Macam-Macam Suku Di Pulau Jawa

Indonesia merupakan negara kepulauan dengan keanekaragaman, mulai budaya, suku bangsa, ras, etnis, agama hingga bahasa daerah.

Setiap suku bangsa memiliki ciri dan keunikan masing-masing khas, meski unik dan berbeda-beda mereka tetap satu Indonesia. Hal tersebut tentunya sesuai dengan negara semboyan Indonesia ‘Bhinneka Tunggal Ika’ yang artinya berbeda-beda tetap satu jua.

Macam-macam Suku Dipulau Jawa:
Suku Jawa
Suku Jawa adalah suku terbesar yang ada di Indonesia yang berasal dari kawasan Jawa Tengah, Jawa Timur, dan Daerah Istimewa Yogyakarta.

Suku Sunda
Suku Sunda adalah satu di antara suku yang berada di Provinsi Jawa Barat. Selain itu suku Sunda dikenal sebagai suku terbesar kedua yang ada di Indonesia setelah suku Jawa. Suku Sunda juga dikenal dengan alat musik yang dikenal dengan nama angklung.

Suku Madura
Namun, selain suku Madura ada pula suku lainnya, seperti Suku Osing, atau Tengger. Suku Madura dikenal sebagai etnis yang cukup besar.

Suku Betawi
Betawi adalah satu di antara suku yang berada di kawasan DKI Jakarta, selain suku Sunda dan Jawa. Suku Betawi dikenal dengan ondel-ondel, yang sangat populer.

Suku Baduy
Baduy adalah suku bangsa yang bermukim di sejumlah kampung yang tergabung dalam Desa Kenekes, Kecamatan Leuwidamar, Kabupaten Lebak, Provinsi Jawa Barat.

Suku Tengger
Tengger adalah salah satu sub kelompok masyarakat Jawa yang mengembangkan variasi budaya khas, salah satunya adalah bahasa Jawa dialek Tengger.


Terbit

dalam

Comments

Tinggalkan Balasan