Class of Lies (2019) Kangen Sekolah 5 Drama Korea Tentang Sekolah Ini Dapat Mengobatinya! (2)

Kangen Sekolah? 5 Drama Korea Tentang Sekolah Ini Dapat Mengobatinya!

Salam #MasBro #MbakBro

Udah berapa lama kita ga masuk sekolah ya?
Sejak masa PSBB, keknya udah 3 bulan lebih ya? 

Suasana sekolah memang selalu dirindukan, mulai dari guru, teman sekelas, hingga suasana kantin yang ramai di jam istirahat. Semua orang kalau ditanya apakah ingin kembali ke masa sekolah, pasti semuanya mau. Kamu sudah kelamaan di rumah atau kamu sudah bekerja dan rindu suasana sekolah? Coba tonton drama Korea tentang sekolah ini, dijamin rasa kangen kamu terobati walaupun sedikit, dan kamu dapat mengenang kembali masa sekolah kamu. Check it out!!

Kangen Sekolah? 5 Drama Korea Tentang Sekolah Ini Dapat Mengobatinya!

Who are You School (2015) Kangen Sekolah 5 Drama Korea Tentang Sekolah Ini Dapat Mengobatinya! (1)

1. Who are You: School (2015)

Drama yang satu ini selain bergenre school, juga bergenre drama, romance, youth, dan mistery. Diperankan oleh para pemain yang masih segar dan muda di antaranya Kim So Hyun sebagai Lee Eun Bi dan Go Eun Byul, Nam Joo Hyuk sebagai Han Yi Ahn, dan Yook Sung Jae sebagai Gong Tae Kwang. Ya, benar, drama ini mengisahkan tentang sepasang anak gadis kembar. Lee Eun Bi dan Go Eun Byul memiliki kemiripan secara fisik, namun karakter mereka sangat berbeda. Eun Bi adalah gadis yang lembut, lemah, namun ia suka membela temannya yang sedang mengalami kesulitan, karena sifatnya itu, ia sering menjadi korban bully karena dianggap sok pahlawan. Sementara Eun Byul memiliki sifat berani, pintar, dan sedikit kasar. Mereka berdua tinggal di tempat berbeda, Eun Bi tinggal di panti asuhan Love House dan bersekolah di SMA desa, sementara Eun Byul tinggal bersama ibu angkatnya yang kaya raya dan bersekolah di SMA di Seoul.

Eun Bi selalu mendapat bully-an dari teman sekolahnya bernama Kang So Young, namun ia tidak pernah bisa melawannya. Hal itu yang menyebabkan Eun Bi memutuskan untuk bunuh diri dengan melompat ke sungai. Hingga suatu ketika sekolah Eun Byul melakukan perjalanan wisata ke desa tempat tinggal Eun Bi. Saat itu Eun Byul telah mengetahui bahwa ia memiliki saudara kandung. Disana ia mendapati bahwa adiknya selalu mendapat perilaku yang tidak menyenangkan. Eun Byul melihat Eun Bi hendak bunuh diri, maka ia menolong Eun Bi. Setelah beberapa hari, Eun Bi sadarkan diri dan lupa ingatan. Mengetahui itu, Eun Byul memutuskan untuk menghilang, ditambah lagi ia ingin menjauh dari temannya yang sering menerornya. Eun Bi ditemukan oleh ibu angkat Eun Byul dan mengiranya Eun Byul. Sementara pengurus Love House mengira Eun Bi sudah meninggal dan mengkremasi mayat yang mereka temukan dengan wajah rusak.

Who are You School (2015) Kangen Sekolah 5 Drama Ini Dapat Mengobatinya! (1)

Setelah beberapa hari, Eun Bi sudah sembuh dan kembali bersekolah tetapi di sekolah Eun Byul dengan menyamar sebagai Eun Byul. Tak disangka, Kang So Young pindah sekolah ke sekolah Eun Byul dan bertemu dengan Eun Bi. Ia mengetahui bahwa gadis itu adalah Eun Bi, maka ia berani berlaku kasar padanya lagi. Tetapi ada seorang pria bernama Gong Tae Kwang yang selalu melindungi Eun Bi. Tae Kwang mulai menyukai Eun Bi. Namun di lain sisi, Han Yi Ahn yang merupakan sahabat Eun Byul sejak kecil mulai menyukai Eun Bi yang awalnya ia menyukai Eun Byul, namun ia merasa Eun Byul tidak pernah menerima perasaannya. Mengetahui bahwa adiknya diperlakukan kasar oleh So Young, Eun Byul muncul kembali dan mulai bersekolah kembali. Ia membalaskan semua perlakuan kasar So Young. Hingga menyebarkan video bully yang dilakukan So Young, sehingga So Young dibenci oleh semua orang dan ia takut keluar rumah lagi.

