Taukah kamu apa saja Jenis Penyakit Imun?
Pada penyakit autoimun, sistem kekebalan salah menganggap bagian tubuh, seperti persendian atau kulit, sebagai benda asing.
Ada beberapa jenis penyakit autoimun yang sering menyerang, antara lain sebagai berikut ini.Ada penyakit autoimun yang hanya menyerang organ tertentu saja. Ada juga penyakit autoimun yang bersifat sistemik.
Apa saja itu, yuk kita simak.
1. Tiroiditis Hashimoto
Ini merupakan kelainan autoimun pada organ tiroid. Sistem imun menyerang sel-sel tiroid sehingga terjadi peradangan dan kerusakan sel. Hal ini menyebabkan sel tiroid tidak dapat menghasilkan hormon tiroid.
baca juga: apa itu penyakit autoimun
2. Penyakit Rematik pada Sendi
Penyakit rematik pada sendi (rheumatoid arthritis) merupakan kelainan autoimun yang menyerang sendi. Terutama sendi-sendi kecil pada tubuh. Misalnya, sendi pada tangan dan kaki.
3. Sindrom Sjogren
Sindrom Sjogren merupakan penyakit autoimun yang menyerang kelenjar yang menghasilkan air mata dan air liur. Penyakit ini menyebabkan kelenjar tersebut rusak dan kesulitan menghasilkan air mata dan air liur.
Sebenarnya, ada banyak sekali jenis penyakit autoimun. Ini melibatkan sistem organ yang berbeda-beda.
Tinggalkan Balasan
Anda harus masuk untuk berkomentar.