Jenis Penyakit Menular

Taukah kamu apa saja Jenis Penyakit menular?

Penyakit menular merupakan penyakit infeksi yang disebabkan oleh mikroorganisme, seperti virus, bakteri, parasit, atau jamur, dan dapat berpindah ke orang lain yang sehat.

Penyakit menular dapat menyebar secara langsung maupun tidak langsung. Penularan secara langsung terjadi melalui kontak fisik (bersentuhan atau berciuman dengan penderita), udara (saat penderita batuk atau bersin), atau kontak cairan tubuh (terkena urine atau darah penderita).

Apa saja itu, yuk kita simak.

1. Infeksi saluran pernapasan akut (ISPA)

 ISPA diawali dengan panas disertai salah satu atau lebih gejala tenggorokan sakit atau nyeri telan, batuk kering atau berdahak, dan pilek.

baca juga: Jenis Penyakit Kulit

2. Malaria

Penyakit menular yang disebabkan parasit plasmodium ini masih menjadi wabah di beberapa wilayah di Indonesia.

3. Diare
Diare merupakan gangguan buang air besar (BAB). Penyakit ini ditandai dengan BAB lebih dari tiga kali sehari, disertai rasa mulas, dengan konsistensi tinja cair, dan dapat disertai dengan darah dan atau lendir. 

Sebenarnya, ada banyak sekali jenis penyakit menular lainnya yang berbeda.


Terbit

dalam

karya

Comments

Tinggalkan Balasan