Kisah percintaan pemain utamanya masih berlanjut, Eun Bi ternyata mulai menyukai Yi Ahn yang sudah mengetahui bahwa yang selama ini bersekolah di SMA mereka adalah Eun Bi. Sementara Tae Kwang mulai merelakan Eun Bi agar temannya tidak bersedih. Kemudian Eun Byul memutuskan untuk bersekolahh di luar negri dan Eun Bi sah diangkat oleh ibu Eun Byul. Eun Bi tetap bersekolah di SMA di Seoul namun dengan nama aslinya yaitu Go Eun Bi.

Drama dengan 16 episode ini sebenarnya memberikan pesan untuk tidak melakukan bully, karena dapat berakibat fatal bagi korban bahkan pelakunya juga. Jadi teman-teman yang terlibat atau melihat aksi bullying, tolong dihentikan, ya. Selain melihat sisi dari dunia bully, drama ini juga menggambarkan keadaan sekolah yang pastinya dapat membuat kangen suasana sekolah. Jadi kalau belum nonton, segera ditonton, ya!

Class of Lies (2019) Kangen Sekolah 5 Drama Korea Tentang Sekolah Ini Dapat Mengobatinya! (2)

2. Class of Lies (2019) 

Kalau baca judulnya, apa yang kamu pikirkan? Jangan menduga-duga dulu, drama ini terbilang rumit untuk diduga sebenarnya. Banyak pertanyaan-pertanyaan yang timbul saat menontonnya, karena kita tidak tahu siapa yang jujur dan siapa yang bohong. Pertama sekali, mari kita kenali beberapa pemain utamanya yaitu Yoon Kyun Sang sebagai Gi Moo Hyuk / Gi Kang Jae, Geum Sae Rok sebagai Ha So Hyun, Choi Yoo Hwa sebagai Cha Hyun Jung, Lee Joon Young sebagai Yoo Bum Jin, Choi Gyu Jin sebagai Lee Gi Hoon, Han So Eun sebagai Han Tae Ra, Kim Myung Ji sebagai Na Ye Ri, Jang Dong Joo sebagai Kim Han Soo, dan Jung Daeun sebagai Jeong Soo Ah.

Drama yang dikenal juga dengan judul Mr. Temporary ini mengandung banyak teka-teki. Di awali dengan kisah pengacara sukses bernama Gi Moo Hyuk, ia dapat menyelesaikan banyak kasus dan memiliki reputasi yang cemerlang. Di usia mudanya ia bergelimang dengan banyak harta dan ia sangat menyukai uang. Namun suatu ketika reputasinya hancur karena suatu kasus pembunuhan di sebuah SMA elit. Ia sempat menghilang, tapi ia kemudia muncul sebagai guru dengan nama samaran Gi Kang Jae. Ia mendaftar menjadi guru honor di SMA Cheon Myun untuk mengungkapkan rahasia dari pembunuhan seorang gadis yang masih misteri, bernama Jeong Soo Ah.

Class of Lies (2019) Kangen Sekolah? 5 Drama Korea Ini Dapat Mengobatinya! (2)

Saat diterima di SMA Cheon Myun, Moo Hyuk bertemu dengan guru BP yang bernama Ha So Hyun yang berdedikasi dan sangat mempercayai murid-muridnya. Tetapi setelah sering berinteraksi dengan Moo Hyuk, So Hyun mengetahui bahwa tujuan utamanya ke sekolah itu adalah ingin mengungkapkan rahasia di balik pembunuhan Jeong Soo Ah. Awalnya dugaan pembunuhan dijatuhkan kepada Kim Han Soo, namun seiring berjalannya waktu, terdapat keganjalan-keganjalan lainnya yang mulai diselidiki oleh Moo Hyuk dan So Hyun. Kasus ini juga diselidiki oleh jaksa wanita yang bernama Cha Hyun Jung, ia awalnya memiliki selisih pahan dengan Moo Hyuk, namun mereka dapat bekerja sama dalam kasus ini.

