5 Alat Musik Tradisional Jawa Barat – Berbicara mengenai alat musik Tradisional asal Jawa Barat, salah satu yang paling populer adalah angklung. Popularitas dari alat musik khas Jawa Barat satu ini bahkan telah mendunia. Namun, alat musik tradisional di Jawa Barat tak hanya Angklung. Ada banyak sekali alat musik tradisional lainnya yang berasal dari Jawa Barat yang tak kalah menarik dan unik.
Penasaran seperti apa alat-alat musik khas Jawa Barat lainnya? Yuk, kenali lebih dalam kesenian Nusantara melalui ragam alat musik tradisional Jawa Barat berikut:
5 Alat Musik Tradisional Jawa Barat
1. Calung
Alat musik satu ini memang terkenal karena terbuat dari bahan bambu. Selain angklung, ada pula alat musik Calung yang juga dibuat dari bambu. Meski sama-sama terbuat dari susunan batang bambu, alat musik calung khas Jawa Barat ini memiliki cara berbeda untuk dimainkan, yakni dipuluk menggun akan alat pemukul khusus pada ruas bambu untuk menghasilkan suara merdu dengan nada-nada yang berbeda.
2. Suling
Tak kalah populer dari angklung, Suling bambu adalah alat musik tradisional asal Jawa Barat selanjutnya yang sudah banyak diketahui masyarakat. Kini suling ini telah banyak dimodifikasi menjadi alat musik yang lebih modern. Namun, jika dalam kebudayaan Sunda, alat musik suling terbuat dari bambu dan memilik empat hingga enam lubang sebagai pengatur melodi dari yang hasilkan oleh alat musik tiup ini.
3. Kecapi
Dalam tembang Sunda, alat musik tradisional selanjutnya ini kerap digunakan sebagai salah satu instrumen musiknya. Dimainkan dengan cara dipetik, Kecapi adalah alat musik tradisional khas Jawa Barat yang terbagi menjadi dua jenis bagian.
Kecapi Indung atau kecapi induk yang memiliki ukuran lebih besar dan berdawai 18 hingga 20 digunakan sebagai instrumen untuk memimpin jalannya musik seperti memberikan intro hingga menentukan tempo. Sedangkan Kecapi Rincik atau kecapi anak dimainkan sebagai iringan musik dengan mengisi jeda-jeda antar nada dengan frekuensi tinggi. Unik sekali, bukan?
Alat musik memiliki keunikan serta nilai budaya yang sangat tinggi, tentunya berbagai alat musik tradisional khas Jawa Barat ini perlu kita lestarikan bersama.
Baca juga: Alat musik Jawa timur
4. Jentreng
Jentreng terlihat tak jauh berbeda dari alat musik Kecapi yang sama-sama berasal dari Jawa Barat. Namun, sebenarnya Jentreng sangatlah berbeda dengan Kecapi. Alat musik petik tradisional Jawa Barat ini memiliki ukuran lebih kecil serta senar yang berjumlah hanya 7 buah.
5. Kendang
alat musik tradisional asal Sunda yang cukup umum, yakni Kendang atau Gendang. Alat musik ini dimainkan dengan cara dipukul atau kerap disebut juga ditepak. Tempo dan kekuatan pukulan menjadi kunci dalam pementasan musik menggunakan alat musik tradisional ini.
Alat musik tradisional Jawa Barat ini terbuat dari kayu kelapa, cempepak, ataupun nangka yang dilapisi kulit hewan seperti kerbau atau kambing.
Alat musik tradisional Jawa Barat mana yang jadi pilihan favoritmu?
Punya cerita tentang lagu di atas?
ceritaIN ceritamu di sini↗️
Dan mulai menghasilkan dari tulisanmu
Suka menulis?
Mau menghasilkan dari tulisan mu?
Yuk mulai #hidupdariKARYA
pasangIN iklanmu di sini!
GRATIS iklan pertama.
Bonus review produk untuk 27 pengiklan pertama.
Terimakasih
canva.com dibuka pukul 14:32 WIB pada Hari Jumat tanggal 30 April 2021
Tinggalkan Balasan
Anda harus masuk untuk berkomentar.