kalian pasti tau dong dimana DKI JAKARTA itu, dan apa makanan yang paling terenal di sana dari jaman dahulu, yuk simak artikel ini supaya kalian lebih tau tentang makanan khas dki jakarta
Kerak telur adalah makanan asli daerah Jakarta, dengan bahan-bahan beras ketan putih, telur ayam atau bebek, ebi yang disangrai kering ditambah bawang merah goreng, lalu diberi bumbu yang dihaluskan berupa kelapa sangrai, cabai merah, kencur, jahe, merica butiran, garam dan gula pasir.
Makanan yang satu ini sangat unik, karena terbuat dari beras dan telur ayam atau bebek, yang disatukan dan dimasak diatas kuali kecil dan kayu bakar. Diatas kerak telur diberi kelapa parut yang dicampur kunyit dan bumbu lainnya, atau berbentuk serundeng.
Kerak telor memang dibuat dari beras ketan putih, telur ayam, ebi atau udang kering yang diasinkan. Ketika sudah matang, biasanya kerak telor ditaburi bumbu berupa perpaduan kelapa sangrai, cabai merah, kencur, jahe, merica, garam, dan gula pasir, serta taburan bawang merah goreng.
Dan ada satu lagi makanan yang favorit banget dari DKI JAKARTA yaitu ROTI BUAYA, kalian pasti liat diacara orang yang mau nikahan atau di acara acara lainnya
Roti buaya adalah hidangan Betawi berupa roti manis berbentuk buaya. Roti buaya senantiasa hadir dalam upacara pernikahan dan kenduri tradisional Betawi.
Arti dari Roti Buaya
Roti buaya berukuran besar melambangkan mempelai pria, sedangkan yang berukuran lebih kecil melambangkan mempelai wanita. Ada pula beberapa roti buaya yang sangat kecil sebagai perlambang bahwa mempelai wanita siap melepas masa lajang dan menjadi istri untuk memberikan keturunan kepada mempelai pria.
Tinggalkan Balasan
Anda harus masuk untuk berkomentar.