Menara Eiffel

Menara Eiffel adalah menara besi yang terletak di Champ de Mars di Paris. Dibangun pada tahun 1889, telah menjadi ikon global Prancis dan salah satu monumen yang paling dikenal di dunia. Menara ini merupakan bangunan tertinggi di Paris dan merupakan monumen berbayar yang paling banyak dikunjungi di dunia; jutaan orang menaikinya setiap tahun.
Dinamai sama dengan nama perancangnya, insinyur Gustave Eiffel, menara ini dibangun sebagai pintu masuk ke Pameran 1889 di Dunia. Menara ini berdiri setinggi 324 meter (1.063 kaki), tingginya sama dengan bangunan 81 lantai. Setelah selesai, ia melampaui Monumen Washington untuk mengambil alih struktur tertinggi buatan manusia di dunia, sebuah judul yang dipegangnya selama 41 tahun, sampai Gedung Chrysler di New York City dibangun pada tahun 1930; Namun, karena penambahan antena pada tahun 1957, menara ini sekarang lebih tinggi dari pada Chrysler Building. Tidak termasuk antena siaran, ini adalah struktur tertinggi kedua di Prancis setelah Jembatan Millau 2004.
Menara ini memiliki tiga tingkat untuk pengunjung. Tiket dapat dibeli untuk naik, dengan tangga atau lift, ke tingkat pertama dan kedua. Jalan kaki ke tingkat pertama adalah lebih dari 300 langkah, seperti juga jalan kaki dari yang pertama sampai tingkat kedua. Tingkat ketiga dan tertinggi hanya bisa diakses dengan lift. Baik tingkat pertama dan kedua menampilkan restoran.
Menara ini telah menjadi simbol paling menonjol dari Paris dan Prancis, seringkali digunakan untuk pembuatan syuting film.


Terbit

dalam

Tags:

Comments

Tinggalkan Balasan