Kuliner Khas Kota Padang

👁️27x   💬0   🕗01:07

Cari arti kata KBBI?
1-9  A  B  C  D  E  F  G  H  I  J  K  L  M  N  O  P  Q  R  S  T  U  V  W  X  Y  Z

Salam #MasBro #MbakBro

Siapa yang tidak kenal dengan kuliner satu ini? Banyak masyarakat di luar wilayah Padang Panjang pernah mencicipinya karena banyak di jual di kota besar seperti Jakarta. Lalu apa sajakah rekomendasi kuliner khas Kota Padang? Simak artikel dibawah ini!

1.Soto Padang

Berbeda dari soto khas lainnya karena soto khas Padang Panjang ini disajikan bersama potongan perkedel kentang yang sangat istimewa dan daging yang dicampurkan sudah di olah menjadi dendeng dan di goreng kering.

Punya cerita tentang lagu di atas?

ceritaIN ceritamu di sini↗️
Dan mulai menghasilkan dari tulisanmu

Kuah dari soto padang cenderung bening. Sajian tambahannya berupa bihun dan potongan daging ayam atau sapi.

Tidak sulit menemukan soto padang di daerah asalnya. Harganya pun terjangkau, dengan hanya mengelurkan kurang lebih Rp. 25.000 kamu sudah bisa mencicipi kuliner sedap khas Padang Panjang tersebut.

Baca juga: Manfaat Kunyit Untuk Kesehatan Aturan Ideal Minum Air Putih untuk Kesehatan

2. Nasi Kabaka

Wah kalau untuk kuliner yang satu ini sepertinya belum banyak yang mendengar ya. Nasi kabaka adalah kuliner yang berasal dari Padang Panjang yang memiliki arti nasi untuk bekal.

Kuliner satu ini merupakan nasi yang di bungkus secara padat menggunakan daun pisang dengan lauk pauk yang termasuk didalamnya. Hebatnya, nasi ini tahan sampai 10 jam, maka dari itu cocok sebagai bekal dalam perjalanan panjang.

Lalu apakah perbedaan nasi kabaka dengan nasi bungkus pada umumnya? Perbedaanya terletak pada dengan cara dan proses pembungkusannya. Nasi di bungkus dengan daun pisang yang telah di sangrai agar lemas.

Lalu lauk yang dimasukkan ke dalam juga yang di olah secara di goreng saja, tidak dipakaikan kuah gulai layaknya nasi padang yang kita kenal. Penyajian tanpa gulai dan kuah santan bertujuan agar nasi tersebut tidak mudah basi.

Adapun sejarah dari nasi kabaka sendiri adalah kebiasaan ibu-ibu dahulu yang menyediakan bekal untuk anggota keluarga yang akan bekerja di ladang atau berburu. Begitu juga untuk bekal anak sekolah.

Harga untuk menikmati nasi kabaka berkisar antara Rp. 12.000 – Rp. 17.000 per bungkus.

3. Sate Padang Panjang (Sate Darek)

Mungkin untuk orang yang tidak berasal dari Sumatera Barat melihat sate padang hanya sebagai satu varian saja, yaitu sate berkuah kuning kental yang disajikan dengan lontong.

Namun, sate padang di Sumatera Barat merujuk pada tiga varian, yaitu: sate pariaman, sate darek, dan sate dangung-dangung.

Perbedaannya adalah sate pariaman tentu saja berasal dari Kota Pariaman dengan warna kuah sate coklat kemerahan dan rasa kuahnya yang lebih pedas daripada sate padang jenis lainnya.

Sate Padang Panjang di sebut juga sebagai sate darek. Kuah satenya memiliki warna kuning yang berasal dari kunyit. Jika sate pariaman memiliki rasa yang pedas, sate darek memiliki rasa gurih dan sedikit pedas.

Sate derek juga disajikan dengan mencampurkan kerupuk kulit ke dalam kuahnya. Kuah dari sate darek juga cepat encer, maka dari itu disarankan untuk menyantap selagi hangat.

Apapun mesin pencarinya. Kekitaan sumbernya.

Semoga bermanfaat. Seneng bisa berbagi.

Terimakasih

dipake.web.id dibaca 18:27 WIB pada hari Senin tanggal 08 Juni 2020

karya penulis tulisIN
Yuk mulai #hidupdariKARYA

Kata kunci yang sering dicari …

tulisIN, hukumIN, September 2021, September, 2021,

Kuliner Khas Kota Padang


Terbit

dalam

Tags:

Comments

3 responses to “Kuliner Khas Kota Padang”

  1. Seno Apriansyah Avatar
    Seno Apriansyah

    Wahh enak juga nih kayanya

Leave a Reply