Ketupat Di Hari Lebaran

Hallo semua!
Bagi yang puasa gimana nih puasanya masih lancar kan? semangat terus ya jangan ngeluh laper atau haus. Ga kerasa yah tinggal menghitung kurang dari seminggu lagi udah lebaran aja.

Wah bakalan nemu makanan legend dihari hari lebaran lagi nih. Iya ketupat, siapa sih yang ga pernah makan ketupat? Di indonesia dan di beberapa negara lainnya itu menjadikan ketupat sebagai salah satu makanan ciri khas di hari lebaran. Biasanya ketupat itu disajikannya dengan opor ayam, rendang, ayam goreng, ataupun lauk lainnya trus juga ada sayur merah gitu lowh pokoknya rasanya enak banget.

Jadi ketupat ini adalah hidangan khas Asia Tenggara Maritim yang berbahan dasar beras yang dibungkus menggunakan pembungkusnya itu yang terbuat dari anyaman daun kelapa muda (janur).

Owh iya kalian tau ga sih kalau di beberapa daerah di pulau jawa itu ketupat sering di gantungin di dalem rumah gitu jadi mereka ngejadiin itu sebagai jimat. Ada juga beberapa masyarakat yang memegang tradisi tidak membuat ketupat selain pada hari-hari lebaran. Owh iya katanya di bali itu ketupat itu disebutnya Tipat lowh, dan masyarakat disana menjadikan ketupat itu sebagai salah satu sesajian untuk upacara.

Gimana nih lebaran tahun ini teman makan ketupat kalian apa? pakai opor ayam? rendang? sate? atau yang lainnya. Gua sendiri suka banget makan ketupat darimana makan nasi hehe, karena enak banget sih menurut gua. Duh jadi ga sabar sebentar lagi lebaran pasti ada banyak ketupat.

Nanti komen di kolom Konetar ya, kasih tau gua temen makan ketupat kalian apa, siapa tau sama, atau siapa tau ada yang mau ngirim ketupat dan teman lauk pauknya ke rumah gua? nanti gua kasih alamatnya hahaha

Sampai sini dulu gais, kapan kapan lagi, see you!


Terbit

dalam

Tags:

Comments

Tinggalkan Balasan