Destinasi Wisata Sejarah di Indonesia

Destinasi Wisata Sejarah di Indonesia

Bangsa Indonesia adalah negara yang sangat beruntung. Selain karena memiliki kekayaan alam yang tinggi, negeri ini juga memiliki perjalanan sejarah yang panjang. Mulai dari masa kejayaan kerajaan-kerajaan di masa lampau hingga kejadian bersejarah modern seperti perjuangan rakyat merebut kemerdekaan dari tangan para penjajah, semuanya terarsip dengan baik di berbagai tempat wisata sejarah di Indonesia.

Untuk rencana liburanmu berikutnya, pasti seru banget kalau kamu bisa mengunjungi langsung tempat-tempat yang masuk ke dalam buku pelajaran sejarah di bangku sekolah. Selain karena memiliki daya tarik yang unik, tempat wisata sejarah di Indonesia juga banyak yang keren.

Berikut ini ada beberapa tempat wisata Indonesia yang memiliki sejarah yang penting yang kalian harus kunjungi, di antaranya yaitu :

  1. Candi Borobudur

Siapa yang tak kenal Candi Borobudur? Dibangun di era Raja Samaratungga dari Dinasti Syailendra pada tahun 825 M, objek wisata sejarah Indonesia yang telah mendunia ini memiliki tinggi 42 meter yang terdiri dari 10 tingkat.

Arsitek Borobodur, Gunadharma, berhasil membuat 2672 panel relief yang menghiasi seluruh permukaan candi bercorak Buddha terbesar itu. Buat kamu yang ingin mencari tempat bersejarah sebagai destinasi wisatamu berikutnya, Candi Borobudur merupakan pilihan yang tepat. Di area candi ini sendiri terdapat pemandu tur yang siap menceritakan kisah yang diketahuinya mengenai candi ini.

2. Kota Tua Jakarta

Jakarta juga memiliki destinasi wisata sejarah yang tak kalah menarik, yakni kawasan Kota Tua. Menjadi pusat pemerintahan pada masa kolonialisasi Belanda, kamu bisa langsung merasakan atmosfer yang berbeda saat berada di objek wisata sejarah di Indonesia ini.

Siapkan juga kamera jika berkunjung ke Kota Tua Jakarta karena ada banyak sekali bangunan-bangunan bersejarah dengan arsitektur khas yang masih berdiri kokoh hingga saat ini. Kebanyakan bangunan bersejarah di objek wisata sejarah di Indonesia ini kini di alif fungsikan sebagai museum, cafe, restaurant, dan sebagainya.

Baca Juga : 15++ Tempat Wisata Di Pulau Bali

3. Masjid Baiturrahman

Berada di Kota Banda Aceh, Masjid Baitturahman adalah salah satu bangunan masjid bersejarah dan juga ikonik di Aceh. Selain arsitekturnya yang sangat memukau, objek wisata bersejarah di Indonesia ini juga telah melalui berbagai peristiwa bersejarah di Indonesia.

Digagas pada 2 ketika masa Kesultanan Aceh oleh Sultan Iskandar Muda, destinasi tempat wisata sejarah di Indonesia ini juga sempat menjadi markas dan benteng utama pertahanan rakyat Aceh pada masa perang kemerdekaan. Bangunan masjid yang megah dan kokoh iji juga berhasil selamat dari bencana Tsunami yang menerjang Aceh pada 2004 silam.

4. Kota Lama Semarang

Kawasan Kota Lama di Semarang merupakan lanskap bersejarah. Pernah menjadi pusat perdagangan riuh di abad 19 dan 20, kawasan Kota Lama Semarang memiliki sekitar 50 bangunan kuno yang masih berdiri dengan kokoh dan mempunyai nilai sejarah tinggi. Para pelancong yang mengunjungi objek wisata sejarah Indonesia ini akan disuguhi bangunan dengan arsitektur benua Eropa sekitar tahun 1700-an lengkap dengan atap yang unik, penggunaan kaca warna-warni, dan ukuran pintu serta jendela yang besar.

5. Istana Maimun

Berlokasi di Medan, Istana Maimun yang megah adalah bekas peninggalan Kesultanan Deli. Objek wisata bersejarah di Indonesia ini mulai dibangun sejak 26 Agustus 1888 hingga selesai pada 18 Mei 1891, dan sampai saat ini masih berdiri megah dan kokoh.

Bangunan bersejarah yang identik dengan warna kuning keemasan cerah itu adalah hasil karya arsitek asal Italia bernama Theo Van Erp. Dengan otaknya yang cemerlang, beliau berhasil menggabungkan konsep arsitektur tradisional bergaya melayu, timur tengah, dan Eropa saat membangun istana ini. Konsep arsitektur yang unik ini kemudian dilengkapi dengan furnitur yang tak kalah mewahnya menjadikan Istana Maimun salah satu ikon wisata sejarah di Indonesia yang wajib kamu kunjungi.


Terbit

dalam

Comments

Tinggalkan Balasan