Laptop Keren tapi Budget Minim? bisa kok

Salam #MasBro #MbakBro, dalam era digital sekarang, laptop merupakan kebutuhan dalam mengerjakan berbagai aktivitas. Membeli hal penting seperti laptop tidak bisa sembarangan lho, selain harganya terbilang cukup mahal, beli laptop juga harus di sesuaiin sama kebutuhan penggunanya. Hal itu nggak akan jadi masalah buat kalian yang punya budget lebih, tapi kalau memiliki budget pas-pasan kalian harus jeli dan teliti. Agar dapat memiliki laptop keren dengan performa maksimal sesuai budget kalian, 5 tips berikut mungkin dapat menjadi referensi, simak baik-baik.

1. Perhatikan tempat membeli 

Jual Beli

Mikirin tempat beli menjadi dasar saat membeli sebuah laptop, perhatiin tempat yang ingin kalian tuju, cari tahu apa tempat itu mendapat supply laptop langsung dari pusat atau disalurkan terlebih dahulu dari pihak lain. Memang nggak pengaruh sama kondisi barang, tapi bakalan berpengaruh sama harga barang. Contohnya, kalian beli barang di Jakarta, harganya akan jauh lebih murah dari pada di Surabaya karena mau nggak mau para agen yang menyalurkan juga harus mencari keuntungan. Lebih baik datang langsung ke pusatnya, selain harga yang lebih murah, pilihan variasinya juga lebih banyak.

2. Laptop keren nggak cuma memandang processor, lihatlah generasi processor tersebut 

Spesifikasi Processor

Kebanyakan orang beranggapan bahwa laptop yang memiliki processor tinggi seperti Core i7 atau Ryzen 7 sudah sangat mewah. Padahal ada hal penting yang harus diperhatiin waktu milih processor, yaitu generasi processor tersebut. Lebih gampangnya, generasi processor menandakan kapan processor tersebut dirilis, sedangkan teknologi semakin maju dan processor selalu mengalami perkembangan. Contohnya, Core i3 generasi 8 kinerjanya akan jauh lebih baik dari Core i7 generasi ke 3, jadi jangan sampai salah pilih ya.

3. Sesuaiin laptop sama kebutuhan 

Kebutuhan bekerja

Tips ini berguna banget buat kalian yang punya kebutuhan khusus waktu beli laptop. Belilah laptop editing apabila memiliki keperluan editing, nomalnya laptop editing lebih simple, ringan, dan mudah dibawa kemana-mana ketimbang laptop gaming, laptop editing memiliki jenis processor seri U(ultra low power) agar lebih hemat daya. Berbeda dengan laptop gaming, memiliki processor seri H(Highly performance) sehingga lebih maksimal dan cukup berat karena memang fungsi utamanya adalah untuk keperluan gaming. Berbeda lagi jika kalian lebih sering kegiatan di outdoor, carilah laptop yang memiliki ketahanan terhadap suhu, hemat daya, memiliki sertifikasi military standard dan lain-lain. Pastiin kalian nyari laptop yang sesuai dengan kebutuhan karier atau tugas kalian ya.

4. Beli laptop keren tapi bekas??, Pastiin kinerjanya masih cukup baik 

Performa laptop bekas

Nggak ada salahnya kok buat beli laptop bekas. Yang jelas kalian harus merhaatiin laptop bekas yang ingin kalian beli. Mulai dari keadaan hardware, kinerja harddisk, sampai kemampuan laptop tersebut dalam memenuhi kebutuhan kalian. Jika perlu, silakan tanya sama penjualnya soal kelayakan laptop tersebut agar tidak salah pilih.

5. bandingkan dengan laptop lain yang memiliki spesifikasi setara

Perbandingan spesifikasi

Tips ini berfungsi buat nyari laptop keren yang punya performa terbaik tapi harga nggak jauh beda. Laptop yang memiliki spesifikasi setara pastinya punya keunggulan dan kekurangan yang berbeda loh. Misalnya kapasitas baterai, jenis penyimpanan, jenis layar, kemampuan upgrade dan masih banyak yang lainnya. Bandingkan semua hal tersebut, dan pilihlah laptop yang cocok buat kalian.


Terbit

dalam

Comments

Tinggalkan Balasan