Terdapat 4 siswa yang berpengaruh di SMA Cheon Myun yaitu Yoo Bum Jin, Lee Gi Hoon, Han Tae Ra, dan Na Ye Ri. Mereka berempat memiliki karakter yang sangat berbeda. Bum Jin adalah siswa yang pintar dan dingin, namun ia dianggap sebagai kepala di antara para murid. Gi Hoon memiliki sifat kasar dan tertarik pada fotografi. Tae Ra adalah siswa yang suka melakukan kegiatan sosial, cukup pendiam, namun sikapnya bisa tidak tertebak. Ye Ri adalah siswa yang akan melakukan debut, ia terbilang egois karena ia tidak ingin merusak image yang sudah dibangunnya. Keempat siswa ini kalau dilihat sama saja seperti siswa lainnya, namun jangan terkejut kalau sudah tahu sifat aslinya, kamu pasti mengelus dada dan menghela nafas.

Drama yang juga bergenre crime ini memiliki plot yang pastinya tidak mudah ditebak. Saat menontonnya akan diajak memutar otak, berpikir keras apa sebenarnya makna dari setiap adegan. Selain itu, emosi kamu juga akan diuji disini. Jadi kalau memang kamu sudah sangat penasaran untuk menontonnya, disarankan untuk tahan emosi, ya.

Moment at Eigthteen (2019)

3. Moment at Eigthteen (2019)

Dari judulnya dapat kita ketahui bahwa drama ini mengisahkan kejadian yang dapat dialami di umur delapan belas, dan tepatnya itu masih umur di bangku sekolah. Ini satu dari dua drama korea tentang sekolah yang kita rekomendasiin ditahun 2019. Drama ini merupakan debut dari Ong Sun Woo yang berperan sebagai Choi Joon Woo, selain itu pemain utamanya adalah Kim Hyang Gi sebagai Yoo Soo Bin dan Shin Seung Ho sebagai Ma Wi Young.

Drama dengan 16 episode ini menceritakan kehidupan di sekolah pada umumnya, namun dengan momen-momen yang berkesan. Choi Joon Woo yang merupakan siswa pindahan memiliki sifat tertutup, ia tidak dapat menunjukkan ekspresinya. Namun setelah berada di sekolah yang baru, ia bertemu dengan Yoo Soo Bin dan mendapatkan momen-momen baru. Sementara Soo Bin hidup dengan aturan dan batasan dari ibunya, namun ia sangat ingin menjadi wanita yang memiliki kehidupan yang independen dan bebas. Pertemuannya dengan Joon Woo dapat mengubah kehidupannya.

Di sisi lain, ada seorang siswa yang bernama Ma Wi Young. Ia nampak kuat dan sempurna, namun banyak yang tidak tahu bahwa ia memiliki kecemasan yang kompleks. Ia ingin selalu nampak kuat, namun sebenarnya ia sangat pemalu dan penakut. Namun kehadiran Joon Woo di sekolah mereka, dapat mengubah kehidupan Wi Young sedikit demi sedikit.

Drama ini sangat direkomendasikan bagi kamu yang penasaran dengan kehidupan siswa sekolah yang mungkin saja sudah umum terjadi dan bagaimana penyelesaiannya. Selain itu, kamu juga bisa sekalian bernostalgia dengan masa-masa di sekolah.

Extraordinary You (2019)

4. Extraordinary You (2019)

Kalau berbicara mengenai drama sekolah, drama yang satu ini tidak boleh ketinggalan. Drama yang sempat menjadi bahan perbincangan di tahun 2019 ini dibawakan oleh pemain yang masih muda, di antaranya Kim Hye Yoon sebagai Eun Dan Oh, Ro Woon sebagai Ha Roo, Lee Jae Wook sebagai Baek Kyung, Jung Gun sebagai Lee Do Hwa dan masih banyak lagi. Selain bergenre sekolah, drama ini juga mengusung genre fantasy, romance, dan comedy. Ini dia yang kedua drama korea tentang sekolah yang kita rekomendasiin ditahun 2019.

