Gamelan Jawa

Salam #MasBro #MbakBro

Gamelan Jawa merupakan ensembel musik yang biasanya menonjolkan metalofon, gambang, gendang, dan gong. Musik yang tercipta pada Gamelan Jawa ini berasal dari paduan bunyi gong, kenong dan alat musik Jawa lainnya. Irama musik Gamelan ini umumnya lembut dan mencerminkan keselarasan hidup, sebagaimana prinsip hidup yang dianut pada umumnya oleh masyarakat Jawa.

Sejarah Gamelan Jawa

Apabila kita melihat ke masa lampau, jadi sebenarnya gamelan itu pada mulanya hanya terdiri atas satu buah gong besar saja, kemudian lama-kelamaan ditambah dengan gong-gong yang ukurannya lebih kecil dengan berbagai macam bentuk termasuk seperti apa yang bisa kita lihat sekarang ini.

Menurut kepercayaan orang jawa, gamelan diciptakan oleh dewa yang menguasai daratan Jawa yaitu Sang Hyang Guru yang mendiami Gunung Mahendra atau saat ini lebih terkenal dengan sebutan Gunung Lawu. Jadi pada zaman dahulu gamelan tersebut dibuat dan digunakan untuk berkomunikasi dan untuk memanggil dewa-dewa lainnya. Akan tetapi agar bisa menyampaikan pesan yang lebih khusus akhirnya dibuatlah 2 macam gong yang menjadi cikal bakal gamelan secara umum seperti saat ini.

Gamelan sendiri termasuk dalam jenis musik ansambel yang mana dimainkan secara bersamaan dengan alat musik lain untuk menciptakan alunan suara yang merdu. Bahkan alat musik gamelan ini juga bisa kita jumpai di relief candi borobudur.

Asal Usul Nama Gamelan

Nama gamelan sendiri berasal dari dua suku kata “gamel” dan “an”. Adapun Gamel dalam bahasa jawa berarti memukul atau menabuh, sedangkan an dalam bahasa jawa berarti kata benda. Jadi gamelan merupakan suatu aktivitas menabuh yang dilakukan oleh orang zaman dahulu yang kemudian menjadi nama alat musik ansambel.

 

Punya cerita tentang lagu di atas?

ceritaIN ceritamu di sini↗️
Dan mulai menghasilkan dari tulisanmu

Apa alat musik tradisional yang kau sukai?
Udah pernah cari ulasannya ga?
Coba cari di website ini?
Kalo belum ada, silahkan daftar disini.
Mau tanya? klik kekitaan.com/mauNULIS

Wuhuiii.
Akhirnya selesai juga ya.

Seneng bisa berbagi.
Pasti bermanfaat.

Sumber Tulisan
id.m.wikipedia.org dibuka pukul 15.30 WIB pada hari Sabtu tanggal 29 Mei 2021

Kata kunci lain yang sering dicari …                     Gamelan Jawa, alat musik


Terbit

dalam

Comments

Leave a Reply