Cara Membangun Rasa Percaya Diri

Kepercayaan diri adalah hal yang tidak bisa dipelajari. Hampir mereka menganggap bahwa kepercayaan diri berasal dari takdir, sehingga membuat mereka menjadi malas untuk mengembangkan rasa kepercayaan dirinya.

Kepercayaan diri juga adalah hal yang muncul seiring berjalannya waktu. Masih juga beberapa orang merasa minder dan membandingkan diri mereka dengan orang lain.

Namun belum banyak dari semua orang yang tahu bahwa percaya diri mirip dengan otot tubuh yang harus dilatih. Kepercayaan diri manusia tergantung pada seberapa konsisten ia mengasahnya.

Berikut ada beberapa latihan yang bisa kamu lakukan untuk membangun rasa percaya pada diri kamu.

  1. Jangan pernah berpikir kalau kamu tida bisa percaya diri

Hal yang wajib kamu lakukan adalah jauhkan pikiranmu dari pola pikir kalau kamu tidak bisa menjadi percaya diri. Jika kamu memiliki pola pikir seperti itu, maka akan semakin sulit bagi kamu untuk mencapai percaya diri.

Cobalah berpikir bahwa kepercayaan diri itu menjadi sesuatu yang alami ada pada dirimu sendiri. Sama hal nya seperti kamu makan, mandi, dan lainnya. Implementasikan perasaanmu tersebut ke dalam percayaan dirimu, sehingga kamu bisa melakukannya secara alami dalam kehidupan sehari-hari.

  1. Jadilah relawan dan fokus pada apapun yang bisa kamu lakukan untuk membantu orang lain

Melakukan apapun atau melakukan sesuatu bisa membantu orang lain meningkatkan kepercayaan pada diri kamu. Karena kamu akan merasa bahwa keberadaan mu itu tidak sia-sia. Itu juga ternyata kamu berguna untuk lingkungan disekitar mu dan orang lain.

  1. Jadilah diri sendiri

Jika kamu masih suka berpura-pura menjadi orang lain demi menyenangkan semua orang, maka kamu harus menghentikannya mulai sekarang, karena dengan kamu bisa menjadi orang lain belum tentu kamu juga akan selalu bahagia dengan menjadi orang lain. Belajarlah untuk mengatakan “tidak” jika memang kamu tidak ingin melakukannya.

Menuruti semua permintaan orang, itu hanya akan membuat diri kamu lelah. Sehingga kamu tidak bisa membuat diri kamu bahagia untuk kehidupan kamu.

Menjadi diri sendiri juga akan membuat kamu lebih dihormati orang lain dari pada kamu pura-pura menjadi orang lain. Tetapi ingat, manjadi diri sendiri tidak dengan membuat sesukanya. Karena menjadi diri sendiri bukan berarti kamu bebas melakukannya dan sampai mengabaikan sopan santun dalam hidup kamu ya.

Jangan berhenti untuk melatih rasa percaya dirimu. Jadilah yang lebih kuat, lebih cerdas daripada sebelum-sebelumnya.


Terbit

dalam

karya

Tags:

Comments

Tinggalkan Balasan