Jenis-Jenis Fobia yang Mungkin Belum Kamu Ketahui

12++ Jenis-Jenis Fobia yang Mungkin Belum Kamu Ketahui

👁️0x   💬0 🕗00:00 menit

karya penulis tulisIN
Yuk mulai #hidupdariKARYA

Salam #MasBro #MbakBro

Kata fobia mungkin sudah tidak asing lagi, tapi kamu tau ga sih jenis-jenis fobia?

Fobia merupakan rasa takut yang berlebih pada sesuatu yang umumnya tidak membahayakan. Ketakutan tersebut dapat muncul pada saat berada di suatu tempat, menghadapi situasu tertentu, atau saat melihat  hewan dan benda tertentu. Kebanyakan pengidap fobia tau bahwa ketakutannya tersebut tidak beralasan, namun mereka tidak dapat mengendalikannya sehingga mereka memilih untuk menghindari objek atau situasi yang ditakuti tesebut. Fobia ini dapat terjadi karena beberapa faktor baik dari genetik maupun lingkungan.

Apa saja jenis fobia?

  1. Agorafobia

    Agoraphobia ini merupakan ketakutan terhadap suatu tempat atau situasi yang tidak dapat dihindari. Biasanya Pengidap agoraphobia ini takut berada di tengah kerumunan atau terjebak di luar rumah. Hal ini menyebabkan pengidapnya menghindari situasi sosial dan memilih untuk berada di dalam rumah.

  2. Fobia Sosial 

    Fobia sosial ini disebut juga dengan gangguan kecemasan sosial. Kondisi ini membuat pengidapnya mengisolasi diri, hal tersebut sangan mengkhawatirkan mengingat manusia merupakan makhluk sosial. Rasa takut untuk melakukan interaksi dengan orang lain bahkan dalam bentuk sederhana sekalipun, seperti memesan makanan atau menjawab telepon termasuk dalam kasus yang parah. 

    Baca Juga : 3++ Manfaat Puasa bagi Kesehatan

  3. Glossophobia

    Glossophobia ini dikenal sbagai kecemasan kinerja atau takut untuk berbicara di depan orang. Perawatan yang dapat dilakukan pada penderita glossophobia ini dapat mencakup terapi atau pengobatan.

  4. Acrophobia

    Acrophobia ini merupakan rasa takut terhadap ketinggian. Jenis fobia ini banyak diderita oleh masyarakat, apakah kamu salah satunya? Pengidap acrophobia ini pada umumnya menghindari gunung, lantai bangunan yang tinggi, atau jembatan. Gejala pngidap acrophobia ini biasanya vertigo, berkeringat, pusing, dan ingin pingsan pada saat berada di tempat yang tinggi. 

  5. Claustrophobia

    Claustrophobia ini merupakan rasa takut terhadap ruangan yang sempit atau tertutup. Pada claustrophobia yang parah, hal ini dapat mengganggu pengidapnya dalam kehidupan sehari-hari. Para pengidap fobia ini biasanya menghindari untuk naik lift atau mobil.

  6. Aviophobia

    Aviophobia ini merupakan rasa takut untuk terbang. Para pengidap fobia ini biasanya sangat menghindari untuk melakukan perjalanan dengan pesawat terbang. 

  7. Dentophobia

    Dentophobia ini merupakan rasa takut yang berlebih terhadap dokter gigi. Dentophobia ini biasanya muncul karena pengalaman yang kurang menyenangkan saat berhadapan dengan dokter gigi. 

  8. Hemophobia

    Hemophobia merupakan rasa takut yang berlebih terhadap darah atau cedera. Para pengidap hemophobia mungkin akan pingsan saat melihat darah orang lain atau bahkan diri sendiri. 

  9. Arachnophobia

    Arachnophobia ini merupakan fobia terhadap laba-laba. Penderita Arachnophobia disebut juga dengan Arachnofobik. Penderita arachnophobia akan merasakan cemas, gemetar seluruh tubuh, keringat dingin, jantung berdebar, dada sesak, mual, pusing, bahkan pingsan. 

    Baca Juga : kesehatan mental remaja

  10. Cynophobia

    Cynophobia ini merupakan rasa takut berlebihan terhadapt anjing. Fobia ini umumnya terjadi karena pengalaman buruk terhadap anjing.

  11. Ophidiophobia

    Ophidiophobia ini merupakan rasa takur berlebihan terhadap ular. 

  12. Nyctophobia

    Nyctophobia merupakan fobia terhadap situasi gelap. Para pengidap fobia ini akan merasa ketakutan dan cemas pada saat berada di tempat yang tidak bercahaya bahkan kamar tidurnya. 

    Berikut adalah jenis-jenis fobia yang mungki belum kamu ketahui. Apakah ada fobia yang baru petama kali kamu ketahui?

Apa jenis fobia yang baru kamu dengar?
Udah pernah cari ulasannya ga?
Coba cari di website ini?
Kalo belum ada, silahkan daftar disini.
Mau tanya? klik kekitaan.com/mauNULIS

https://www.youtube.com/watch?v=akGpRDmMT8M

Wuhuiii.
Akhirnya selesai juga ya.

Masih ada jenis-jenis fobia yang belum masuk ya?
Silahkan komen diatas ya

Seneng bisa berbagi.
Pasti bermanfaat.

Punya cerita tentang lagu di atas?

ceritaIN ceritamu di sini↗️
Dan mulai menghasilkan dari tulisanmu

Terimakasih
halodoc dan ALODOKTER dibuka pukul 13.42 WIB pada hari Jumat tanggal 23 April 2021

Kata kunci lain yang sering dicari …
Jenis-Jenis Fobia yang Mungkin Belum Kamu Ketahui, fobia, ketakutan berlebihan, Agorafobia, Fobia Sosial , Glossophobia,  Acrophobia, Claustrophobia, Aviophobia, Dentophobia, Hemophobia, Arachnophobia, Cynophobia, Ophidiophobia, Nyctophobia, ketinggian, gelap, anjing, laba-laba, ular, pesawat,


Terbit

dalam

Tags:

Comments

Leave a Reply