Taukah kamu apa saja Jenis Penyakit Lupus?
Penyakit Lupus adalah penyakit peradangan kronis yang disebabkan oleh kondisi autoimun yang bisa menyerang siapa saja tanpa pandang bulu.
Penyakit lupus itu sendiri dapat dibagi menjadi beberapa jenis, yaitu SLE (systemic lupus erythematosus), cutaneus lupus (lupus pada kulit), drug induced lupus (lupus akibat obat), dan neonatal lupus.
Apa saja itu, yuk kita simak.
1. Lupus Eritematosus Sistemik (Systemic Lupus Erythematosus/SLE)
Lupus Eritematosus Sistemik merupakan jenis lupus yang paling sering terjadi secara sistemik atau menyeluruh pada tubuh pengidap yang dapat menyerang ke berbagai organ, tapi yang paling sering terjadi pada sendi, ginjal, dan kulit.
baca juga: jenis penyakit mental
2. Lupus Eritematosus Kutaneus (Cutaneous Lupus Erythematosus/CLE)
Penyakit Lupus Eritematosus Kutaneus (Cutaneous Lupus Erythematosus/CLE) dapat terbagi menjadi tiga jenis, yaitu acute cutaneous lupus erythematosus (ACLE), subacute cutaneous lupus erythematosus (SCLE), dan chronic cutaneous lupus erythematosus (CCLE).
3. Lupus Akibat Penggunaan Obat
Jenis obat tertentu bisa menimbulkan efek samping. Jenis penyakit lupus ini hanya bersifat sementara dan akan menghilang secara sendirinya dalam jangka waktu beberapa bulan setelah konsumsi obat yang memicu gejala lupus tersebut dihentikan.
Sebenarnya, ada banyak sekali jenis penyakit malaria lainnya yang berbeda.
Tinggalkan Balasan
Anda harus masuk untuk berkomentar.