Rendang atau randang adalah masakan daging asli Indonesia yang berasal dari Minangkabau. Masakan ini dihasilkan dari proses memasak suhu rendah dalam waktu lama menggunakan aneka rempah-rempah dan santan.
RendangĀ atau dalam bahasa Minang disebut dengan randang. Berasal dari kata āmerandangā yang berarti memasak santan hingga kering dengan perlahan.
Di abad ke 15, Indonesia khususnya tanah Minangkbau menjadi pusat perdagangan rempah-rempah dunia dan banyak dikunjungi pedagang dari India, Arab, China maupun lainnya. Catatan sejarah tentangĀ rendangĀ sendiri pertama kaliĀ ditemukanĀ pada awal abad 19.
Alasan Rendang TerkenalĀ di Dunia adalah :
Terlebih resep yang diperlukan sangat simple meski memasaknya dalam waktu yang lama.Ā AlasanĀ tersebutlah yang membuatĀ rendangĀ banyak digemari orang, dan jangan lupa kalauĀ rendangĀ mampu bertahan lama.
Rasanya yang enak tak hanya dikenal di Indonesia, namun juga telah diakui hingga ke mancanegara. Alasan tersebutlah yang membuatĀ rendang menjadiĀ favorit banyak orang danĀ terenak di dunia. Tak mengherankan bilaĀ rendangĀ dapat dengan mudah menembus pasar kuliner internasional dengan rasanya yang kaya rempah khas.
Rasa Randang mirip dengan rasa khas mediterania Eropa Timur sehingga familiar di lidah mereka. Randang memiliki filosofi tersendiri bagiĀ masyarakatĀ Minang.
Tinggalkan Balasan
Anda harus masuk untuk berkomentar.