Alat musik Kolintang

Kolintang, alat musik khas Sulawesi Utara

Salam #MasBro #MbakBro

Apa alat musik khas Sulawesi Utara kesukaanmu?

Kolintang, alat musik Khas Sulawesi Utara, mau tau lebih banyak tentang Kolintang? Saya akan memberi sedikit penjelasannya…. 

Suku Minahasa merupakan salah satu kabupaten di Provinsi Sulawesi Utara yang mayoritas masyarakatnya dihuni oleh Suku Minahasa. Suku Minahasa ini memiliki kebudayaannya sendiri dimulai dari adat istiadat, bahasa, dan kesenian seperti tari-tarian serta alat musik. Salah satu alat musik tradisional yang terkenal di Suku Minahasa, Sulawesi Utara adalah kolintang.

Kolintang merupakan salah satu alat musik khas Minahasa, Sulawesi Selatan. Cara memainkan alat musik khas Kolintang ini yaitu dengan cara dipukul dan akan mengeluarkan bunyi cukup panjang dan mencapai nada-nada tinggi serta rendah.

Nada-nada yang tinggi maupun rendah yang dikeluarkan dari alat musik ini memiliki susunan yang rapih, suara ini berasal dari jenis kayu yang agak ringan tapi cukup padat juga seperti kayu telur, wenang, bandaran, dan kakinik. Serat kayu pada kolintang ini tersusun sedemikian rupa sehingga membentuk garis-garis sejajar.

Dahulu, alat musik ini hanya terdiri dari beberapa potong kayu. Potongan kayu ini diletakkan berjejer diatas kedua kaki pemainnya dengan posisi duduk di tanah, dengan kedua kaki terbujur lurus kedepan. Pemakaian alat musik kolintang ini sendiri sangat erat kaitannya dengan kepercayaan tradisional rakyat Minahasa, seperti pada upacara-upacara pemujaan arwah leluhur.

Nama kolintang ini sendiri berasal dari sumber bunyi yang dikeluarkan alat musik ini seperti, tong yang bernada rendah, ting yang bernada tinggi dan yang terakhir tang bernada tengah. Dahulu, dalam bahasa Minahasa untuk mengajak orang bermain kolintang digunakan istilah ber tong ting tang sambil mengungkapkan kalimat “Maimo Kumolintang”. Pada akhirnya, dari ungkapan-ungkapan yang dibiasakan ini lahirlah nama kolintang dan digunakan menjadi nama alat musik khas Sulawesi Utara ini.

Punya cerita tentang lagu di atas?

ceritaIN ceritamu di sini↗️
Dan mulai menghasilkan dari tulisanmu

Apa alat musik khas Sulawesi Utara yang kau sukai?
Udah pernah cari ulasannya ga?
Coba cari di website ini?
Kalo belum ada, silahkan daftar disini.
Mau tanya? klik kekitaan.com/mauNULIS

Wuhuiii.
Akhirnya selesai juga ya.

Seneng bisa berbagi.
Pasti bermanfaat.

Sumber Tulisan

indonesiakaya.compukul 12.00 WIB pada hari Senin tanggal 14 Juni 2021

Kata kunci lain yang sering dicari …                                                                                            Oktober, Oktober 2021, Kolintang, Sulawesi Utara

 

Comments

Tinggalkan Balasan