Cara Mengatasi Rasa Bosan Saat PJJ

Cara Mengatasi Rasa Bosan Saat PJJ

Sejak diumumkan kasus pertama Covid-19 oleh presiden Joko Widodo bersama menteri kesehatan Terawan Agus, awal Maret 2020 banyak terjadi perubahan di segala bidang. Termasuk bidang pendidikan. Hingga diberlakukannya PSBB (pembatasan sosial berskala besar) di beberapa wilayah. Covid-19 yang semakin mewabah membuat pemerintah mengeluarkan kebijakan agar sekolah-sekolah melakukan pembelajaran jarak jauh dan siswanya melakukan belajar di rumah.

Pembelajaran jarak jauh merupakan media pembelajaran formal melalui dunia maya, di mana siswa mengakses internet untuk mengikuti pembelajaran dari rumah karena proses belajar mengajar tidak dapat dilakukan secara tatap muka untuk menghindari risiko meluasnya penularan covid-19.

Akibat pandemik covid-19 ini belum juga usai, pemerintah menetapkan belajar di rumah diperpanjang, tapi terkadang kita selalu merasa bosan saat pembelajaran jarak jauh karena kita tidak dapat berinteraksi secara langsung dengan teman-teman maupun guru.

Berikut merupakan tips-tips mencegah kejenuhan saat melakukan pembelajaran jarak jauh.

  1. Buat kelompok belajar kecil

Salah satu penyebab rasa bosan belajar di rumah adalah karena kita tidak bisa bertemu dengan teman-teman. Untuk mengatasi rasa bosan ini, ada baiknya kamu membuat kelompok belajar kecil bersama teman-temanmu.

Selain bisa saling membantu, kelompok belajar ini juga bisa membangkitkan mood dan motivasi belajar. Interaksi bersama teman-teman kamu juga bisa menjaga kesehatan mental kamu lebih sehat dan bisa mengurangi rasa terisolasi selama belajar dari rumah pada masa pandemik ini.

2. Mengganti suasana belajar

Belajar dari rumah memiliki keuntungan tersendiri. Salah satunya adalah kamu bisa mengganti suasana belajar kamu di rumah, yang bisa membantu mengatasi rasa bosan kamu.

Misalnya, selama ini kamu belajar di kamar, ruang tamu atau ruang keluarga, kamu bisa pindah belajar di teras atau halaman belakang rumah kamu. Suasana belajar di halaman terbuka bisa membuat kamu menghirup udara yang lebih segar dan meningkatkan mood belajar kamu.

3. Lakukan aktivitas olahraga ringan

Salah satu dampak belajar dari rumah adalah jarang bergerak. Padahal dengan melakukan olahraga ringan seperti jalan kaki atau berjalan santai bisa membantu kamu dalam menjaga kesehatan tubuh dan membantu meningkatkan mood kamu.

Makanya, saat kamu sudah merasa jenuh belajar, kamu bisa meluangkan waktu sejenak untuk melakukan aktivitas olahraga ringan, seperti jalan santai di rumah, workout ringan, atau yoga. Dengan melakukan aktivitas olahraga, otak kamu akan melepaskan dopamin, serotonin, endorfin, dan adrenalin yang bisa membuat kamu bahagia.

4. Luangkan waktu untuk hobi kamu

Melakukan hobi yang kamu sukai merupakan salah satu cara agar tidak bosan belajar dari rumah. Oleh karena itu, kamu bisa meluangkan waktu untuk melakukan hobi yang kamu sukai.

5. Menggunakan aplikasi belajar online yang menyenangkan dan mudah dipahami

Belajar dengan aplikasi belajar online yang menyenangkan, punya banyak fitur pembelajaran yang mudah dipahami, dan punya berbagai tips belajar efektif pasti bisa membuat proses belajar kamu jadi tidak membosankan.


Terbit

dalam

Comments

Tinggalkan Balasan