Salam #MasBro #MbakBro
Apa yang menjadi tolok ukur bagi pelaku usaha bahwa Program Kepatuhan berjalan dengan baik?
Struktur dan isi dari program kepatuhan persaingan usaha harus disesuaikan dengan keperluan pelaku usaha secara khusus. Tidak ada standar tertentu, akan tetapi program kepatuhan persaingan yang efektif harus mengandung unsur-unsur berikut:
a. Harus dapat diimplementasikan
Sebuah program kepatuhan persaingan usaha tidak hanya berbentuk komitmen tertulis atau lisan untuk mematuhi, namun harus dilaksanakan dan diperkenalkan melalui kebijakan dan prosedur yang tepat.
b. Kebijakan dan prosedur yang tepat untuk memastikan kepatuhan terhadap hukum persaingan usaha
Agar program kepatuhan persaingan usaha bekerja dengan baik, pelaku usaha harus menerapkan kebijakan yang efektif dan didukung oleh prosedur yang tepat. Sebuah kebijakan yang efektif misalkan, seperti mengadakan perjanjian tertulis dari karyawan dan direksi untuk melakukan transaksi bisnis mereka dalam kerangka kepatuhan dan mengambil tindakan disiplin terhadap karyawan/direksi yang tindakannya mengakibatkan pelanggaran hukum. Prosedur yang relevan harus memungkinkan karyawan mendapatkan himbauan dalam sebuah kegiatan tertentu dan melaporkan apabila ada dugaan pelanggaran hukum persaingan usaha. Staf harus diberikan edukasi tentang kebijakan dan prosedur kepatuhan dalam bisnis.
c. Dukungan dan kepatuhan manajemen
Dukungan dan kepatuhan dari manajemen yang lebih senior harus diperlihatkan dengan aktif dan teratur serta diperkuat, karena ini adalah indikator penting dari komitmen pelaku usaha untuk mematuhi hukum persaingan usaha. Mereka tidak hanya memberikan sinyal kepada stakeholder eksternal mengenai nilai kepatuhan persaingan pada pelaku usaha, tetapi juga mendorong karyawan junior dalam organisasi untuk mendukung program kepatuhan dan aktif mengikuti prinsip-prinsipnya.
d. Adanya keaktifan serta pelatihan berkelanjutan bagi karyawan di semua tingkatan yang mungkin terlibat dalam kegiatan mengenai hukum persaingan usaha
Pelatihan pada hukum persaingan usaha dan prosedur kebijakan bisnis yang terkait dengan kepatuhan harus dilakukan. Pelatihan ini dapat ditawarkan sebagai bagian dari program pengajaran pada pegawai baru untuk memperkuat pesan kepatuhan dan kelanjutannya akan diperbarui apabila ada perubahan dalam praktek bisnis dan hukum. Pelaku usaha harus mencatat setiap pelatihan yang diberikan.
e. Evaluasi dan review secara teratur
Evaluasi dapat dikatakan penting untuk memastikan bahwa program kepatuhan persaingan usaha sudah bekerja dengan baik, serta untuk mengidentifikasi area yang berpotensi melakukan pelanggaran. Evaluasi dapat berupa pengujian pengetahuan terhadap hukum, kebijakan, dan kepatuhan persaingan usaha pada setiap karyawan. Kepatuhan terhadap kebijakan juga dapat digunakan sebagai salah satu kriteria penilaian kinerja perorangan dan kinerja departemen. Proses evaluasi harus dilakukan seterbuka mungkin untuk menunjukkan kepada karyawan bahwa perilaku mereka selalu ditinjau dengan persyaratan program kepatuhan persaingan usaha. Perusahaan juga dapat menyertakan tinjauan independen dari perjanjian atau perilaku mereka secara sampling.
Punya jawaban lain?
Silahkan klik #AkuMauJawab dong..
Masih ada pertanyaan?
Masih bingung?
Coba #TanyaKita deh..
Baca Juga : Apa Sih Itu Pengertian Peristiwa Hukum?
Pertanyaan lainnya
1. 27++ Pertanyaan dan Jawaban Materi Kuliah Pengantar Ilmu Hukum (PIH)
2. 7++ Pertanyaan dan Jawaban Hukum Perbankan
3. 8++ Pertanyaan dan Jawaban Hukum Agraria
Lulusan hukum?
Lagi cari artikel hukum?
Coba cari di website ini?
Udah pernah menulis tentang hukum?
Kalo belum, Asah ilmu mu dengan daftar untuk menulis ulasannya.
Mau tanya? klik bit.ly/NULISartikelHUKUM
Seneng bisa berbagi.
Pasti bermanfaat.
Suka menulis?
Silahkan daftar untuk mulai menulis.
Sama seperti di youtube #MasBro #MbakBro akan mendapatkan penghasilan dari views.
Mari #HIDUPdariKARYA
Mau tanya? klik kekitaan.com/mauNULIS
Terimakasih
kppu.go.id dibuka pukul 14:30 WIB pada hari Senin tanggal 07 Desember 2020
Kata kunci lain yang sering dicari…
tolok ukur pelaku usaha, program kepatuhan, tolok ukur pelaku usaha bahwa program kepatuhan berjalan dengan baik, pelaku usaha,
Tinggalkan Balasan
Anda harus masuk untuk berkomentar.