Hari ini tepatnya senin, 19 April 2021, saya produktif seperti biasanya. Sekolah online dimulai dari jam 08:00 sampai 11:15. Hari ini, saya mempelajari mengenai materi dan perubahannya. Untuk menambah wawasan dan pengetahuan teman-teman, saya akan membagi ilmu yang saya pahami kepada kalian semuanya. Yuk langsung saja kita bahas!
A. Pengertian Materi
Materi adalah sesuatu yang memiliki masa dan volume serta menempati ruang. Adapun contohnya yaitu benda-benda di sekitar kita misalnya meja, kursi, buku, air, pensil, pulpen dan lain sebagainya yang menempati ruang serta memiliki massa dan volume.
B. Macam-macam Materi
Ada 3 macam bentuk materi, yaitu:
Zat Padat
Zat padat adalah materi yang mempunyai bentuk dan volume tertentu. Materi dalam wujud padat misalnya : baja, batu dan kapur.
Zat Cair
Zat cair mempunyai volume tertentu dan zat cair akan berbentuk seperti wadah yang ditempatinya karena Zat cair digambarkan sebagai fluida. Fluida adalah zat dengan molekul-molekul yang bergerak bebas saling melewati sehingga menyesuaikan bentuk wadahnya. Misalnya air, minyak goreng, bensin solar, dan lain sebagainya.
Zat Gas
Gas adalah wujud materi yang mudah berubah bentuk dan volumenya. misalnya : udara, gas bumi, gas elpiji, uap air, gas kapur, dan lain-lain.
D. Perubahan Materi
Perubahan materi sangat bergantung kepada energi. Karena energi merupakan penyebab utama terjadinya perubahan materi. Perubahan terjadi karena berubah masanya, volumenya, wujudnya, dan lain lain. Para ahli mengelompokan menjadi 2 yaitu :
Perubahan Fisika
Perubahan fisika merupakan perubahan materi yang tidak disertai terjadinya zat baru, tidak berubah zat asalnya hanya terjadi perubahan wujud, perubahan bentuk atau perubahan ukuran. Contohnya jika air dipanaskan berubah menjadi uap air, sedangkan jika air didinginkan maka air akan membeku menjadi es. Es, air, dan uap adalah zat yang sama. Hanya saja wujudnya yang berbeda.
Perubahan Kimia
Perubahan kimia merupakan perubahan zat yang menyebabkan terjadinya zat yang jenisnya baru. Perubahan kimia selanjutnya disebut reaksi kimia. Contohnya kertas dibakar berubah menjadi abu, pembuatan tape dengan proses peragian atau fermentasi dalam hal ini singkong menjadi tape, dan besi berkarat.
Nah, mungkin hanya itu saja yang dapat saya share mengenai pancakaki kepada teman-teman semuanya. Semoga bermanfaat yaaa. Jika ada yang kurang atau kesalahan mohon dikoreksi dengan komen di bawah ini!
Tinggalkan Balasan
Anda harus masuk untuk berkomentar.