Kuah Pliek U ini merupakan makanan khas Aceh yang berasal dari Aceh Barat. Kuah Pliek U juga termasuk dalam makanan yang cukup terkenal.
Bahkan sampai ada yang mengatakan jika berkunjung ke Aceh belum mencicipi makanan satu ini bisa dikatakan seperti belum berkunjung ke Aceh mengingat terkenalnya serta bisa ditemukan diberbagai rumah makan yang ada di Aceh.
Kuah Pliek U ini diibaratkan seperti sebuah lambang kekerabatan serta keberagaman masyarakat yang ada di Aceh yang kemudian disatukan dalam sebuah kuali sehingga akan menghasilkan cita rasa lezat nan unik.
Kuwah pliek uĀ adalah salah satu masakan sepertiĀ gulaiĀ berasal dariĀ Aceh. Masakan ini memiliki bahan dasarĀ ampasĀ dari sisa minyakĀ kelapaĀ tua yang telah melalui proses pemerasan minyaknya.[1]Ā Pada umumnya, masakan ini dilengkapkan dengan daun dan buahĀ melinjo, kacang panjang, kacang tanah, daun pepaya, daun singkong, rebung kecombrang, kadang kala disajikan denganĀ chuĀ (sejenisĀ siputĀ yang hidup diĀ sungai). Dalam praktiknya, masyarakat Aceh juga menambahkanĀ sayuranĀ lain untuk masakan ini sepertiĀ kacang panjang,Ā pepayaĀ muda danĀ nangkaĀ muda. Selain itu untuk menguatkan rasa,Ā asam suntiĀ (belimbing wuluhĀ yang dikeringkan setelah dikukus bersamaĀ garam) ditambahkan pula sebagai bumbu khasnya.
Masakan ini biasanya disajikan dalam beberapa acara dalam lingkungan masyarakat Aceh, seperti hajatan.
Resep
BAHAN SAYUR-SAYURAN :
– Kacang panjang Ā¼ kg
– Daun melinjo 4 ikat
– Buah melinjo muda 1 ons
– Nangka muda 2 plastik
– Terong hijau 10 buah
– Kangkung 1 ikat
– Pliek U Ā¾ gelas duralex kecil
– Kalapa kukur 1 buah
– Udang Ā¼ kg- Kikil sesuka
– Garam secukupnya
BAHAN BUMBU GILING :
– Ketumbar giling kering 2 sdm
– Cabe merah 6 buah
– Cabe rawit 20 buah
– Bawang Merah 6 siung
– Bawang putih 3 siung
– Jahe 1 cm
– Kunyit halus 1 sdt
– Ketumbar masak 1 sdt
– Kelapa gongseng (ulhee) 2 sdm
– Merica bulat Ā½ sdm
– Asam sunti 3 buah
BAHAN BUMBU RAJANG :
– Cabe hijau 9 buah
– Bawang merah 3 siung
– Sere 2 batang
– Daun jeruk 10 lembar
– rebung kala (pucuk kencung) 2 buah
CARA PEMBUATAN
1. Gongseng pliek u dengan api kecil sampai harum baunya, tambahkan 1 gelas duralex panjang air sampai mendidih. Sesudah mendidih disaring (buang airnya). Blender pliek u hingga halus.
2. Rebus buah melinjo dan nangka muda sampai empuk (buang airnya)
3. Rebus kikil hingga empuk (buang airnya)
4. Potong sayur-sayuran, giling bumbu sampai halus dan rajang bumbu rajang.
5. Peras kelapa kukur sampai mejadi santan encer
6. Masukkan ke dalam panci sayur-sayuran, bumbu giling, bumbu rajang, udang, garam, pliek u (kecuali kangkung dan daun jeruk) aduk- aduk hingga rata. Masukkan air sedikit lalu direbus.
7. Sesudah berasap masukkan santan encer (aduk-aduk)
8. Ketika hampir matang masukkan kangkung dan daun jeruk
9. Selamat mencoba
Tinggalkan Balasan
Anda harus masuk untuk berkomentar.