5++ Masalah dan Kondisi Lain Ketenagakerjaan Di Indonesia

Kondisi Ketenagakerjaan Di Indonesia

   Cari kata KBBHukum lain?
1-9  A  B  C  D  E  F  G  H  I  J  K  L  M  N  O  P  Q  R  S  T  U  V  W  X  Y  Z

Salam #MasBro #MbakBro

Assalamualaikum temen temen semua
Apakabar hari ini? sehat terus dan jangan pernah bosen sama next artikel artikel gua yah, pantengin terus siapa tau bermanfaat bagi kalian, jangan lupa buat dukung gua selalu biar gua semangat terus buat bikin artikel artikel selanjutnya.

Okey hari ini gua kepengen bahas salah satu materi yang baru aja gua dapet dari guru mata pelajaran produktif gua. Baca artikel ini sampe akhir yah, disini gua mau berbagi ilmu kalau ada kesalahan penyampaian tolong di koreksi karena disini kita sama sama belajar okey? Lanjut.

Kondisi Ketenagakerjaan Di Indonesia

Hari ini gua pengen bahas tentang Ketenaga Kerjaan Di Indonesia. Sebelumnya kalian udah pada tau belum nih tentang apa itu Ketenaga Kerjaan? disimak dan di cermati ya temen temen.

Jadi gais, Ketenagakerjaan itu adalah segala sesuatu yang berhubungan dengan tenaga kerja pada waktu sebelum bekerja, selama bekerja, dan setelah selesai masa kerja baik itu dalam bidang pekerjaan yang menghasilkan barang atau jasa.

Kalian tauga sih kalau kondisi ketenagakerjaan di indonesia itu cukup mengprihatinkan? Hal itu terjadi karena jumlah penduduk di indonesia tidak seimbang dengan tersedianya lapangan pekerjaan di indonesia. Dari data BPS disebutkan jumlah pengangguran di indonesia per Agustus 2021 naik 1,84 persen menjadi 7,07 persen. Secara umum masalah ketenagakerjaan di Indonesia terkait dengan keterbatasan daya serap perekonomian dibandingkan dengan jumlah angkatan kerja yang yang terus mengalami peningkatan. Masalah ini sudah ada jauh sebelum ramai aksi protes tolak UU Omnibus Law Cipta Kerja disahkan.

Baca Juga
wisata kebun teh puncak

Nah ada juga nih beberapa masalah klasik ketenagakerjaan di indonesia. Apa aja yah? yuk di simak:

  1. Masalah Pendidikan
    Terjadi karena tidak meratanya kualitas standar pengajar, rendahnya kualitas calon tenaga kerja, rendahnya karakter atau kebiasaan calon tenaga kerja, kurangnya lapangan pekerjaan yang sesuai dengan bidang pendidikan
  2. Masalah Keterampilan
    Banyak calon tenaga kerja yang kurang memiliki keterampilan sedangkan memiliki keterampilan sangat diperlukan bagi tenaga kerja.
  3. Masalah Alih Daya atau Outsourcing
    Sebelum diberlakukannya UU Cipta Kerja, tenaga kerja alih daya kerap mendapatkan upah di bawah standar minimum regional dan tidak mendapatkan fasilitas kesehatan yang memadai.
  4. Masalah PHK
    Pesangon karyawan PHK seringkali tidak sesuai nominalnya, lama prosesnya, bahkan tidak dibayarkan. PHK karyawan bisa terjadi karena banyak hal di antaranya perusahaan pailit, peleburan, pemisahan, pengusaha tidak bersedia menerima tenaga kerja di perusahaan.
  5. Masalah Persebaran Tenaga Kerja yang Tidak Merata
    Pulau Jawa masih menjadi sasaran bagi warga luar pulau untuk mengadu nasib dan mencari penghasilan atau pun pekerjaan yang lebih baik. Hal ini tentu berdampak pada tidak meratanya pembangunan dan pengembangan sumber daya di daerah lain.

Nah dilihat dari kondisi ketenagakerjaan di indonesia yang sayang memprihatinkan. Alangkah baiknya kita sebagai generasi muda penerus bangsa harus belajar dengan sungguh sungguh, supaya kita mempunya skil atau kemampuan dan juga keterampilan yang sangat baik agar ketika kita sudah turun ke dunia pekerjaan dapat mengerjakan pekerjaan yang kita ambil dengan semaksimal mungkin. Dan juga jika bisa kita sendiri yang membuka lapangan pekerjaan agar meminimalisir tingkat pengangguran di indonesia.

Okey gais sampe sini dulu artikel kali ini. Semoga materi yang gua sampaikan bisa bermanfaat buat kalian semua. terimakasih dan waasalamualaikum!

Punya cerita tentang lagu di atas?

ceritaIN ceritamu di sini↗️
Dan mulai menghasilkan dari tulisanmu

Rangkuman

Hari ini gua pengen bahas tentang Ketenaga Kerjaan Di Indonesia. Sebelumnya kalian udah pada tau belum nih tentang apa itu Ketenaga Kerjaan? disimak dan di cermati ya temen temen.

Punya pertanyaan tentang tulisan ini?
Silahkan komen dibawah ya.

Apapun mesin pencarinya.
kekitaan sumbernya.

Semoga bermanfaat.
Seneng bisa berbagi

Terimakasih
Pengalaman Penulis
canva.com dibuka pukul 11:27 WIB pada Hari Sabtu tanggal 20 Juli 2019

karya penulis tulisIN
Yuk mulai #hidupdariKARYA

Kata kunci lain yang sering dicari…
tulisIN, juni, 2021, juni 2021,
,
tulisIN, hukumIN, hukumIN, hukum, menghakimiHUKUM
Kondisi Ketenagakerjaan Di Indonesia,ketenagakerjaan, kondisi, indonesia,

Comments

2 responses to “5++ Masalah dan Kondisi Lain Ketenagakerjaan Di Indonesia”

  1. bocahtehnik Avatar

    mantap artikelnya sob.. jangan lupa saling berkunjung ke blog saya juga

    1. kekitaan Avatar
      kekitaan

      Hai #MasBro BT

      Terimakasih udah berkunjung ya

Leave a Reply