Hallo
Kamu tau Ngga madu memeliki manfaat bagi tubuh lho. Apa aja sih manfaat nya?
Yuk langsung aja simak sampai bawah.
Madu adalah satu bahan alami yang sering digunakan sebagai pemanis. Selain enak dan rasanya yang manis, cairan kental yang dihasilkan lebah ini menyimpan beragam manfaat bagi kesehatan tubuh.
Di samping gula yang membuatnya terasa manis, madu mengandung banyak sekali senyawa aktif, seperti vitamin A (retinol), vitamin E (tocopherol), vitamin K, vitamin B kompleks, vitamin C, serta flavonoid, asam fenolik, dan karotenoid. Kandungan tersebut juga terdapat pada produk lain yang dihasilkan lebah, seperti propolis.
Manfaat Madu Bagi Tubuh
Agen Antibakteri
Kandungan hidrogen peroksida dan tingkat keasaman alami pada madu terbukti dapat mencegah proses pertumbuhan bakteri. Karena itu, madu menjadi salah satu bahan alami yang terbukti efektif dalam mempercepat proses penyembuhan luka serta mengatasi keluhan di lambung.
Melegakan Tenggorokan
Khasiat madu yang satu ini dikaitkan dengan sifat antiradang dari madu itu sendiri. Ini disebabkan oleh kandungan flavonid dan jenis polifenol lain dengan cara menghambat hormon pemicu peradangan dalam tubuh.
Meski demikian, madu tidak dianjurkan oleh anak di bawah usia satu tahun. Alasannya, anak di usia tersebut belum memiliki saluran cerna yang kuat sehingga belum mampu mencerna kontiminasi tertentu pada madu.
Menurunkan Tekanan Darah
Madu sangat kaya akan kandungan senyawa fenolik yang telah terbukti sangat berkontribusi terhadap kesehatan manusia, termasuk menurunkan tekanan darah. Nah, bagi yang memiliki tekanan darah tinggi, sebaiknya rutin untuk mengkonsumsi madu.
Bantu Penyembuhan Luka
Khasiat madu bagi tubuh selanjutnya adalah sebagai penyembuhan luka. Bahkan, satu penelitian menunjukkan tingkat kebersihan madu, yaitu 43,3% yang digunakan dalam perawatan luka.
Penelitian lain juga menunjukkan madu dapat menyembuhkan luka pada penderita diabetes dengan persentasi kesuksesan sebanyak 97%.
Obat Segala Penyakit
Madu diduga memiliki manfaat yang baik dalam membantu memperkecil risiko terjadinya kanker, penyakit jantung, diabetes, dan masalah kesehatan kronis lainnya. Bahkan dalam islam disebutkan bahwa madu merupakan obat dari banyak penyakit.
Nah itu adalah manfaat madu bagi tubuh. Semoga membantu.
Tinggalkan Balasan
Anda harus masuk untuk berkomentar.