Drama yang berepisode 32 ini mengisahkan seorang gadis bernama Eun Dan Oh yang hidup di tengah keluarga yang kaya. Awalnya ia berpikir kehidupannya akan berjalan dengan mulus, tetapi ia menderita penyakit jantung bawaan, penyakit yang sama juga dialami oleh ibunya hingga merenggut nyawanya. Suatu ketika Dan Oh mengetahui bahwa ia adalah tokoh dalam sebuah komik berjudul Secret. Awalnya Dan Oh mengira ia adalah pemeran utama dalam komik tersebut, ternyata tidak, ia hanya pemeran figuran. Pemeran utamanya adalah Oh Nam Joo dan Yeo Joo Da. Diceritakan ada dua hal yang harus dipahami dalam drama ini, yaitu stage dan shadow. Stage berarti dimana semua tokoh dalam komik harus mengikuti cerita yang telah diciptakan oleh penulisnya, sementara shadow berarti semua tokoh dapat bertindak bebas apabila suatu kejadian atau tempat belum diciptakan oleh penulisnya. Hal itu harus dipahami karena drama ini juga bergenre fantasi.

Fakta bahwa Dan Oh adalah tokoh dalam komik diketahuinya dari Peri Cumi Kering (Jimmichae). Dan Oh yang memiliki keahlian untuk melihat “masa depan” dalam komik tersebut tidak pernah berputus asa untuk mengubah nasibnya dan ia tidak ingin hidupnya di bawah kendali orang lain. Selain Dan Oh, Lee Do Hwa juga mengetahui bahwa mereka adalah tokoh dalam komik, ia tidak menyukai perannya di dalam komik karena tidak sesuai dengan dirinya. Hingga suatu ketika Dan Oh bertemu dengan seorang lelaki di sekolah, ia tidak tahu siapa lelaki itu tetapi ia merasa lelaki itu dapat membantunya mengubah nasibnya. Setelah bertemu kembali, Dan Oh mengingatkan lelaki itu bahwa mereka pernah bertemu, tetapi lelaki itu tidak ingat dan bahkan ia tidak memiliki nama. Sehingga Dan Oh memberinya nama Ha Roo. Ha Roo juga merupakan tokoh dalam komik Secret namun hanya pemeran figuran yang tidak memiliki peran banyak.

Extraordinary You (2019)

Baek Kyung juga adalah salah satu siswa di sekolah Dan Oh yang juga tokoh dalam komik Secret. Baek Kyung adalah tunangan Dan Oh, ia selalu bersikap kasar pada Dan Oh karena ia selalu disuruh oleh orangtuanya untuk menjaga Dan Oh yang sudah sakit sejak kecil, hal itu dilakukannya agar perusahaan keluarga Baek Kyung mendapatkan kucuran dana dari perusahaan keluarga Dan Oh. Tetapi tanpa disadari, Baek Kyung mulai jatuh cinta pada Dan Oh, namun ia terlambat karena Dan Oh memilih lelaki lain.

Seiring berjalannya waktu, karena sering bersama dan banyak kejadian yang dilalui bersama, Dan Oh dan Ha Roo mulai saling jatuh cinta. Awalnya Ha Roo sempat ingin dihilangkan dari cerita komik, namun tekadnya yang kuat ingin hidup dan bahagia, ia berusaha untuk mengubah jalan cerita komik Secret. Dan ternyata Dan Oh dan Ha Roo adalah pemeran utama dalam komik lain berjudul Flower.

Drama ini cukup kompleks karena mencampurkan kisah dalam komik dan kisah nyata. Keseruan drama ini juga ditambah adegan konyol dari pemainnya, terutama ketika Dan Oh, Ha Roo dan Do Hwa saling berinteraksi, pasti membuat kamu yang menontonya tertawa geli. Selain itu kamu juga dapat belajar dari Dan Oh yang walaupun ia memiliki penyakit, ia tidak pernah berputus asa untuk mengambil jalannya sendiri dan tidak mau dikendalikan oleh orang lain, sekaligus keceriaannya juga patut dicontoh.

The Heirs (2013) Ulasan Drama Korea

5. The Heirs (2013)

Kalo bahas drama korea tentang sekolah, ga bisa lupa sama yang satu ini. Siapa yang tidak mengenal drama yang bertaburan para visual yang paripurna ini? Drama ini sempat mendapat rating tertinggi juga dengan beberapa pemain yang bakat acting-nya tidak diragukan lagi, di antaranya Lee Min Ho sebagai Kim Tan, Park Shin Hye sebagai Cha Eun Sang, Kim Woo Bin sebagai Choi Young Do, Krystal Jung sebagai Lee Bo Na,  dan Kim Ji Won sebagai Yoo Rachel. Selain bergenre sekolah, drama ini juga bergenre romance dan youth.

