Manfaat Bayam Bagi Kesehatan

Manfaat bayam bagi kesehatan. Manfaat tersebut berasal dari beragam nutrisi yang terkandung di dalamnya. Tak heran bila bayam kerap dimasukkan dalam menu makan sehat sehari-hari.

Bayam dikenal sebagai sayuran rendah kalori dan kaya serat. Selain itu, bayam juga mengandung beragam nutrisi lain, seperti:

  • Vitamin A, vitamin B kompleks, vitamin C, dan Vitamin E
  • Magnesium
  • Zat besi
  • Asam folat
  • Kalsium
  • Kalium

baca juga: rabun jauh

Manfaat Bayam

1. Meredakan peradangan

Kandungan antioksidan yang tinggi pada bayam berperan dalam melawan radikal bebas yang bisa menyebabkan peradangan, seperti pada penyakit rheumatoid arthritis.

2. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Bayam juga dikenal tinggi akan kandungan vitamin dan mineral, seperti vitamin A, vitamin C, folat, dan magnesium. Beragam nutrisi tersebut diketahui dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

3. Mencegah anemia

Bayam merupakan salah satu sumber zat besi yang baik. Namun, sayuran ini juga mengandung oksalat yang dapat menghambat penyerapan zat besi dalam tubuh. 

4. Menjaga kesehatan mata

Kandungan karotenoid yang ditemukan pada bayam, seperti beta karoten, lutein, dan zeaxanthin, diketahui mampu menjaga kesehatan mata dan menurunkan risiko beberapa penyakit, seperti rabun senja dan degenerasi makula.

5. Menurunkan risiko penyakit kardiovaskular

Hal ini karena bayam mengandung nitrat yang dapat menurunkan tekanan darah dan menurunkan risiko terkena gangguan pada jantung

6. Menjaga kesehatan kulit

Seperti yang telah diketahui, bayam kaya akan kandungan antioksidan di dalamnya, sehingga sangat baik untuk menjaga dan melindungi kesehatan kulit dari dalam, terutama dari paparan radikal bebas.

7. Mencegah kanker

Kandungan lutein, karotenoid, dan zeaxanthin yang tinggi pada bayam, mampu melawan dan menghilangkan radikal bebas dari tubuh.


Terbit

dalam

Comments

Tinggalkan Balasan