lalu sebarIN ke temen dan keluarga khususnya media sosial…
Dan… ikuti panduan buat maksimalin.
FAQ hidup dari KARYA?
Apa itu #hidupdariKARYA?
Setuju ga sih kalo karya selesaiin masalah?
Dengan berkarya kita bisa selesaiin masalah disekitar kita. Pada saat bersamaan kita menghasilkan lewat karya kita. Dalam hal ini, kita mulai tulisan. Kami berharap kedepannya kreator bisa hidup 100% dari karya nya.
Selengkapnya…
#GimanaCara mulai Menulis Dapat Uang?
Silahkan klik link ini dan konfirmasi akunmu.
Aku udah daftar nih tapi kok belum ada diverifikasi ya?
Kita perlu waktu agar bisa menjangkau semua kreator. Silahkan konfirmasi ulang dengan klik link ini.
#GimanaCara aku bisa menghasilkan uang dengan karya ku?
- Berkaryalah rutin.
Fokus aja berkarya, pemasaran serahin sama kita.
Ada yang berkarya harian, mingguan, dan bulanan. - Berkarya sebanyak mungkin dengan kualitas sebaik mungkin.
Karna besarnya penghasilanmu tergantung karyamu. - Kenali pemirsa (viewers)
Membuat sesuatu yang kita suka dan bisa itu bagus.
Tapi perhatiin penikmat kontenmu
Masih ada pertanyaan lain?
Silahkan komentar dibawah.
Tinggalkan Balasan
Anda harus masuk untuk berkomentar.