Drama ini mengisahkan seorang gadis miskin dan lelaki kaya raya yang menjadi ahli waris dari Grup Jeguk. Cha Eun Sang yang terlahir miskin harus bekerja part time demi menghidupi dirinya dan ibunya yang bisu. Suatu ketika ia ingin pergi ke Amerika, karena kakaknya yang kuliah disana hendak menikah. Dengan uang yang seadanya ia nekat pergi ke Amerika. Sampai disana, ia melihat kakaknya ternyata bekerja di sebuah cafe dan membohongi keluarganya selama ini. Dan disayangkan kakaknya mengambil semua uang yang dibawa Eun Sang. Hal itu mengakibatkan Eun Sang hidup luntang lantung di Amerika. Tapi karena suatu kejadian, ia bertemu dengan Kim Tan yang merupakan warga Korea yang diasingkan ayahnya di Amerika. Kim Tan sangat kaya raya, namun keberadaannya disembunyikan. Mereka berdua mulai semakin dekat dan Kim Tan mulai jatuh cinta pada Eun Sang.

Sepulangnya Eun Sang ke Korea, ia bertemu kembali dengan Kim Tan. Perasaan cinta  mulai tumbuh kembali di antara mereka berdua. Namun hal itu semakin menakutkan bagi Eun Sang, ditambah lagi ia mengetahui bahwa ibunya bekerja di rumah Kim Tan sebagai pembantu. Ayah Kim Tan juga tidak merestui hubungan mereka. Kemudian ayahnya memutuskan untuk memberikan beasiswa kepada Eun Sang untuk bersekolah di SMA Jeguk dimana semua murid disana adalah anak-anak dari keluarga kaya raya, ia bermaksud agar Eun Sang mulai menyadari bahwa ia tidak sepadan dengan Kim Tan. Namun disayangkan, Eun Sang mendapatkan perlakuan tidak baik dari teman-temannya.

Eun Sang menjalani kehidupan sekolahnya dengan kebencian dari banyak orang. Ditambah lagi kedekatannya dengan Kim Tan membuat Yoo Rachel yang merupakan tunangan Kim Tan semakin membencinya. Di lain sisi, Kim Tan juga dihadapkan pada musuhnya, Choi Young Do, mereka selalu bertengkar karena masa lalu yang rumit. Hingga suatu ketika Young Do juga menyukai Eun Sang, hal itu membuat mereka semakin sering berkelahi. Dan Young Do juga selalu mengancam Kim Tan dengan rahasia yang akan dibeberkannya.

Drama yang berepisode 20 ini memang sangat direkomendasikan bagi kamu yang ingin mencuci mata, selain para pemain yang memiliki visual paripurna, kamu akan disuguhkan dengan kemewahan anak-anak sekolah konglomerat. Gaya elit yang ditampilkan di drama ini juga terbilang pas namun beberapa sifat yang akan kamu temui jangan diherankan lagi, pasti kamu sudah paham. Kisah cinta yang diceritakan juga tidak berlebihan. Kalau penasaran bagaiamana kelanjutan kisah Kim Tan dan Eun Sang dan bagaimana nasib Young Do? Segera ditonton, dijamin kamu tidak menyesal.

Gimana?
Apakah 5 drama korea tentang sekolah di atas dapat mengobati rasa kangen sekolah?
Kalo pengen mengulang dan liat kembali kisah yang sering terjadi di sekolah, silahkan ditonton drama yang direkomendasikan baru saja.
See you~

Seneng bisa berbagi.
Pasti bermanfaat.

Kalo mau drama lainnya dikasih review, ketikkan saja di kolom komentar ya. See you~

Google mesin mencarinya
kekitaan adalah sumbernya
Disini #MasBro #MbakBro bisa meminta dicariin informasi apapun … hmm yang positif
Silahkan ngobrol sama kita ya.

Sumber tulisan
Pengalaman Penulis Aprilmalau

Kata kunci yang sering dicari …
The Heirs (2013), Extraordinary You (2019), Moment at Eigthteen (2019), Class of Lies (2019), Who are You: School (2015), Drama Korea Tentang Keluarga Dan Persahabatan,
Kangen Sekolah, Drama Korea Tentang Sekolah Ini Dapat Mengobatinya, Drama Korea Tentang Sekolah, 
ulasan film, ulasan film korea, ulasan drama korea, review film, review film korea, review drama korea,
film, film korea, drama korea, 

Comments

Leave a Reply