Calung, alat musik khas Jawa Barat

Salam #MasBro #MbakBro

Apa alat musik khas Jawa Barat kesukaanmu?

Calung, alat musik Khas Jawa Barat, mau tau lebih banyak tentang Calung? Saya akan memberi sedikit penjelasannya…. 

 

 

 

Calung merupakan alat musik tradisional yang lahir di budaya Sunda. Alat musik ini biasanya terbuat dari bambu hitam. Kini calung berevolusi menjadi beberapa jenis.

Pada dasarnya Calung Renteng dan Calung Jinjing mempunyai kesamaan, perbedaan keduanya hanya pada cara memainkannya. Yang Pertama Calung Renteng biasanya di mainkan oleh anak laki-laki dengan cara duduk sila, sedangkan yang kedua Calung Jinjing yang dimainkan dengan cara dijinjing. 

Pertunjukkan kesenian calung agar lebih menarik biasanya dikolaborasikan dengan longser. Di Sepanjang pementasan, di sela-sela dialog pemain longser, maka calung tersebut dibunyikan. Bahkan para pemain longser pun sering membawakan lagu-lagu sunda dengan menggunakan calung dan alat musik tradisional lainnya.

Bentuk Calung Jinjing ini pada dasarnya sama seperti bentuk calung lain pada umumnya, calung jinjing terdiri dari 4 sampai 6 bilah bambu. Cara memainkannya dengan cara dipukul, tangan kanan kita memegang alat pemukul sedangkan tangan kiri kita memegang calung. Untuk menghasilkan nada yang berbeda-beda ada beberapa teknik , teknik tersebut antara lain seperti dirincik, dirangkep,dan dikemprang.

Calung pada zaman dahulu dimainkan di berbagai ritual yang berhubungan dengan kehidupan agraris masyarakat Sunda, seperti Mapag Sri dan Seren Taun. Sekarang Calung tidak hanya menjadi alat musik pengiring ritual saja, namun sudah menjadi seni pertunjukkan yang bersifat profan. Di berbagai kesempatan, seperti dalam pernikahan adat, perhelatan budaya,dan penyambutan tamu lainnya, Calung sering ditampilkan sebagai kesenian tradisional yang tidak hilang ditelan zaman. 

Punya cerita tentang lagu di atas?

ceritaIN ceritamu di sini↗️
Dan mulai menghasilkan dari tulisanmu

Apa alat musik khas Jawa Barat yang kau sukai?
Udah pernah cari ulasannya ga?
Coba cari di website ini?
Kalo belum ada, silahkan daftar disini.
Mau tanya? klik kekitaan.com/mauNULIS

Wuhuiii.
Akhirnya selesai juga ya.

Seneng bisa berbagi.
Pasti bermanfaat.

Sumber Tulisan
indonesiakaya.com
Pukul14.00 WIB pada hari Jum’at tanggal 11 Juni 2021

Kata kunci lain yang sering dicari …   Calung, Jawa Barat

 

Comments

Tinggalkan Balasan